Untung Rugi Jadi PNS

Sebelum Anda benar-benar melamar dan kemudian diterima jadi PNS, cobalah untuk berpikir matang-matang, apakah Anda cocok menjadi PNS? Alangkah sayangnya bila kemudian Anda keluar karena tidak tahan terhadap situasi di dalam, sementara jutaan orang mendambakan posisi seperti Anda. Oleh karena itu kami mencoba memberikan bahan pertimbangan sebelum memutuskan jadi PNS.

Keuntungan jadi PNS

Berdasarkan pengalaman, beberapa kemudahan atau keuntungan jadi PNS antara lain (boleh ditambahkan kalau ada ide):

1. Kemudahan Melanjutkan Sekolah

setelah resmi ditahbiskan menjadi PNS (setelah lulus prajab, dan biasanya disyaratkan minimal 2 tahun bekerja sejak CPNS), peluang untuk sekolah terbuka lebar melalui berbagai program baik yang ditawarkan oleh Pemerintah (biasanya Bappenas rutin tiap tahun melalui Badan Diklatnya, Departemen PU, Departemen Keuangan, dan lain-lain) maupun pihak swasta dan lembaga donor luar negeri. Syaratnya Anda harus memperoleh izin dari atasan (minimal setingkat eselon 2)

2. Waktu Luang Setelah Bekerja

jam kerja PNS untuk lima hari kerja (di Pusat dan beberapa Pemda) adalah jam 8.00 – 16.00, untuk Pemda dan Depdagri biasanya ada apel pagi jam 07.30 dan apel sore (tentatif) jam 16.00. Sementara untuk enam hari kerja (di sebagian besar Pemda) adalah jam 8.00 – 14.00. Di luar waktu tersebut bisa digunakan untuk nyambi atau melakukan aktivitas lain yang bermanfaat sekaligus nambah penghasilan yang halal tanpa harus korupsi.

3. Gaji Tetap dan Pensiun

Ada pemeo yang mengatakan ‘Rajin Malas Gaji Sama’. Memang begitulah kondisinya saat ini, tapi paling tidak menggambarkan bahwa gak perlu kuatir gaji dipotong karena susah mengurusnya. Di samping itu juga jaminan pensiun hingga meninggal dunia dan jandanya masih berlaku (denger2 sih mau diubah menjadi pesangon, tetapi belum ada aturan bakunya sampai hari ini), sehingga gak perlu memikirkan hari tua. Kalau sekedar makan sih cukuplah.

4. Membina relasi

Jadi PNS saat ini memudahkan kita membina relasi dengan siapapun, karena kita tetap dibutuhkan, walaupun terkadang dibenci masyarakat, terutama di bidang pelayanan publik dan administrasi. Manfaatkan relasi untuk menambah pendapatan dan meningkatkan karir Anda.

5. Mudah Berpindah Instansi

Tidak seperti di swasta yang harus melalui tes lagi kalau pindah kerja, di PNS selama sudah mengantongi NIP, Anda bisa pindah kemanapun dengan tetap membawa NIP asal Anda, yang penting ada yang mempromosikan Anda di tempat yang dituju dan dibutuhkan di tempat tersebut. Syaratnya hanya mengajukan surat permohonan pindah dari instansi asal ke BKN dan instansi tujuan. Saya sendiri sudah mengalaminya, dari pindah instansi di lingkungan internal Pemda, hingga pindah antar instansi ke Pemerintah Pusat (lihat tentang daku).

Namun demikian, perlu dipertimbangkan kerugian jadi PNS, antara lain:

1. Gaji Pas-Pasan

Sampai hari ini, upaya pemerintah menaikkan gaji selalu kalah dengan kenaikan harga barang, sehingga sulit untuk mengejar standar gaji yang sama dengan swasta. Makanya bagi mereka yang tidak mampu nyambi, kecenderungan untuk korupsi begitu kuat.

2. Bekerja seperti Mesin

Menjadi PNS berarti Anda harus siap menjadi mesin birokrasi. Semua ada aturannya dan tidak bisa kita bekerja di luar aturan, walaupun ide-ide kita bagus dan lebih mudah diterapkan ketimbang mengikuti aturan tersebut. Banyak kasus korupsi bukan karena mencuri, tetapi karena melanggar aturan administrasi tadi, oleh karena itu janganlah coba-coba melanggar aturan kalau tidak mau dituduh korupsi.

3. Kepercayaan lebih penting daripada Kemampuan

Dalam peningkatan karir, terutama promosi dan mutasi, kepentingan dan kepercayaan pimpinan lebih sering diutamakan daripada kemampuan. Ada istilah baku ‘loyalitas dan royalitas’ adalah mutlak, kalau tidak mau tersingkir dari percaturan karir. Memang ada sih yang mulus-mulus saja, tetapi presentasenya sedikit dibanding dengan ‘cara’ lain. Hal ini yang sering membuat kita frustasi, pengalaman dan kemampuan sudah maksimal, tetapi karir mentok begitu saja.

4. Tidak ada kawan dan lawan abadi

Bagi yang senang berkumpul atau berkomunitas, rasanya sulit untuk mewujudkannya dalam lingkungan PNS. Hari ini jadi kawan setia, besok bisa menjadi lawan tangguh karena satu dan lain hal (biasanya sih gak jauh dari uang dan karir). Jadi berhati-hatilah dalam bergaul terutama sesama PNS, pandai-pandailah menempatkan diri Anda agar tidak tercebur dalam kelompok tertentu, dan hati-hatilah dalam bercurhat, karena bisa-bisa menjebloskan Anda ke penjara!!!

Demikian sementara perhitungan untung ruginya, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk menjadi PNS. Yang terpenting menjadi PNS harus siap lahir batin, siap fisik dan mental, agar tidak mudah terjerumus dalam korupsi.

About these ads

197 Tanggapan

  1. Saya seorang PNS baru (masuk April 2006) yang bekerja di Dinas Kesehatan. Setuju banget dengan apa yang mas utarakan di atas. Sedikit mau ngasih tambahan aja untuk kerugian jadi PNS diantaranya: banyak terdapat atasan (pejabat) yang memang tidak memiliki kompetensi sama sekali untuk menduduki posisi yang diembannya, banyak pegawai yang “cari muka” untuk mendapatkan suatu proyek atau pujian dari atasan, sering kali mengadakan suatu kegiatan yang sebenarnya gak perlu karena gak berpengaruh sama sekali buat kemajuan masyarakat tetapi hanya untuk menambah pundi2 para pejabat, banyak aturan2 yang sebenarnya bisa ditegakkan tetapi seolah2 sulit banget untuk melaksanakannya…..

    • waahh.. dari kesmas ya??

      gmana ya rasanya jadi pns di institusi kesehatan?? boleh bagi2 ceritanya?kalau orang2 seperti itu diswasta juga ada kan ya

  2. kalo itu saya setuju, tapi g enak juga sih kalo diceritain lebih dalem lagi, malu euy…..
    selamat berjuang di instansi Anda, semoga sukses

    • skrg jamannya transparan/apa adnya, PNS hdup/makan gaji dr rakyat, knp hrs malu?psti ada yg gk beres ya?minimal jujur dong…, dulu doamu pgn jd PNS kan?apkh wujud rasa syukur itu dg malu?

  3. duhh… dengernya serem banget sih. Tolong donk kasih saran buat cpns yang akan segera masuk k lingkungan PNS, kya aku ini…

  4. saran saya:
    1. dont trust anybody there
    2. tanyakan nuranimu
    3. gaul dengan siapa aja, tapi tetap lihat prinsip no.1
    4. jangan iri liat kiri kanan, tetap lurus
    lainnya, saya mo tulis di blog yg lain: alumnicpns.wordpress.com

    salam kenal

    • Dear mas dizman

      bener banget, dont trust anybody there, jadi rasanya nggak nyaman, padahal aku orangnya pengen berkembang, kog pas masuk pns malah mundur ya

      note: tolong aku di emailnya biar aku tau alamat email mas dizman, mungin mas dizman bisa kasih saran mengenai masalahku

    • wah…mantap mas. I will do it.. :)

  5. Pak Dizmann,sedikit curhat nih.Sy adlh cpns di LPND. Setelah saya masuk ke lembaga ini,saya merasa tdk minat dgn apa yg dikerjakan di sini,dan kecewa juga, krn instansi ini sepi,karyawannya byk sering bolos,dan fasilitas sedikit kurang (let’s say instansi kurus). Beratnya lg,kalo saya mundur krg dr 1 tahun, saya akan kena denda 10 jt :( . yg ingin saya tanyakan : apabila setelah setahun nanti saya ingin menjadi PNS di instansi lain, cara apa yg sebaiknya saya tempuh :
    1.MUndur dr instansi skrg, kemudian melamar menjadi CPNS instansi lain tahun depan? (dibolehkan gak ya)
    atau ….
    2. Mengajukan mutasi ke dept lain? yg ini kayaknya susah, karena harus “lolos butuh”

    gmn pak, mohon bantuan masukannya…

    -terima kasih

  6. saran saya sih, gak perlu pindah, tetapi cari kesibukan sendiri di luar kantor, misalnya bisnis, mengajar, menulis, membantu konsultan, dsb. daripada mundur, sayang, tes CPNS makin susah, lagipula sayang umur lho. kalo pindah instansi juga bukan hal mudah, walaupun dimungkinkan. paling tidak harus ada kawan yg merekomendasikan kita di tempat baru dan izin atasan di tempat lama utk dapat ‘lolos butuh’nya

  7. Hallo pak dizzman
    Mau curhat boleh ya pak..
    saya CPNS (masuk Januari 2008)di salah satu lembaga pemerintah non departemen, ditempatkan di papua yang jauh dari kampung halaman saya(pekan baru).Rencananya saya akan menikah di tahun ini.Akan tetapi calon istri saya sudah bekerja di pekan baru, dan tidak memungkinkan kalau calon istri saya yang pindah kerja ke papua. Sedangkan biaya hidup disini lumayan tinggi apalagi buat berkeluarga, sedangkan jika istri ikut ke papua otomatis dia berhenti kerja. Jika dibandingkan (maaf bukan bermaksud menyinggung) gaji saya lebih kecil dari calon istri.
    yang ingin saya tanyakan ke pak dizzman:
    1. Apakah jika masih dalam status CPNS bisa pindah
    2. jika PNS, harus menunggu berapa lama baru bisa pindah
    3. Jika saya mengundurkan diri sekarang apa ada sanksi yang harus saya terima
    terus terang saya sangat binggung sekarang, dan masukan dari pak dizzman akan menjadi bantuan yang tak ternilai harganya, terima kasih
    Salam Kenal

  8. ASS, Untuk memikirkan diri sendiri ja susah, pa lagi orang lain..belum ngerti maksud’a… bagiku kalo emang PNS bermanfaat bagi org bnyk aq akan jalani PNS itupun kalo dapat, PNS ( pengangguran terselubung)..PNS (penghancur agama, negara.lingkungan)..PNS ( pengecut takut hidup), ..PNS (Pengancur impian)..PNS (pintu neraka),..PNS (gak usah hidup didunialah)…I’m sorry…my comment but hanya untuk saat ini kejadianya..cenderung seperti itu….hidup cuma menonton kekalahan…nanti….ah lemah gak bisa jadi seliberiti..nanti..Dimana ya..jadi selibriti..

    • inilah ungkapan seorang looser di test CPNS

      ungkapan Anda benar2 tidak berbudi pekerti…

      • Ya.. Itulah citra PNS di mata salah satu masyarakat. Ngga perlu komentar.. Toh sebelum jd PNS saya jg merasa seperti itu (terkadang). Lebih baik introspeksi diri saja sebagai abdi negara denga ungkapan “Apa yg sudah kita berikan (sbg PNS)” untuk negara?? bukan Apa yg sudah negara berikan untuk kita??”

  9. he3x…sabar mas, memang karena satu dan lain hal, PNS jadi berkonotasi tidak baik, tapi kalo gak ada yg ngurus negara, sopo maneh to?

  10. heheh…di luar negeri..terutama negara maju….katanya anak mudanya lebih seneng berbisnis,atau kerja di swasta…karena di sana iklim usahanya udah bagus…dan supaya anak mudanya mau kerja jadi pegawai pemerintah(polisi,tentara,pegawai negeri dan birokrat)maka di beri iming2 gaji besar….yang ga beda jauh ama swasta..lha di indo?….swasta nya banyak yg ga jelas(walau ada emang beberapa perusahaan yg memberikan jaminan kesejahteraan bagus)…gaji pas pasan…jarang yang besar…..mau ikut pensiun swasta….sulit karena emang gaji jg pas pasan….mau nyambi….susah karena kadang di swasta sering kerja lembur…mending bayarannya bener….jadi PNS ni sebenarnya jalan tengah yang pas…masih bisa nyambi di luar kalo masih takut dosa korupsi, dan jaminan pensiun sampi saat ini cukup jelas…. (ini “ilmu” yg diajarkan ke saya semenjak masuk jadi cpns hehheheh)

    • BETUL BETUL setuju saya 100%…swasta di indonesia maunya enak saja liat aja sales2 yg dibayar murah dan jadi sapi perah..mending jd pns sederhana gk neko2 jalan tengah dan nyambi bisnis sendiri yg halal….

  11. itulah enaknya jadi PNS, he3x……

  12. PNS itu seperti jebakan, sekali masuk sulit rasanya untuk bisa keluar.. Tapi mau di dalam teruspun rasanya gak nyaman.

  13. makanya anggep aja hobi, gak seneng ya cuekin aja, he3x…. cari kesibukan laen mas…

  14. jadi PNS itu enak mas, mikirin banyak orang walaupun gaji kecil tapi kan dapat pahala, inti nya ikhlas, jangan orientasi pada materi, kalau mau kaya yah bikin usaha sendiri jangan jadi PNS, karena yang mau jadi PNS hanya orang – orang yah sudah siap di maki dan di caci tapi gak kaya – kaya

  15. Saya kira mengenai nyambi2 itu ada baiknya. Tapi sekarang PNS di daerah udah lumayanlah. terutama karena adanya TKD (Tunjangan Kesejahteraan Daerah), PNS itu ada juga yang sibuk loh. tergantung PNS itu sendiri mau aktif atau tidak. Soal e kebanyakan PNS baru bekerja kalo ada instruksi2. Sodara ada yang PNS di Bagian lingkungan. sibuknya mintak ampun ke daerah2. Dan uang perjalanan dinas jika ditotal lebih besar dari gaji. Dan itu halal. Karena memang niatnya untuk lingkungan.

  16. Heran aku, kenapa semua PNS yang posting disini isinya keluhan melulu yha ? :-)

    Saya sudah 5 tahun jadi PNS di lingkungan Pusat (sebuah Lembaga non Departemen) dimana suasana kerjanya nyaris sama seperti bekerja di Swasta (kerja jam 08.00 – 17.00), juklak pekerjaan jelas, selain gaji diberi tunjangan yang manusiawi & membuat kita bekerja secara kompeten dan saling menjaga kekeluargaan satu dengan lainnya.

    Dan saya tidak menyesal melepas status Manager saya di sebuah Perusahaan Swasta selama 8 tahun untuk memulai dr awal menjadi PNS.

    Kita harus menghargai diri kita sendiri & bergaul-lah dengan orang2 yang kompeten sehingga harkat & martabat kita sebagai PNS tidak dianggap remeh lagi oleh Lingkungan kita :-)

    • betul betul betul………………………………………………………………………………

    • saya juga bingung nih, suami dah jadi manager di swasta tapi di keterima jadi CPNS di pemkot. Klo di itung2 gajinya di swaata dah lebih dari cukup…
      Tapi kerja di swasta ga jamin bisa terus kerja, apalagi suami saya di bidang marketing. Klo omset bagus aman, klo omset jelek situasi ga nyaman, bahkan bisa2 dipecat tanpa pesangon.
      Yang jadi kebingungan saya apakah saya bisa beradaptasi dengan gaji kecil PNS, sedangkan saya dan anak terbiasa hidup dikota besar?
      Mohon saran dan masukannya dong….Sebelumnya terima kasih ya!

      • bisa koq, asal sabar aja, rezeki Insya Alloh bakal datang dengan sendirinya dari pintu yang tidak diduga. yang penting perbanyak silaturahmi, jadikan suami Anda dikenal di lingkungan, aktif dalam bekerja, jujur dan tulus, percayalah… Anda sekeluarga bisa tetap hidup koq…

      • mati aja lo ha ha h ah aha ha ha a

    • ikut nimbrung, aku jg punya kakak ipar pns, tp kariernya kayaknya bagus2 aj, s2 dan s3 di jepang, stelah selesai pindah ke pusat, dinas nya sknrg ke ohio, india, jepang dll.. prospek kariernya kayaknya sih bagus..

      Tp aku jg punya mantan, dia dulu pns, bawaannya bttttt mulu, pengen kluar aj ktnya, gaji kecil dsb dsb..

      Mungkin semua tergantung nasib jg ga sih, aku jg lg di lema ni, skrng kerja di bumn tp jd outsourcing tp status ga jelas, trus keterima jadi pns, agak bingung2 jg…ad saran?

      • Pns itu enak kalo dikementerian yg enak. Contoh: kementerian luar negri, hukum dan ham trutama imigrasi, esdm, perdagangan, lingkungan hidup, perhubungan yg dikantor pusatnya. Kominfo pusat, klo di bapeten atau batan gak enak. Jd buat smua jgn sampe deh daftar ke lembaga itu. Nanti slalu bete kayak saya. Lembaganya gak jelas n kering n bnyk yg pngn pindah..tp susahnya kayak mau masuk surga..

    • udah bener jadi manajer, yang punya kesempatan besar buat bisa ngatur keuangan kita sendiri… kenapa harus jadi pns yang gak bisa bikin kita kaya…

    • bersyukur lah karena di tempat anda sudah terbentuk sistem kerja yg baik…. di tempat saya?! justru diberikan usulan perbaikan seolah-olah malah malingkan mata…lebih baik sistem lama…enak…nyaman…terutama dgn urusan uang yg hukumnya patut dipertanyakan…

      minimal sy menuntut kompetensi dan profesionalitas dgn timbal balik yang proporsional….

      akhirnya hal seperti inilah yang menjadi realita kecemburuan sosial jg diantara PNS…

      kadang2x bingung harus gimana….sulit rasanya untuk mencari personal2x yang kompeten di lingkungan seperti ini…

  17. Hidup PNS !!!
    Semoga tetap sabar selalu…

  18. makasih infonya :) lumayan ngasih inspirasi :D

  19. bener…tapi saya masuk jam 07.30-17.00 teng..senin-jumat…

    yah semua itu benar,tapi semoga semua usaha modernisasi terus dilakukan, jangan cuma sebagian departemen aja. lihat tuh pns yang jam kerja aja masih baru mulai sarapan, dll

    saya sebagai PNS baru (2007 diangkat jadi PNS) kadang merasa malu juga kalo lihat mereka, udah seragam PNS di siang bolong keluyuran lagi…

    yah harapan saya semoga semua departemen di modernisasi dan birokratisasi lebih diefesienkan supaya gak terlalu panjang yang akhirny malah membuat celah buat yang gak-gak…

    makasih :P

  20. trims atas semua komentarnya. mohon maaf g bisa reply satupersatu, abis lagi peak season nih!!! (yg PNS pasti tahu lah, he3x…..)

  21. Untung ngak jadi PNs…kok serem yach,,keluhannya,,,peace…peace……

  22. he3x…. emang serem kalo dah masuk, ha5x…..

  23. selamat pagi……. mas dizzman, saya ingin tau pengalaman mas dizzman pindah antar instansi. maksud saya syaratnya, dokumennya, dan alurnya mohon diinfokan ya… terima kasih sebelumya mas dizzman…..

  24. utk pindah, pertama ajukan permohonan ke instansi tujuan, kemudian instansi tujuan mengeluarkan surat butuh, lalu ajukan permohonan pindah berdasarkan surat butuh itu ke biro kepegawaian, kemudian biro kepegawaian buat surat ke BKN, lalu BKN buat surat pindah kita ke instansi baru, begitu prosedur formalnya. tapi yg penting kita punya referensi di instansi baru, dan instansi lama mau melepas kita (ini yg agak susah,apalagi kalo kita ‘dibutuhkan’ disitu)

    • mas, cara mengajukan permohonannya pindah itu seperti apa? tolong di jelaskan secara rinci. makasih ya mas…

  25. ass.. mas dizzman
    mau ikutan boleh?
    suami sy kmrn br saja diterima jadi cpns, tp ternyata di tempatkan di rawamangun, agak kaget juga krn kami pikir akan berkantor di senayan, kami tinggal di daerah parung dan sgt jauh ke rwmgn, agak pesimis mlht kantor yg skrg krn tdk terlalu ramai dan khawatir tdk berkembang (sepi kegiatan) apa yg hrs kami lakukan? kdg sy mrs menjadi pns ini ternyata tdk lbh baik dr kntr sblmnya, tp keputusan ini sdh kami ambil, tlg beri sy support pak… trm ksh byk sblmnya

  26. boleh…
    kalo boleh tanya, di instansi apa suami Anda bekerja sekarang? koq ada sepi ramai segala, he3x….
    memang kalo liat sekilas sih pasti tidak lebih baik, apalagi kalo dibandingin ama di swasta dgn level yg sama. tapi disitulah letak tantangannya, mampu gak kita bertahan dalam kondisi spt itu? saran saya, jalanin aja, toh pasti ada jalan keluar. kalo masih bingung, bisa konsultasi via email koq, he3x…

  27. Mas sy lu2s tes cpns depkumham 2008,tau gak info sk cpns kluar?alna pengangguran skrg nich..

  28. tunggu aja, bulan2 depan pasti keluar, paling telat akhir tahun, he3x… kalo sudah lulus, tenang aja, pasti diterima, yg penting sudah pemberkasan toh? antrian di BKN lagi penuh nih..

  29. Makasih byk mas atas supportnya..
    mungkin nanti saya pingin bgt konsul via email, termasuk di dept mana suami sy sekarang, (dulu suami saya kabag IT di kantornya dan jarak ke kantor dari rumah sgt dekat) maklum.. agak gmn gitu stlh tau ditempatkan sgt jauh dari rmh, blm digaji, bensin boros… he..he.. (gak boleh ngeluh… bersyukur..bersyukur..)
    Terus terang mas dizzman menjadi penyemangat banget buat kami yg awam soal pns, semoga ini semua menjadi amal baik bagi mas. Thx a lot..

  30. he3x… masih mending gak ditugaskan di luar kota, apalagi di luar Jawa, kudu mindahin satu rumah, ha5x…..

  31. mas dizzmas, kalau prosedur mutasi dari pegawai pusat ke pegawai daerah bagaimana caranya? Ada peraturan yang mengaturnya ndak? Ada kiat2 khusus supaya bisa dilepas dari instansi sy yang lama ndak? Disini jumlah dokter hewannya kurang, tapi benernya disini kerjaan sy ndak banyak berhubungan dg profesi sy, malah cenderung banyak waktu buat ngenet dan chating drpd kerja…. lama2 bosen juga …. ndak beda dengan pengangguran…he..he..he..

  32. salam kenal mas dizzmas.. Saya baru saja diangkat jadi cpns. Kalo saya mau mundur dari cpns ini ada sanksi nya mas?? apakah benar ada sistem “blacklist”. Saya diterima di dinas kesehatan, saya terpaksa mundur karena saya juga sedang menjalani pendidikan S2. thx buat infonya mas

  33. kenapa gak dilanjutin sambil kerja? kalo blacklist kayaknya cuma teori aja, soale ngapain juga mereka ngurusin 1 orang, masih banyak yg harus diurusin mbak. kalo dah lulus daftar lagi aja, tapi di instansi lain…

  34. mas dizzman, aku mo curhat jg nih…….

    aku diterima CPNS (guru) tahun ini 2009, tp skr aku jg msh bekerja di instansi swasta….kalo selisihnya sih cmn 1jtaan (gd di swasta). tp ya itu sistem kerjanya yg aku g suka……
    setelah jam ngajar, g da kerjaan lain, mo pulang ga enak ma kepsek, kalo disitu mulu y mau ngapain, g da fas internet, dll. mau mundur bingung juga takut ada sanksi (tp g da perjanjian gitu) sih…..

  35. pak, saya mau tanya nich…. PP yang menunjuk tentang hak da kewajiban PNS itu PP no berapa sich….
    trus saya mo tanya satu lagi nich….. setahu saya setelah mengabdi 5 tahun seorang PNS berhak mengajukan mutasi ke daerah lain….. kenyataannya saya mengalami kesulitan dalam hal ini…. sudah dua kali mengajukan …. pi ditolak terus…. saya sampai stress mikirinnya pak…. saya cuman berpikir saya bekerja all out …. dikantor saya… pi masalahnya gara2 saya rajin bekerja dan allout dikantor (maaf ini menurut atasan2 saya) ….. saya serba salah sekarang…. saya jadi malas mengerjakan pekerjaan kantor….. bener2 bertentangan dengan hati saya…. tolong pak saya minta tolong aturan apa sich yang mengatur tentang mutasi setelah 5 tahun…. terimakasih

  36. Saya baru masuk CPNS, saya cukup schok dengan keadaan saya sekarang, dimana posisi saya tidak sesuai dengan yg saya apply, saya dari d3 sekretaris dan telah bergelut di swasta dan anak perusahaan BUMN dalam dunia sekretaris selama 8 tahun, sebetulnya posisi saya itu ada dan diperlukan, tapi tiba-tiba saat penempatan posisi saya dirubah menjadi resepsionis, dan resepsionis yg lama ditarik menjadi sekretaris di dalam, sedangkan resepsionis tersebut bukan dari jurusan sekretaris dan dia adalah tenaga honor, kondisi ini sangat membuat saya semakin bingung, akhirnya saya coba bicarakan dengan bag. kepegawaian, jawaban nya cukup miris, menjadi CPNS tidak boleh banyak protes, tidak boleh banyak omong, kamu akan saya reject kalau kamu banyak omong, tidak boleh menuntut. Saya sedih sekali. Suasana tidak kondusif, saya merasa tertekan, belum lagi ada pihak yg pro dan kontra kepada saya maupun kepada resepsionis yg lama yg skr menjadi sekertaris, hal ini hanya menjadi bahan omongan. Saya niatkan dalam hati skr ini, saya mau mencari pekerjaan lain saja ditempat lain, seperti di BUMN dan sepertinya saya sudah tidak tertarik lagi dengan dunia PNS, yang menurut saya benar adanya seperti dalam tulisan diatas. Menurut Mas dizzman bagaimana mengenai hal ini?

  37. nikmati saja pekerjaanmu, kalo sudah tidak bisa dinikmati, ya cari pekerjaan lain yg bisa dinikmati, begitu aja koq repot, he3x…..
    memang begitulah birokrasi, bersedia ditempatkan dimana saja, kapan saja, apa saja. dan gak boleh protes. kalo mau pindah, tunjukkan kemampuanmu dulu, dikenal orang, dibutuhkan orang, pasti ada yg minta kamu pindah ke tempat dia. jangan kuatir, dijalani saja as long as u can

  38. iya mas dizzman… saya sudah jadi pns sejak 1986..ternyata betul kita harus hati-hati dalam keseharian… banyak yang kita tidak tahu dia teman atau lawan buat kita…jadi tidak ada teman atau lawan yang abadi yang ada cuma kepentingan dan “kemanfaatan teman” , hati-hati dengan teman yang berbaik hati… pasti ada maunya dgn kita…. salam pns

  39. salam kenal juga, wah mas argo dah eselon II ya??

  40. saya berminat mengikuti ujian cpns (pemda) depatermen kesehatan tahun ini ditempat kelahiran saya (Brebes) namun tahun depan saya akan menikah dan rencananya akan pindah ke tempat asal suami (Bandung) saya nanti. Saya baca rubrik anda bahwa perpindahan lokasi tergantung kebutuhan daerah mutasi. Hal itu masih membingungkan saya, karna saya masih tidak mendapatkan nilai yg pasti mengenai berapa persen kemungkinan mutai itu. Dapatkan anda membantu saya untuk memberikan persentasi kemungkinan kebutuhan pns di Bandung.

  41. saya berminat mengikuti ujian cpns (pemda) depatermen kesehatan tahun ini ditempat kelahiran saya (Brebes) namun tahun depan saya akan menikah dan rencananya akan pindah ke tempat asal suami (Bandung) saya nanti. Saya baca rubrik anda bahwa perpindahan lokasi tergantung kebutuhan daerah mutasi. Hal itu masih membingungkan saya, karna saya masih tidak mendapatkan nilai yg pasti mengenai berapa persen kemungkinan mutai itu. Dapatkan anda membantu saya untuk memberikan persentasi kemungkinan kebutuhan pns di Bandung. terima kasih

  42. sore mas
    saya mau tanya kalo sudah jadi cpns kebetulan menjadi guru di daerah terpencil dan nantinya mau pindah karena nggak cocok dengan kondisinya terus belum masa prajabatan minta pindah ke lokasi yang cocok bisa nggak mas?Terus kalau kita ikut tes di instansi lain boleh nggak walau staus kita masih ngajar dan kita mengundurkan diri dari tempat lama ke tempat yang baru misalnya ke jakarta gmn caranya mas?
    Thx mas,
    Reply via email

  43. mas, aku mo nanya..mklum aku ga punya kerabat PNS ^^
    - tentang mutasi CPNS itu memang sering terjadi y?
    - itu slma brp bulan mas?
    - cowe / cewe yg lbh sering dimutasi mas..?? dan biasanya u/ tujuan apa, kan sudah ada formasi penerimaan kryawan mas??
    - biaya hidupnya disediakan departemen ya mas..? rumah..??
    aq sbnerny mikir2 klo mo nglamar di pns, gr2 hal ini..:(

    tmaksih y mas..

  44. Mas Dizzman, maaf mksd saya mutasi keluar kota..:p
    kan ada surat pnyataan bersedia ditempatkan ke luar kota :(

    mas blz lwt email y :p
    tengkyu ^^

  45. halo mas,
    mau nanya dong. gosip2 yg saya dengar pns dr departemen agak lebih menantang drpd pns dr pemda katanya ya? mksd saya dalam hal gaji dan suasana kerja, mnrt saya pns pemda monoton.. itu menurut saya lho..
    trus satu lagi, kira2 mas dizzman tau gak kelebihan da kekurangan pegawai BUMN dibanding PNS.. Apakah di BUMN menyediakan jaminan ASKES dan pensiun sprti di PNS??
    Thx b4 yaa….

    • @songlae dan @riris: jawaban sudah dikirim via email ya

    • bedalah pns ma bumn. BUMN gaji lebih besar dan tunjangan lebih baik dibandingkan PNS. Dan masalah kerjaan lebih menantang bumn (selalu memakai otak) krn bumn mencari profit/keuntungan.

  46. ass..
    mas dizzman..aku sekarang lagi kerja di lembaga non departemen jakarta dan kemudian cari2 sendiri lolos butuh via surat ke departemen di jakarta yang sekiranya ada formasinya dengan jurusan saya. Alhamdulillah ternyata satu departemen ada yang merespon.
    saya cuma ingin bertanya mas,
    1. sebenarnya apa perbedaan antara kerja di LPND atau Departemen?
    2. Di departemen kemungkinan di mutasi ke daerah besar ya mas? kalau suami saya kerja pns di jakarta, apa saya bisa menolak untuk dipindahkan ke daerah suatu saat dengan alasan suami saya juga kerja pns di jakarta?
    3. dari segi salary tambahan besar mana?
    4. saya belum mengajukannya ke instansi lama (minta pindah), karena sama-sama di jakarta, sebaiknya apa alasan yang tepat untuk mutasi?

    terima kasih jawabannya via email yah mas/ thanks

  47. ass.wr.
    mas dizzman, saya seorang dokter di RS swasta..tp saya lebih banyak bergelut di manajemennya..berencana mau ikut tes PNS depkes atau PEMDA ., kalo depkes mgk lihat di websitenya depkes..dan Pemda itu kan bisa puskesmas atau Dinas kesehatan.. nah saya ngga ngerti gimana caranya utk daftar pemda..dan penempatan di dinas atau puskesmas itu bagaimana ?kita yg menentukan atau pemdanya?dan lebih menjanjikan Pemda atau Depkes..mohon informasinya…terima kasih ya mas dizzman..

    • kalo di Pemda, langsung dilihat di pengumuman Pemda masing2, jadi mereka nerima secara global, tidak per dinas. utk penempatan juga wewenang Pemda. kalo menjanjikan, relatif ya, tapi memang lebih enak di Pusat sih, bisa jalan2 he3x… tapi resikonya juga bisa ditempatkan di daerah terpencil (diperbantukan ke daerah)

  48. saya lagi mau ikut tes CPNS di Malang nich.. doakan saya ya…

  49. Saya ibu rumah tangga, kadang pengen juga jadi PNS tapi ketika dikalkulasikan seandainya beneran jadi PNS, maka biaya yg harus saya keluarkan :
    1. gaji pembantu 2 x 350.000 = 700.000 (pembantu 1 gak cukup karena anak saya 2, tiap anak punya schedule masing-masing)
    2. biaya hidup 2 dan uang jajan 2 pembantu 2 x 250.000 = 500.000
    3. transportasi : jika dalam kota 100.000 (jika luar kota 250.000)
    4. transport ke sekolah anak 2 x 200.000 = 400.000
    5. transport les anak 12 x 10.000 = 120.000
    kebayang ga ? jadinya plus atau minus nih pendapatan ?
    belum lagi hal immateriil seperti pengawasan terhadap makanan,pengawasan terhadap pola belajar anak, minuman dan jajanan anak. pengawasan terhadap pergaulan, pengawasan terhadap pembantu yang sekarang pada gaul cause udah punya hp jadinya lebih rawan lagi.

    Jadi buat ibu RT yang mau jadi PNS, please itung-itung lagi. Kalo bisa kita mulai wirausaha saja, sambil ngawasin anak, dapat income.

    • itu semua pilihan ya bu..tp menurut saya karir sebagai ibu jauuuh lebih mulia dibanding PNS. karir Ibu sepanjang hayat, gak kenal cuti, tdk digaji, tapi hidup luar biasa mendidik dan menjaga amanah Pemimpin Seluruh Alam Semesta. Gak perlu dikalkulasi sudah pasti jadi ibu RT jauh lebih berharga..Saya malah iri sama bu ari, pgn 100% ibu RT tp sudah kecemplung susah keluar…

  50. Sungguh saya bingung antara ikut dan tidak. saya mengajar dgn salary 4 jtan tp tetap pengin ikut pns di daerah karena ingin lebih dkt dgn anak anak. tp salary pns awal2 gak ckp ya…

    • masalah rezeki sudah diatur yg diAtas, jadi gak usah kuatir, memang gaji pokok kecil, tapi tunjangan guru, apalagi sudah bersertifikasi gede lho sekarang, total bisa THP 4-5jt per bulan.

  51. Saya sedang bekerja di Pemerintahan Pusat sebagai honorer/konsultan. banyak terdapat hal2 fiktif yg trjadi. susah untuk bisa mendapatkan orang jujur. tp sy yakin banyak orang jujur tapi tdk bs mengeluarkan pendapat. tp bnyk orang yg bermuka dua. baik di depan tetapi pny kegiatan di blkng. wallohu’alam
    mdh2an pns smuanya bs lebih baik.
    ingat kt hidup di dunia ini tdk semata-mata mencari nafkah, apalagi nafkah itu tidak halal didapat. dan carilah nafkah yg bs memberikan manfaat serta berkah bagi keluarga dan yg lainnya.
    sesungguhnya Alloh Maha Melihat atas apa yang telah kita kerjakan.
    mulai skrng STOP MALAS, KERJA yang BAIK, dan jadikan semua ini adalah untuk IBADAH

  52. jadi ngeri niyh liat comment2 tentang PNS…
    jadi pikir dua kali untuk melanjutkan seleksi PNS…
    saya sudah masuk seleksi cpns tahap akhir, tapi kalo ternyata ditrima dan suasana di kantor gak kondusif gmn ya…
    aku mau tanya.. kalo udah diterima jd CPNS trus mengundurkan diri, boleh gak ya? ada denda adm gak?
    trz kalo yg kita pake utk ngelamar PNS itu ijazah D3 (krn ijazah S1 blm turun dan ada formasinya utk ijazah D3, setelah diangkat jd PNS ijazah S1 bs digunakan utk naik ke gol 3a gak ya? thanx…
    sebenernya aku gak mau kerja kantoran, karena ngebosenin dan monoton, aku lebih seneng bisnis, krn lebih menantang dan fleksibel wkt kerjanya, tp ortu pengen aku kerja dikantor…

    dilema…

    jd curhat niyh?hehe
    mkch buanyak…
    tlg dijawab

    • enak ko jadi PNS, bisa sambil disambi bisnis di luar jam kantor… kalo mundur boleh2 aja, tapi liat dulu pas waktu teken perjanjian, ada klausul bayar denda gak?
      dari D3 bisa naik ke S1 kalau sudah IIc 2 tahun, jadi dgn ijazah D3 (gol II b) sekitar 6 tahun dari CPNS baru bisa mengajukan ke S1, tapi ada jalur cepat kalo mau ngurus sendiri he3x…

      • Hwaduh.. lumayan ngeri juga. Maz dizzman, alhamdulillah saya ibu rumah tangga yang barusan lolos CPNS dan sdng nunggu SK keluar (2009) di slh satu departemen di jkt. Mau nanya nih, Jalur cepat untuk naik dari D3 ke S1 itu maksudnya bagaimana? Kebetulan kasus saya seperti Rie, ijazah S1 blm keluar, tapi nglamarnya pake ijazah D3. Dan kalo ttg mutasi itu, brp tahun kira2 bisa mutasi , coz suami saya kebetulan ada di luar jawa (kaltim) dan kalo memang bisa saya pengen pindah ke sana.. kira2 syaratnya apa ya? Thanks b4..

      • jalur cepat, ya coba aja lobi2 ke Biro Kepegawaian, bisa gak minta penyesuaian ‘tanpa’ surat izin belajar. kalo mutasi paling tidak 2 tahun dari CPNS dan sudah PNS, kalo instansi pusat minta aja ke kanwil di daerah tempat suami bekerja

    • pret yg ada lo dah jual mobil buat pelicin masuk pns

  53. Sekarang ini saya lagi pengen banget banget jadi PNS. Saya udah 5 tahun ini “berkarir” di perusahaan swasta yang kurang menjanjikan (dari segi jenjang karir & jaminan masa depan), meskipun dari segi penghasilan, alhamdulillah, barangkali sudah agak cukup untuk biaya hidup saya, istri dan seorang anak balita. 5 tahun yang lalu saya lulus kuliah, dan ketika mencari pekerjaan, saya malah tidak sempat terbersit keinginan untuk menjadi seorang PNS. Sekarang, setelah merasakan ritme kerja di swasta yang kadang memaksa saya pulang di atas jam 18.00, akhirnya saya nyerah juga. Kemarin udah dapet panggilan untuk test tulis di suatu departemen. Mudah2an bukan cuman lulus di seleksi administratif aja.

  54. Saya juga PNS, saya diminta buat laporan. saya buat seadanya dan ternyata ditemukan adanya penyelewangan. terjadi perubahan struktural (pergantian) tapi saya juga malah jadi dikucilkan, karir juga dihancurkan…tapi saya pasrah saja. Karena Allah juga yg akan memberikan saya rejeki. ….bagaimana kita bisa jujur…kalo dikeroyok begitu??

    Di PNS itu sangat subyektif, hampir seperti prshaan keluarga, atasan adlh omnya, stafnya juga saudara2nya, maka yg akan maju berkembang adlh keluarganya tersebut, krn unsur kepercayaan lbh p\enting dari kemampuan. kapan PNS berubah???

  55. Saya PNS, masuk bersih kerja bersih.
    Tapi kadang malu dengan celotehan teman tentang PNS yg ujian masuknya (ada beberapa) “bayar” supaya diangkat jadi PNS.
    Nah orang2 yang “bayar” tadi itu yang sebenernya enggak berkompetensi di bidang dia kerja. orang2 kaya gini yang menghambat kinerja Dept/Dinas negeri.

  56. ass. wr.wb
    mas dizzman, saya seorang pns yang baru dangkat, sk keluar bulan juni 2009, jadi baru 2 tahun kerja.beberapa waktu yang lalau saya ikut tes di sebuah LPND yang baru terbentuk dan hanya merekrut pegawai dari instansi pemerintah, alhamdulillah saya lulus, tapi masalahnya departemen tempat saya bekerja sekarang tidak mengijinkan dengan alasan saya relatif masih baru dan jabatan saya fungsional, bagaimana cara meyakinkan atasan saya agar saya bisa dipindahkan, dan jika memang saya benar-benar tidak dijinkan, saya berpikiran untuk mundur dari departemen dan memulai lagi dari awal sebagai tenaga honorer di LPND tersebut, apakah hal tersebut diperbolehkan di BKN, sebab saya sudah punya NIP.
    terima kasih mohon tanggapannya mas (via e-mail aja yah)

    • situasinya mirip seperti yg saya alami. saya juga dulu lobi2 selama sebulan utk meyakinkan pimpinan, bahkan lewat orang ketiga baru bisa tembus. caranya, cari orang kepercayaan bos, yakinkan dia bahwa Anda memang benar2 ingin pindah karena alasan yang bersifat pribadi (misal: kantornya dekat dgn rumah, atau orang tua sudah tua, perlu didampingi, dan kantornya dekat rumah ortu). kalau memang sulit utk pindah, sebaiknya tetap disitu saja, karena Anda sudah punya NIP, daripada jadi honorer, nanti dipersulit karena Anda sudah pernah punya NIP (khawatir di blacklist aja kalau keluar)

  57. halo mas,
    calon suami saya bekerja sebagai PNS di perairan DKI dan saya ragu apa saya bisa bertahan dengan gajinya yang kecil..jujur saya gak pernah setuju dia masuk sana tp dia minta dukungan saya…sampe2 saya bilang kamu berhenti ato kita gajadi menikah..saya bingung karena saya tidak punya pengalaman di anggota kelg yang jadi PNS..mohon infonya ya mas..

    • sabar aja, memang awal2 adalah masa2 sulit. saya sendiri merasakan baru sekitar 7 tahun lepas dari kesulitan, semua ada rezekinya, yang penting perbanyak silaturahmi, banyakin teman, buktikan kemampuan, jujur dan komitmen, dan rajin cari2 peluang…

  58. wah..gw pengen banget jadi PNS..meskipun sering gagal lulus..tapi saya tetep bersyukur untuk pekerjaan sekarang…
    mudah2an rezeki itu lewat dengan jalan lain….he..he..

  59. hem…mendingan bisnis pulsa bos,,,ane rekomendasikan di PMRELOAD! mandiri…..

  60. mas Dizzman punya refrensi/contoh surat lamaran untuk menjadi CPNS pemda DKI gak, saya butuh bangetnih, tolong ya, sebab harus ditulis tangan jadi saya bingung apa saja isinya.
    Trims bantuannya.

    • contoh surat bisa diminta ke panitia saat mengembalikan berkas, saya juga dulu begitu, bikin surat lamaran pas mengembalikan berkas, jangan lupa bawa materai 6000…. mohon maaf gak ada contoh soale langsung dikerjakan di tempat…

  61. mas, saya baru lulus tes cpns di pemda. Skrg lagi nunggu proses pemberkasan. Kira2 kalo bisa gak ya, dipindah ke departemen pusat ? Mohon dibales lewat email, thx

    • sabar mas, nanti kalo dah jadi PNS penuh baru bisa, itupun panjang prosesnya, harus dikenal dulu sama orang pusat, dan dibutuhkan disana

  62. salam kenal Mas Dizzman.
    saya baru keterima di dinas esdm prov Jambi sebagai inspektur tambang. saya bingung mau diambil apa tidak. Bagaimana kira2 pendapatan di instansi tersebut? karena sekarang saya bekerja di swasta dengan pendapatan yang lumayan baik. Mohon pencerahannya, thanks.

    • bicara pendapatan memang enak di swasta, tapi bicara kenyamanan enak jadi PNS, tinggal pilih, mau sabar sedikit dgn gaji kecil tapi nanti ketemu jalannya rezeki besar, atau mau tetap dgn gaji besar tapi selalu kuatir diberhentikan setiap saat… silakan merenungkan

      • Mas, jalan ke rezeki besarnya ditanggung halal kan?

      • Insya Allah, yg penting dilakukan di luar jam kantor, tidak mengganggu pekerjaan pokok, atau bisa diurus oleh keluarga, kita cuma mantau aja, atau ikut menanam saham di tempat lain, banyak koq caranya asal mau nyari aja

  63. mas dizzman sy mau tanya ya??
    bedanya funsional dan struktural itu apa? terima kasih sebelumnya.

    • fungsional jabatan dengan fungsi spesialis dan menerus, seperti guru, dokter, peneliti, auditor
      struktural jabatan sesuai dengan struktur organisasi mulai dari Kasi hingga Dirjen

  64. satu lagi mas…klu penerjemah bahasa (S1) di pemprov,masuk ke struktural atau fungsional,kira2 bgmn untuk kedepannya?,mohon penjelasanya mas.trims

    • bisa masuk fungsional, bisa struktural, tergantung nanti penempatan dimana? kalo sudah masuk level manajerial (pejabat eselon) jurusan sudah tidak lagi dipandang, yang penting pergaulan..

  65. Mas, nanya donk. Saya baru lulus CPNS (S1) dan TMT 1 Dec 09 di kementerian negara riset & teknologi, tetapi kemudian saya ditugaskan di UPT BLUnya Kementerian ini. Mengenai hal ini, status saya apa ya?? Berarti nantinya masalah penggajian saya gimana ya ??

    Thanx.

    • ya tetap CPNS, cuma diperbantukan pada BLU Kementerian. gaji ya tetap sama ama yg laen, cuma yg beda tambahan honornya aja, bisa ditanyakan ke senior di situ ya atau bagian keuangan BLU

  66. Salam Mas Dizmann…

    Mas, mau tanya nih.. kira2 kalo di terima di Pemda itu mungkin ga ya kedepannya kita bisa jadi Camat atau Walikota ? mungkin bisa ga kalo kita punya kemampuan dan kinerja yg sangat bagus ? atau camat dan walikota itu lebih condong ke jabatan politis ?

    makasih sebelumnya mas…

    • camat itu jabatan struktural, kalau walikota jabatan politis. bisa2 aja, yg penting gauldan dikenal masyarakat

  67. [...] berikut ini ada beberapa keuntungan dan kerugian menjadi PNS yang saya ambil dari situs http://www.calonpns.wordpress.com [...]

  68. mas dizzman, boleh minta tolong mas. saya mau minta format surat-surat yang diperlukan untuk pengajuan pindah antar instansi, berdasarkan pengalaman mas dulu. kalo boleh tolong di email ya mas, makasih banyak mas, saya sangat membutuhkannya.

    • maaf nih baru balas … maklum lagi repot, gak sempet baca satu-satu… ya udah nanti saya email aja ya

      • Mas, saya juga donk minta tolong diemail format surat-suratnya.. Terima kasih.

      • mas dizzman, kalo masih ada format surat pengajuan pindah, tolong dikirim jg ke ns84p@yahoo.com
        terima kasih sbelumnya.

      • Mas Dizzman, saya juga minta tolong dikirimin juga format surat-surat untuk pengajuan pindah antar instansi berdasarkan pengalaman Mas Dizzman karena saya juga membutuhkannya. Terima kasih sebelumnya mas..

  69. ah iya, alamatny email saya mas,
    midori_niigata@yahoo.com
    makasih ^_^

  70. Boleh donk mas dizzman, saya juga mau minta format surat-surat yang diperlukan untuk pengajuan pindah antar instansi, kalo boleh tolong di email ya mas, makasih banyak mas.

  71. - mas dizzman saya mo nanya..klo pindah instansi, itu kira2 bolehnya berapa lama setelah PNS ya..mas??

    - dan prosedurenya apa ajah ya Mas..mklm Newbie niech..

    maaciehhh……

    • paling tidak sudah PNS (2 tahun) atau sesuai perjanjian awal, prosedurnya: diterima di instansi tujuan (ada formasi) dan diizinkan oleh instansi asal… tinggal buat surat permohonan pindah saja selama kedua syarat tersebut dipenuhi. makanya cari info dulu di tempat tujuan ada formasi kosong atau tidak, kalau ada baru buat surat pengajuan pindahnya

  72. Kalau semua orang jadi PNS siapa yang jadi petani, jadilah dirimu sendiri dan tidak harus memaksakan apa maumu. Kalau bisa jadi ayam kampung, mengapa harus jadi ayam negeri, ???

  73. sayang ya, tujuan orang jd PNS di Indonesia bukan untuk membantu masyarakat tp untuk mengamankan diri dan keluarga, sekecil itu…

  74. ass…
    pak dizzman..hihi…seneng banget neh baca rubrik ini…ramee..bnyak temen2 senasib sepenanggungan nih…pak..boleh ya aq mo “curhat” soal kerjaan by email…dibalas ya…thanks…

  75. Bener juga jangan percaya sm siapapun krn bs aja didepan kita mereka baik tp dblakang ngomongin kita.so dont trust.Emang serba salah juga ya.masalahku sm spt rie.idealisme aq pengen usaha sdr tp ortu n kel nyuruh ikut tes akhrny lulus.bkanny g bersyukur.emg bnyk keuntungan tp g sukany dg pekerjaan yg gt2 aj n pemikiran teman sekantor yg dh terkntaminasi virus2 g jelas.srg perg tk urusan pribadi,anggap krjny berat pdhl g kerj.n sering buat hal fiktif.pernah da bgi2 uang yg aku krg tau asalny. Tp aq g pakai sesenpun.aq kash ke org2 yg membthkan.Aku malah bte klo g d krjaan,boring n g bs ngapa-ngapain.ku msh cpns di daerah.sbnrny g trlalu suka jg.terbrsit keinginan pengen keluar tp usaha blm jelas,kashan ma ortu.mgkn jd pns bkn hal yg kuinginkan tp mgkn swtu yg kubutuhkan.

  76. PNS banyak dihujat tapi kenapa ya setiap ada test yang daftar sampe ribuan ? wajar lah pns gajinya kecil karena PNS itu kerjaannya “low risk” gaji tetep dapet asal jgn bolos 6 bulan berturut turut atau di penjara dengan hukuman lebih dari 5 tahun maka hasilnya akan di berhentikan dgn tidak hormat. mengenai pindah kerja, mo nanya nih mana yang di bikin terlebih dahulu, pengajuan ke instansi lama atau lolos butuh di instansi baru ? soalnya sy lagi mau proses eh malah di pingpong, kata instansi lama mana lolos butuhnya, kata instansi tujuan mana rekomendasi dari instansi lamanya ? biasanya yg suka gitu oknum pns minta “royalitas” tadi…..

  77. Nanya juga donk. Kalo mau pindah instansi, syaratnya harus udah berapa tahun jadi PNS??? Dan apakah kita juga harus punya “orang kuat” di instansi yang akan kita tuju. Thanx…

  78. Mas,saya PNS pemkab di bidang pendidikan / guru,kebetulan suami saya TNI AD yg sering pindah-pindah dinas ke kota lain bahkan pindah antar propinsi,mutasi PNS antar propinsi pun sudah pernah saya alami. Yg ingin saya tanyakan,bisa tidak saya minta mutasi lg dengan status titipan ke daerah lain (minta pindah lg & terus menerus minta pindah kan gk mungkin ya mas)? coz kadang atasan suami tidak mengijinkan kami hidup terpisah,apalagi saat suami jadi komandan..istri harus mendampingi,bagaimana nih mas? mohon sarannya..apalagi saya tidak ingin melepas status PNS saya.
    Kalau bisa sebagai titipan,kira2 bagaimana caranya? apakah sama dengan mengurus pindah/mutasi??
    Kemudian,cara untuk mengikuti sertifikasi guru bagaimana? adakah point2 atau mungkin pelatihan yg harus diikuti terlebih dahulu?

  79. @newbie :
    -minimal sudah 2 thn jadi PNS (bukan CPNS),
    -di instansi tujuan ada formasi dan dpt diterima
    -diizinkan oleh instansi asal
    -lalu buat surat permohonan pindah
    Sebaiknya cari dulu informasi mengenai instansi tujuan, apakah masih ada formasi yang kosong atau tidak, msh membutuhkan pegawai atau tidak.
    terimakasih
    http://www.banyakuang.com ( Bisnis internet dengan cara termudah )

  80. wah emang gtu yah kehidupan di pns , ngeri euy

  81. Maz Dizman, salam kenal.

    Alhamdulillah saya di terima di salah satu departemen dan harus mendaftar ulang sebelum tanggal 19 November 2010.
    Saat ini saya adalah pegawai tetap di sebuah BUMN.
    - Gaji yang saya dapat di BUMN : sekitar 3 juta rupiah di luar lembur, (18x gaji selama 1 tahun )
    - Tunjangan kesehatan mendapat penggantian 80 % untuk rawat jalan dan 100% untuk rawat inap.
    Saya tidak bermasalah dengan BUMN ini namun suasana di unit tempat saya ditempatkan yang kurang nyaman, baik pekerjaan maupun orangnya. Berbeda dengan teman2 di unit lain yang mendapat kesempatan berkembang lebih baik. Sementara untuk pindah unit agak sulit mengingat masa kerja saya baru 1 tahun 6 bulan.
    Mohon masukan mas. Mana yang harus saya pilih, karena saya awam dan baru pertama kali diterima dalam seleksi CPNS dan akan ditempatkan di Palembang sementara saya saat ini bermukim di Jakarta walaupun belum berkeluarga.
    Apakah jika saya menjadi pns dan menikah suami akan mendapat tunjangan kesehatan seperti hak pns pria dimana istrinya mendapat tunjangan ? Apa saja hak yang didapat selama menjadi CPNS ?
    Terima kasih.

  82. Duh, saya jadi tambah bingung mau daftar cpns… >.<

    Emang semuanya ada kelebihan dan kekurangan ya, tidak ada yg sempurna. baik swasta/bumn maupun pns. Smg dengan menyukai pekerjaan kita, ke depannya lancar2 aja..

    Jujur, saya sebagai wanita ingin sekali meluangkan waktu utk anak2 saya kelak (sy blm berkeluarga). Pertanyaannya.. apakah ketika saya nanti menjadi PNS, saya bs meluangkan waktu lebih banyak ketimbang jd pegawai swasta dgn keluarga (dlm hal ini anak2)?

    klo tmn2 ada pengalaman ttg waktu kerja dan keluarga silahkan share yaaa.. makasih.

    • saya seorang PNS di LPND jakarta pusat, tinggal di depok. waktu kerja 7.30 – 16.00 tetapi berangkat dari rmh jam 05.30 dan sampai rumah sekitar 18.00. saat ini sih saya belum ada anak, tp ya memang resiko waktu qt akan sangat terbatas untuk anak n keluarga. apalagi klo saya selalu ada agenda keluar kota, jdnya akan sangat sedikit wkt yang ada.
      banyak orang berkata yg penting kualitas, tp menurut saya kuantitas juga penting.
      jdnya saya berfikir, akan sangat egois jika kelak anak2 qt malah tumbuh besar ditangan pembantu….

      tp mungkin klo PNS didaerah bisa lebih singkat dalam perjalanan dari dan ke kantor mbak… but mbak fanni kan masih blom berkeluarga jdnya ya mungkin kesempatan ini diambil saja dl. baru nanti kita akan bisa lebih merasakannya mana yg lebih penting karir of keluarga???

      sukses ya….

    • mb fanni,jd PNS g sibuk2 amat ko’,kerja dr jam 7 pagi smp jam 2 siang.kan cuma 1/2 hr aja,dijamin msh bs ngurus anak,sy bs ko jlni,ms mb fanni g bs.

      • mq.uwie.. di pns bag apa.. sdh brp lama…wah jam 7 udah masauk ya apa trgantg instansi jg
        coz saya kan jg hrp cemas2 msh nunggu sk cpns nich pemberkasan des kmrn kira2 kpn keluarnya coz jg blm resign nich..
        oya tau gak penata lap.keu penemapatan di bag mana ya klo di pemda bukan di pusat.. tx

  83. ass mas dizzman..

    duh,ngeliat komentar-komentar di atas ngebuat saya makin sedih,pusing,kepengen,dll deh campurr bangett..

    saya ni masih cari-cari pekerjaan, tp diliat dr prospek saya kepengen banget jd PNS, kalo masalah konflik interest dan gaji,saya lebih miliih bedoa dan bersabar aj,syapa tau nasib bisa berubah..

    plis banget kasih tau dong gimana yah caranya biar masuk PNS dgn gol. IV-A deh minimal.. tolong banget ya mas saran dan tips dan juga ilmunya..

    Makasih Banyak.. =D

    • ocay,klo mu lgsg gol.IV A,ky’x agk susah.Stau sy,yg sarjana S-1,diangkt dr gol.IIIA, S-2 dr gol.IIIB,sm jg ky dokter. TP kale aj S-3 dr gol.IV A spt yg ocay mau.

  84. Saya sudah lulus ujian CPNS Kementerian Hukum dan HAM, baru saja melakukan pemberkasan, berarti masih nunggu 3 bulanan sebelum mulai kerja.

    Berhubung pengetahuan saya tentang menjadi abdi negara masih nol, saya melakukan riset. Saya mencari tahu berapa take home pay selama sebulan, apa itu remunerasi, dll.

    Hasilnya cukup membuat ciut nyali saya. Gaji gak sampai separo gaji saya saat ini, kerjaannya boring banget… jadi ngeri.

    Tapi berhubung keluarga pingin saya jadi PNS, ya sudahlah. Nurut saja, semoga rejekinya barokah… AMIIIIN!

  85. Ass, mas dizzman
    saya mo tanya, gmn caranya buat surat pengunduran diri dr PNS dgn alasan mengikuti pekerjaan suami di luar negeri?
    TMT saya bulan Feb 2009, saya di sebuah LPND. mengingat masa kerja saya yg msh singkat, tentunya belum memungkinkan untuk cuti (apalagi diluar tanggungan negara) dan pengajuan sekolah pun sepertinya sulit.

    Biasa surat pengunduran diri ini ditujukan kpd siapa? dan prosesnya berapa lama ya mas? Trus apakah setelah keluar dr status PNS masih bisa bekerja di BUMN?… Terima Kasih atas masukan dan sarannya…

    Wass,

  86. untuk teman-teman yg pns apalagi yang belum pns mesti banyak-banyak bersyukur? entar nikmat yang diberi Allah SWT dicabut lho? nah ini tambah bingung lho…. penghasilan ga ada mau usaha banyak saingan mau kerja di swasta lebih banyak yang pintar dari kita? entar bisa-bisa stressssss………

  87. Intinya PNS itu adalah pembodohan terselubung, peraturan dapat di langgar dengan kebijakan. sehingga semua penyimpangan dikatakan kebijakan. dengan berbagai alasan pembenaran. makanya negara ini gak karu-karuan. mau lancar urusan begabunglah dengan dunia politik. aturan di kalahkan oleh kebijakan Politik. Orang bebuat salah and merugikan negara bisa santai-santai.. dipenjarapun bisa keluar masuk n fasilitas lengkap. banggakah anda jadi waga indonesia…

  88. Assalamu’alaikum,,, alhamdulillah saya dtrima cpns pemda 2010,,, sebenarnya cpns bukanlah cita2 saya(mengikuti ujian cpns dengan perasaan biasa tpoi alhamdulillah lolos satu2nya dari jabatan yg dilamar tanpa permainan suap),,, tapi ternyta banyak hal yg membuat saya terkejut dan bersyukur,, ibu saya ternyta sangat bangga dan senang anaknya bisa dtrima pns,,, saya kira akan ada banyak hal yang bisa dilakukan kita sebagai cpns,,, saya yakin dan optimis insyallah, bila kita berpikiran positif maka kita juga akan mendapatkan hasil yang postif.. Aminnn. Buat pemilik blog ini saya mohon petunjuknya donk tentang cpns dan pns,,, maklum saya ga bener2 nol dalam hal wawasan karir cpns. Apakah melnjutkan studi ketika masih jadi cpns gelar sarjananya bisa dipakai(sebagai update gelar yg lama?), trus gelar paling tinggi sebagai pns apa yah??? apa setiap pns mempunyai ksempatan yang sama dalam hal karir??. Terima kasih sekian dulu pertanyaaanya. Kiranya sudi untuk menjawab pertanyaan saya by web dan email.
    Wassalam,,,

  89. Menurut saya:
    Kelebihan PNS adalah:
    1. Jenjang karier yang jelas.
    untuk saat ini, jenjang karier dipengaruhi oleh masa kerja, pendidikan, dan prestasi. Jenjang karier dibagi dua, golongan dan jabatan. semakin lama masa kerja dan semakin tinggi pendidikan seseorang, maka golongan akan semakin bertambah (misal:dari 3A menjadi 3B). Semakin tinggi golongan,semakin besar juga gaji dan tunjangan yang akan diperoleh. Tapi,semakin tinggi golongan tidak menjamin jabatannya akan semakin tinggi. Jabatan lebih dipengaruhi oleh prestasi kerja seseorang. Jika berprestasi, maka biasanya akan dipromosikan untuk menjabatm posisi tertentu. Nah, ukuran prestasi ini lah yang belum memiliki standar yang jelas. Masih cenderung subjektif dan menggunakan prinsip like and dislike.

    2. Low Risk
    Kalo ada yg pengen jadi PNS dg alasan pengen idup tenang mungkin bener juga. Soalnya, risiko dipecatnya kecil. PNS bakal dipecat klo dia melakukan kesalahan yg bener2 dianggap fatal,kaya terlibat dalam kasus kriminal atau ga masuk selama beberapa bulan berturut-turut. Saya belom pernah denger kasus, ada PNS yg dipecat gara2 dia males kerja atau dateng telat. atau kerjaannya cuma baca koran atau ngenet aja.
    Positifnya, dengan low risk ini, karyawan akan lebih tenang dalam bekerja. Ya,seperti yg saya jelasin sebelumnya,sayangnya kelebihan ini suka disalahgunain dengan bekerja semauanya.

    3. Kesempatan Pendidikan yang Luas
    jd PNS membuka peluang untuk mengikuti berbagai macam pendidikan,mulai dari diklat sampe sekolah lagi. apalagi, biasanya PNS tuh dapet keistimewaan untuk dapet beasiswa tertentu.

    4. Koneksi dan Jaringan yang luas
    Kalo pinter berkomunikasi, jd PNS bisa amat sangat bermanfaat untuk memperluas jaringan(network). Karena kegiatan sebagai abdi negara biasanya melibatkan berbagai lapisan masyarakat dan memiliki ruang lingkup yang sangat luas. Nah, tinggal pinter2nya aja memanfaatkan kesempatan yg ada.

    To be continued

    • hmm.. mas ardi bener2 wawasan yg bikin kita tambah tau nich..to be cont kapan lagi disambung nich..jd penasaran hehehe..
      btw.. tau g mas utk penata lap.keuangan biasanya ditempatkan dimana.. mgkin gak kita kerja tp tdk sesuai formasi yg dilamar.. biasanya penata lap.keu ditempatkan dimana ya.. tx..

      • untuk penata laporan keuangan biasanya ditempatin di sesditjen atau tata usaha satker (pengalaman klo di t4 saya).
        Sangat mungkin sekali CPNS ditempatkan tidak sesuai formasi yang dilamar. Biasanya, akan disesuaikan dengan kebutuhan satker tsb. Jadi jangan kaget klo yg backgorundnya sastra or IT ditaro di bagian program atau keuangan. :)

  90. klo sy blg si,dimata masyarakat derajat sosial jg jd lbih tinggi (ni pengalaman sy yg jd PNS didesa,g tw deee klo dikota,mgkin g ad yg minat jd PNS). palgi klo ad kawinan,rata2 yg jd PNS pasti dpt undangan krn qt jd lbh dihargai.hehehe….

    • hahaa, setuju. Di daerah memang masih ada pandangan seperti itu. Teman saya yang di daerah malah pernah bercerita. Kalau jadi PNS bisa gampang cari pasangan. Haha
      Kalau di jakarta mungkin status sosialnya sama saja dengan pekerjaan yang lain. Tapi kalau liat trendnya tiap tahun, PNS memang masih menjadi favorit di kalangan pencari kerja.

  91. mas ardi… tau gak..
    kalo dipemda gitu penempatannya dimana utk penata lap.keu.. mgkn gak klo dikecamatan/kel..
    btw.. klo sdh pemberkasan nunggu sk cpns nya brp lama ya…

    • selamat y dah lu2s,, di pemda ada yg namanya skpd (satuan kerja prangkat daerah) dimana didalamnya ada bagian keuangannya. sharusnya pnta lap keuangan ditempatkan disana ttp di skpd tergantung kepala dinas untuk ditempatkan di bagian mananya… kalo ditempat saya, 1 fbruari sdah mulai kerja. ttp tiap daerah berbeda-beda.

      • mas ahmad..
        lho dirimu dikota mana ya… kok dah terima sk sich cpt bgt.. pemberkasannya kpn klo aq kmrn tgl 28des gt… kira2 kpn ya keluar sknya.. coz saya jg blm resign nich rencana msh akhir maret gt..
        yach pokoknya ditempatkan dimana aja manut aja wesss.. cm penasaran aja klo penata gt. apa mgkn dikel /kec ya..

  92. Saya ini salah satu PNS di LPNK, kebetulan saya di Inspektorat, memang kebanyakan auditor belum diangkat oleh Kepala Badan untuk jadi Auditor, serta banyak yang belum lulus JFA (Jabatan Fungsional Auditor), dan DIPA Inspektorat masih menyatu dengan Sekretaris Utama karena memang belum menjadi SATKER MANDIRI, yang membuat saya jengkel … jelas dan nyata dalam organisasi saya banyak sekali yang melakukan korupsi, beberapa waktu lalu kita mau mengadakan pengawasan ke daerah, kemudian dana dari Inspektorat dibekukan oleh Sekretaris Utama dengan alasan belum ada Auditor resmi, ingin rasanya lapor ke KPK tapi saya masih berfikir masa depan teman-teman saya tapi kayaknya percuma karena menurut saya KPK juga suck (maaf) banyak laporan masuk tapi tidak ditanggapi. Jadi intinya saya merasa bekerja di lingkungan yang banyak kemunafikan. Mungkin ada yang mau memberi saran mengenai permasalahan saya ini, bagaimana caranya bekerja jadi Auditor jika tidak diijinkan mengawasi. Jika ada saran yang lebih ekstrem bagaimana cara memenjarakan Sekretaris Utama, karena saya tahu dia koruptor kelas kakap di LPNK saya, terima kasih.

    • laporin aja mba. bs secara diem2 dengan mmebuat surat kaleng, atau minta bantuan LSM. sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan orang hukum yang mba percaya.

      • Mas Ardie, saya takut mas soalnya yang saya lawan orang kuat, surat kaleng mungkin tidak akan ditanggapi juga oleh KPK, kalau LSM mereka cuma mencari uang saja

  93. mass dizzman saya numpang curhat ya, menurut saya satu hal yang harus dipertimbangkan rekan-rekan yang mau masuk, cam kan bahwa di PNS “beda tempat beda nasib”. jadi pastikan pilih tempat yang baik sistemnya, cari yang sudah reformasi birokrasi dan terkenal memiliki SDM yang bagus-bagus.

    karena kalau salah pilih tempat bisa-bisa jadinya tertekan hati apalagi buat yang masih muda dan punya obsesi yang tinggi…

  94. salam..mas,.
    sy ingin mengajukan pindah antar instansi dgn alasan ikut istri sy,.kira2 mohon dikasih contoh2 surat2nya dan prosedur pindahnya mas..alamat email saya :mhanis.aufa@gmail.com..
    maaf sblmnya,.sy bekerja di instansi BPS kab.gayo lues,..
    mohon pencerahannya mas..tks

  95. salam mass dizzman…

    sy sudah 2 tahun di pns (sebelumnya 2 thn di swasta pulang malam terus) backgroud kuliah di S1 IT. Alasan sy jd pns krn mo berkeluarga (ngurus suami & anak2) dan biar lbh aman ke depannya. Tp tyt di sini, penempatan saya dibagian administrasi (banyak kerjaan yg ga halal) dan soreny jd sekretaris sampai mlm (karena yg bersangkutan sudah pulang jam 4). Jdny sama aj kyk swasta, cm lebih parah (swasta gaji lbh baik dan halal pula), agak nyesel juga.

    Tuk tambahan : orang2 disini saling menjegal,bahkan teman seangkatan sampai berubah jd saling menjatuhkan, tidak ada yang bisa dipercaya. (beda sama swasta yg benar2 sportif)

    yg saya mau tanyakan apakah diBUMN keadaaannya jauh lbh baik dpd pns atau sama sajakah? karena setengah intansi pemerintah. Sempet kepikiran tuk wirausaha juga tp masih mencari2 yg cocok atau jd ibu rumah tangga saja urus suami,ikut pulang kampung hehe..

    Mohon nasehat dan sarannya, semoga Allah memberikan balasan kebaikan untuk mas Dizzman..wass.

  96. assalamualaikum mas dizzman.. mohon pencerahan yaaa..

    pertaman tau ada blog ini senang sekali.. byk memberi pengetahuan sekitar dunia per-CPNS-PNS-an.
    saya cpns 2010 utk wilayah banjarmasin tp saya tinggal dijkt.. setelah dijalani setelah ditinggal oleh saya ibu saya jd sakit2an krn itu saya bermaksud mengundurkan diri.. suami saya jg dijkt..kerja di swasta.. tp ketika saya datangi kepala kepegawaian ditjen saya dijkt..saya malah diminta utk mencoba mengajukan surat pindah saja ke jkt,
    akhirnya saya buat surat pindah ke pak dirjen.. dengn tembusan sekjen dan kepala kepegawaian.

    saya terus follow up ke kepala kepegawaian, akhirnya setelah 2 mggu diberi kabar utk sabar menunggu disposisi dr pak dirjen. sambil menunggu saya diminta utk kembali ke banjarmasin sekitar 1 bulan. saya mengerti memang pasti semua butuh proses.

    yang saya mau tnyakan apakah memang pasti ada kesempatan saya dpt pindah ke jkt walau status saya masih cpns? krn yg saya dengar hny 2 persen pegawai yg bs seperti itu..

    kalau ada tmn2 yang mirip kasusnya seperti saya.. mohon pencerahannya juga yaa.

    terima kasih byk ya mas dizzman .. sukses dan bahagia slalu..

    • selamat malam mb, maaf mau tanya dr instansi mana dibanjarmasin. sy jg berasal dr banjarmasin, br mutasi kejogjakarta. I.Allah utk mutasi kejakarta bs ditembus dgn usaha maksimal ya mb.

  97. bener2 PNS nih sarang orang2 munafik…… ikut prajab ada materi anti korupsi marah2 kalo peserta nggak disiplin bilan”begini nih mental2 orang korupsi” ternyata ujung2nya panitiajuga yg ngajarin pungli ke peserta “aneh” sok jujur sok prosedural ternyata ujung2nya sering make tangan orang lain buat dapet duit, wis2 negoro2 sampe kapan PNS kita seperti ini

  98. mas,
    mau diskusi nih, via email bsa mas ??

  99. Saran dan Pendapat sy sbg PNS.
    1. PNS sebenarnya pekerjaan yang berpotensi untuk beramal saleh lebih besar dibanding di swasta. Spt profesi pelayanan publik, guru, dosen, dokter, Nah ini bergantung kitanya sendiri yg bs ngatur krn kita ga diawasi.
    Kadang kita sendiri ingin tambahan, ya boleh saja, asal jangan mengabaikan kewajiban kita di PNS.
    2. Waktu longgar dan tidak ada rasa was-was untuk dipecat, membuat saya akhir2 ini bs beribadah lebih khusuk, ga terburu misal 10 menit sebelum adzan saya da dimasjid, relaksasi dan ngobrol ringan sama senior2 dulu, baru sholat dan zikir dengan tidak buru2. Kalau di swasta jelas ga bisa. Pokoknya hidup lebih tenang deh.
    3. Sebenarnya PNS lebih cocok untuk meningkatkan ketrampilan berinteraksi bukan intektual, terutama dengan senior2, ini berbeda dgn istilah cari muka. Saya berhadap rekan2 PNS bisa lebih bijaksana memaklumi tingkah laku dan intelektual senior2 kita. contoh saja, karena saya orang IT, sering kali dimintai bantuan benerin komputer, virus, masang printer bahkan sampai komputer pribadi dan malah pernah dimintain tolong ngeset MP4 player milik anaknya (mirip Ipad), padahal saya dosen, ada-ada saja. Awalnya ya saya layani, dan lama-lama saya beri pengertian spy mereka membawa ke tukang service sendiri, namun pengertian itu harus disampaikan setelah lama berinteraksi dan dengan bhs santun, juga tunggu momen yang tepat, akhirnya mereka bisa menerima dan agak segan juga kalo minta bantuan ke kita.

    Belum lagi banyak pekerjaan2 yg dilimpakan ke bawahan, misal Menteri nyuruh eselon I, eselon I nyuruh eselon II dst, sampai yang kerja sebenarnya kroco2 yang paling bawah. Disinilah sikap memaklumi, sabar, manajemen emosi, taktik dan politis perlu dikembangkan secara matang dan baik.

    Pengalaman ini yg tidak saya dapat di swasta, karena dulu hubungan sama cuman sama server2 komputer, mungkin marketing beda kali.

    4. Yang penting adalah jaga hubungan baik. Sebenarnya sy melatih 2 hal disini: 1. Cuek terhadap sesuatu yg tidak baik. 2. Perhatian/sentimentil terhadap sesuatu yang baik. Dua kepribadian yang saling bertolak belakang, Sebagai PNS, anda harus berlatih sikap ini.

    Sikap cuek diperlukan bila kita tidak punya power untuk mengubah pada keadaan yang lebih baik, bahkan bisa tersingkir. Contohnya saja Pa Susno Duaji di Kepolisian masuk penjara padahal jabatan Kabareskim.

  100. iah g nyaman baru ngerasain , ternyata rasa’a kaya gini …

  101. Yang namanya pns, kalo ga bisa menjilat. ya cuek aja,,,,,,,,,,,,,,

  102. ikutan jg share…alhamdulilah sy jg salah 1 kuli pemerintah…awalnya jiwa sy bukan seorang PNS karna aku pikir PNS gajinya gak seberapa..pada thn 1 (masih status CPNS)sy hendak keluar dan akan mendaftar d BUMN tp ternyata lama kelamaan sy merasa nyaman menjadi seorang PNS,,,sy bisa bersikap dewasa, sabar melayani seseorang,dll.setelah 4 tahun jadi PNS alhamdulilah sy dapat rejeki…dapat tugas belajar dr pemerintah daerahku…dapat beasiswadan gaji tetap jalan…dan insya Allah karir akan menjamin dan tdk menutup kemungkinan untuk pendidikan berikutnya sy masih mendapat kesempatan itu…#amin…
    sekian share sy…hmmm ini hanya bwt seseorg yang rau akan PNS..PNS itu gajinya pas2an tp tidak akan kekurangan…hmmm yg muslim pasti percaya klw rejeki itu sdh d atur ;)

  103. Mohon masukan dan pendapat,sy baru lulus S1 arsitektur,saat ini sy di ajak untuk test PNS,padahal niat sy tdk ada di PNS,setelah baca informasi diskusi ini sy jd mengerti keuntungan dan kerugian di PNS.mohon pendapat tentang (1)apakah ada peluang untuk sy lanjut S2 dgn jurusan yg berbeda di luar negeri setelah masuk PNS?(2)di lembaga mana saja yang bisa menerima sy sesuai jurusan saya,apakah jurusan menjadi ukuran sy untuk kerja di lembaga yang sesuai dg ilmu sy?(3)jika sy bekerja di bank..bank pemerintah mana yang bisa menjamin masa depan dan tunjangan dengan baik?(4)batas umur untuk masuk PNS umur berapa ya?.sehubungan dengan status keluarga juga berada di lembaga pemerintah menjadi ukuran sy untuk bisa mengikuti karir mereka tapi untuk hati kecil sy ..sy tidak menginginkan hal ini.

    • 1,2, Berpeluang, dari kementerian PU, pemerintah kab/kota juga bisa lihat saja daftar jurusannya disitus bappenas, bisa double degree lagi. 3. nngak tahu….. 4. 35 tahun

  104. Saya PNS di Kejaksaan, posisi yang saya lamar dulu adalah calon jaksa, saya diterima.Tetapi untuk menjadi jaksa, diharuskan mengikuti pendidikan,harus mengikuti ujian lagi (padahal sewaktu masuk sudah ujian),dan kalau tidak lulus-lulus akan menjadi staff TU seumur hidup. Saya sudah PI S2, dan sudah naik golongan menjadi 3B,setelah 2 tahun menjadi 3A…Yang saya tanyakan apakah bisa PNS Kejaksaan seperti saya pindah menjadi PNS lain seperti Kementrian Perikanan dan Kelautan atau Kementrian Perdagangan. Kalau bisa bagaimana caranya? Mohon pencerahan…

    Dilema yang saya alami, kebanyakan sama dengan teman-teman diatas,dari gaji sampai situasi dalam bekerja.

  105. Curhat…
    Bagi saya jadi PNS itu banyak sakitnya drpd enaknya…
    Rasa nyesel dah jadi PNS.. Pa lagi kalo longdistance ama suami yg juga sama2 PNS tapi beda provinsi… :(

    • @ mb maulida : kl mau mutasi dgn alasan ikut suami, bisa kok mb. pengalaman sy mutasi dr banjarmasin (kalimantan selatan) ke yogyakarta.

  106. dulu sewaktu kuliah S1 di IKIP ga mau ikut beasiswa ikatan dinas karena PNS gaji kecil dan penempatan ga bisa milih, waktu lulus milih kerja di perusahaan tambang PMA dengan gaji yang gede tapi cuma bertahan 2 tahun karena selalu pengen pulang ke yogyakarta. disini karena untuk isi waktu sambil gedein anak akhirnya melamar di universitas yg deket rumah sebagai honorer, eh 7 tahun kemudian diangkat jadi PNS jalur honorer tanpa tes. saya seneng jadi PNS, take home pay 5 juta buat di yogya dah cukup, bisa nabung, bisa beli rumah, dapet beasiswa S2 sekarang dah bergelar MBA, dikasih kesempatan benchmarking ke Australia dan Singapura. mengenai korupsi, menjilat atasan dll yang jelek2 dimana2 pasti adalah, tapi selama kita yakin pada kemampuan kita sendiri ga harus kayak gitu, yg halal2 aja juga bisa dan barokah. jenuh jelas ada karena pekerjaan monoton tapi saya atasi dengan punya aktivitas lain di luar jam kerja yang waktunya kita sesuaikan.

  107. PNS tu sperti korupsi bareng-bareng…bikin SPJ bodong…kegiatan yang seharusnya bisa lewat email tapi pake perjalanan dinas cm buat ambil data yang ga jelas…padahal datanya seperti tahun2 sebelumnya…kasihan rakyat…duitnya dimaling…

  108. mbak2 mas2 saya mau tanya nih,, klo status masih CPNS bisa gk ya disambi kuliah?

    • sebaiknya nunggu PNS dulu baru urus ijin belajar buat kuliah jadi ijazahnya nanti bisa dipake untuk penyesuaian pangkat. Untuk kuliah ada Beasiswa Unggulan dari kemdibud jadi mulai sekaranag mulai belajar TOEFL dan TPA ya, kan lumayan ga harus biaya sendiri ;)

    • bisa, kalau mau penyesuai ijazah, harus punya surat izin belajar, dan keluarnya surat ini sebelum taggal tamat kuliah

  109. klo lulusan STAN udah pasti PNS kemenkeu. remunerasi lumayan juga. sedangkan stan 2 tahun ini udah ditutup sama pak menteri nya, ada pendapat?

  110. salam kenal ya pak. boleh ikut berbagi ttg PNS ya pak. skrg sy bertugas di salah satu puskesmas di kabupaten Sleman Yogyakarta mutasi dr banjarmasin. dan sy sungguh kecewa dgn tempat sy bekerja yg skrg, krn sy mutasi dr luar daerah sleman shg mrk menerapkan aturan “masa percobaan” sdgkan sy sdh hmpr 4 thn mjd PNS dan ada diskriminasi (masa percobaan hanya diterapkan pd PNS yg mutasi dr luar sleman). krn sy berprofesi sbg dokter umum shg sy tdk terima dgn penerapan “masa percobaan”, dan sy mrs PNS dr luar dr sleman dianggap memiliki kinerja yg jelek shg hrs ada istilah masa percobaan seperti itu. sy sdh protes dgn kapus tp tdk ditanggapi dgn baik, sampai sy ajukan surat ketidakpuasan & kekecewaan sy kedinkes sleman tp jg tdk ada tindaklanjut. sangking kesalnya dgn aturan & manajemen di puskesmas tempat sy bekerja, sy berniat utk mengundurkan diri mjd PNS. mohon saran pak.

  111. yah.. PNS mah cuman orang yang bermalas2an, walau gak semua, tapi hampir semua..
    so go fuck with PNS lah..
    walau ane jg PNS, bentar lagi EX PNS

  112. Saya seorang Pengusaha.. dan bukan PNS, tapi jujur saja terhadap semua pekerjaan saya berpikir positif. Apapun pekerjaannya, ya tugas utama ya Bekerja, harus dijalankan sesuai aturan dan prosedur.. mau kerja di swasta atau PNS , jangan mikir enak atau tidaknya dulu…. Mau dapat uang dan mencari nafkah, ya kerjaaaaa dooonnggg…..
    Semua pekerjaan pasti ada enaknya, dan ada tidak enaknya…… ,,

    catatan penting : Citra PNS semakin buruk, jelek dan tidak jelas dikarenakan banyaknya Oknum yang memanfaatkan PNS sebagai ajang Bisnis. Bayangkan saja, tidak perlu capek2… cukup setor uang pelicin 50juta -100 juta, dijamin pasti bisa jadi PNS…. Astagfirulahhhh….. Saya berharap semoga tidak ada lagi berita2 seperti ini..

  113. memang susah ya jadi pns…
    just blogwalking… salam kenal dan salam pns saja dari bogor.

    heldi.net

  114. Ya Allah berilakanlah yang terbaik untuk ku, kakak dan adikku untuk masalah PNS

  115. mas dizzman minta alamat emailnya boleh,mau konsul mas. trims banyak.

  116. wah gmana nasib istri ane ntar ya??dia bru aj lulus cpns di kemenkeu..dan ditempatkan di ditjen pajak,,skrng lgi ngurus berkas2..

  117. Hola Mas Dizzman ‘n smuanya..

    Kalo disuruh milih, lebih enak kerja di Kementerian Keuangan atau Kementerian Luar Negeri yaaa???
    Mohon pencerahannya lagi galau berat hehee…

    • Dua2nya menarik, tapi kl suka travelling mending kemenlu, tp kl org rumahan ya mending kemenkeu

      • Wow fast response, thank you Mas Dizzman :D

        Dasarnya sih suka travelling tapi gak tau kalo ntar pas jadi emak-emak rumah tangga tambah galau kalau dimutasi ke luar..

        Suasana kerja di kedua tempat itu punya gambaran kah Mas?

      • Namanya pns dimana2 relatif sama, prinsipnya dont trust anybody there. Tp dua2nya relatif baik manajemennya drpd kementerian lain. Mantaplah kl bs diterima di keduanya

  118. ane mau mampir sebagai yg posting pertama di 2014.

  119. Mas Dizz..numpang nanya barangkali tahu…saya keterima CPNS kemhub 2013 dan udah pemberkasan januari 2014 tapi kok sampai sekarang belum ada kelanjutan info/jadwalnya yah..mohon pencerahan..haturnuhun..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 66 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: