Mengurus Kartu Kuning

Kartu kuning sebenarnya adalah kartu yang diperuntukkan bagi pencari kerja, sekaligus juga sebagai database Depnakertrans/Dinas Tenaga Kerja setempat untuk mengukur prosentase pencari kerja di wilayahnya. Saat ini kartu tersebut sangat berguna untuk melamar sebagai CPNS karena merupakan salah satu syarat wajib.

Syarat untuk mengurus Kartu Kuning:

1. KTP dan fotokopinya

2. Fotokopi Ijazah dan Transkrip nilai yang telah dilegalisir, jangan lupa bawa ijazah dan transkrip asli, siapa tahu diminta untuk diperlihatkan

3. Pas Foto 3×4

Tempat mengurus:

Dinas Tenaga Kerja di tiap-tiap kabupaten/kota sesuai dengan domisili KTP. Misal: untuk KTP Kota Bekasi, mengurusnya di Kantor Walikota Bekasi, Dinas Tenaga Kerja, Jl. A.Yani No.1 Bekasi.

Biaya:

resminya sih gratis, tapi gak ada salahnya beramal untuk yang mengurusnya, sekitar Rp. 10.000 – 50.000 lah

Catatan:

Jangan lupa legalisir sesuai kebutuhan , kalau perlu dilebihkan (minimal 10 buah biar gak bolak balik)

About these ads

163 Tanggapan

  1. Ass.
    Pak, kalau ngurus kartu kuning perlu surat pengantar kelurahan gak..?

    terima ksih..

    Wass.

  2. sebenarnya sih gak perlu, tapi buat jaga2, sebaiknya diurus saja, sekalian untuk ngurus SKCK (satu paket)

  3. Ass,

    Pak , kalau ijazah nya hilang dari SD -SMA bagaimana ngurus kartu kuning?

    apakah ijazahnya harus dari SD – SMA?
    terima kasih

    Wass

  4. @fayati:
    ikut mbantu njawab:
    kalo ijazah hilang urus ke masing-2 sekolah untuk minta ijaxah pengganti kemudian minta legalisir/pengesahan di diknas. info dari

    http://www.tribun-timur.com/view.php?id=69942&jenis=Public

    Ijazah untuk kartu kuning adalah ijazah terakhir. Bawa juga sertifikat-2 keterampilan(kursus-2)

  5. @fatati: maaf, jawaban sudah dikirim via email.
    @bgung: trims atas bantuannya
    baru sempet buka lagi, he3x…..
    betul mas, kalo kartu kuning cukup ijazah terakhir, tapi kalo sudah lulus tes, pas pemberkasan wajib melampirkan fotokopi ijazah dari SD hingga SMA. gak perlu legalisir koq.

  6. mas, saya mw nanya..saya mw urus kartu kuning, padahal saya baru pindah ke jkt tepatnya dibekasi tinggal ma abg saya..gimana caranya biar saya dpt mengurus kartu kuning..ijazah saya yg terakhir cuma saya bw ke jkt.
    terima kasih

  7. kartu kuning disesuaikan dengan alamat KTP setempat. jadi Anda harus pulang ke daerah, atau bikin saja KTP baru di tempat yg sekarang.

  8. mas, klo utk balik ke daerah asal saya lg, ky nya cara yg tidak efisien mengingat wkt dan ekonomi..

    apakah ada cara lain utk mendptk kannya?
    klo mengurus ktp gmn?
    tx

  9. MAS,BISA GA NGURUS KARTU KUNING KTP NYA MATI?

  10. TErnyata Ribet Juga Ya Ngurus Nya Kartu KUning….?

  11. yaa… begitulah memang rumitnya urusan izin di negeri ini. kalo KTP mati gak bisa donk, harus diperpanjang dulu

  12. mengurus kartu kuning

  13. maksudnya apa mbak

  14. berapa lama sih pak waktu untuk pengurusan kartu kuning ?

  15. maaf baru pulang dinas luar kota, kalo pengurusan kartu kuning sih cepet koq, sehari jadi bila persyaratan lengkap. tapi lagi musim cpns memang suka agak lama, 2-3 hari sampe seminggu lah.

  16. bisa ga,kalo kartu kuning saya dari jakarta tapi mau melamar cpns di depok?mohon balasan secepatnya

  17. bisa saja, sepanjang waktu mendaftar CPNS Depok juga menggunakan KTP Jakarta (alamat KTP = alamat di kartu kuning)

  18. Mohon Bantuan Alamat untuk pengurusan Kartu Kuning di Wilayah Kota Surabaya

  19. mungkin lihat aja di situsnya http://www.surabaya.go.id, lalu cari di menu pemerintahan atau struktur organisasi, cari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau instansi sejenis

  20. Kalau mau buat kartu kuning syarat2nya apa saja?
    Terimakasih

  21. ya seperti yg saya tulis di atas deh… tlg baca dulu ya, kalo ada kesulitan, hubungi dinas tenaga kerja setempat. yg pasti harus KTP sesuai Pemda setempat (misal kalo di Jakarta ya harus KTP Jakarta), atau buat surat keterangan domisili atau KIPEM (kartu penduduk musiman)

  22. mas, mau nanya nih, saya dengar kartu kuning bisa diurus di kecamatan ATAU di dinas tenaga kerja tiap2 kota, apa betul?

  23. tidak semua Kab/Kota melayani di Kecamatan, mungkin baru DKI aja yg bisa di kecamatan. kalau mau aman mending dateng langsung ke Dinas Tenaga Kerja Kab/Kota setempat sesuai dengan KTP/ KIPEM/ Keterangan domisili

  24. kalau ktp asli hilang tapi ada fotokopi,bisa?

  25. kalo ilang bawa KK aja utk bukti sbg warga setempat

  26. boleh g ngurus kartu kuning diwakilkan keluarga???soale aku lagi g ditempat (daerah

    • diupayakan untuk mengurus sendiri, karena ada yang harus ditandatangani, atau pake surat kuasa, lebih jelasnya bisa ditanyakan ke dinas tenaga kerja setempat

  27. Kartu kuning itu untuk sebelum atau sesudah test CPNS ya?

    Kalo sebelum test berarti harus daftar di depnaker kab/kota sesuai domisili KTP ya?

  28. Pak, saya mau nanya kaluktp saya di jakarta barat, saya harus mengurus kartu kuning dimana pak ?
    mohon penjelasannya . thank’s

    • di Pemkot Jakarta Barat, saya kurang tahu apakah masih di S Parman (deket Untar) atau sudah pindah ke Puri Indah, coba cek aja dulu.

  29. klo KTPnya daerah lain tp msh dlm propinsi riau, bs ga untuk buat Kartu Kuning dan test CPNS di pekanbaru?

  30. untk ijazah , apa hrs dr sd smp smu untk mengurus krt kuning ?

    • biasanya sih cukup ijazah terakhir aja yg dilegalisir ya, tapi kalo aturannya dah berubah, coba tanyakan ke dinas tenaga kerja setempat.

  31. Malam..sebenernya urus kartu kuning itu ke walikota apa ke dinas tenaga kerja yah? Terus urus skck utk pns itu harus ke polsek atau ke polres? Thx.

  32. Makasih atas infonya, bermanfaat banget bagi fresh graduated like me.

  33. Pak kalo ijazahnya blum keluar (S1) tp pake daftar nilai sementara (printan dari nilai di online/internet) bisa ga pak?coz ijazahnya lama keluar…
    tks.

  34. Saya tinggal di Cilincing (Jak-Ut). Pls info dmna saya bisa urus utk dpt krt Kuning di wilayah saya? apa bisa d kcmatan?
    Thnks

  35. Kalau di Jakarta, sepertinya ngurus KK bisa di masing2 kecamatan, seperti saya berlokasi di Kelapa Gading Barat, jadi ya ngurus KK-nya di Kecamatan Kelapa gading Jakarta Utara. mengenai persyaratan, sama seperti yang ditulis diatas.. :)

  36. terima kasih bang jeffry atas bantuan menjawab, mohon maaf baru selesai cuti. utk DKI sudah bisa di kecamatan, atau di Suku Dinas Tenaga Kerja Jakarta Utara (Kantor Walikota Jakarta Utara)

  37. Mas, sy dh pny kartu kng (domisili semarang). tahun ini sudah mati, apa bisa diperpanjang di jkt? soalnya tidak ada wkt buat plg ke smrg.
    thx

    • kartu kuning dibuat berdasarkan domisili. jadi kalau Anda bikin pake KTP Semarang, ya harus di Semarang, termasuk perpanjangannya. kalo mo buat di tempat lain, ya harus punya KTP atau keterangan identitas lainnya (misal KTP sementara/KIPEM) utk membuat di tempat tersebut.

  38. mas,kalo misalnya di ijazah +akte lahir namanya PUSPITHA tapi di KTP+Kartu kuning+skck jd PUSPITA kira2 harus diganti gak?
    Kalau dipakai utk CPNSan kr2 blh gak?dan apakah diKTP+SKCK+KARTU KUNING title nya harus sama dg yg di ijazah?kalau gak ada titlenya gimana?
    Hatur nuhun..

    • sebaiknya sih harus sama ya, tapi kalo kurang2 dikit gpp koq, biasanya basis datanya pake KTP. jadi yg dipake nama yg di KTP saat pendaftaran. kalo title dilihat dari ijazah.

  39. Kalo ngurus katu kuning di depok pada hari sabtu bisa gak ya? karena hari lainnya saya bekerja. terima kasih

  40. Kalo ngurus katu kuning di depok pada hari sabtu bisa gak ya? karena hari lainnya saya bekerja. terima kasih atas infonya.

  41. jakarta barat
    meruya selatan
    kembangan
    dmn bwt kartu kuning ny?
    pas foto simpang siur ad yg bilang 2 X 3 ad jg yg 3 X 4.

    • di suku dinas tenaga kerja Jakbar, atau di kecamatan kembangan. kalo pas foto siapin aja semuanya, gak repot kan, daripada kurang. soale kebijakan tiap dinas beda2 sih…

  42. Pak kalo ijazahnya blum keluar (S1) tp pake daftar nilai sementara (printan dari nilai di online/internet) bisa ga pak?coz ijazahnya lama keluar…
    tks.

  43. pak diatas anda menyebutkan kalau kegunaan kartu kuning adalah :

    “diperuntukkan bagi pencari kerja, sekaligus juga sebagai database Depnakertrans/Dinas Tenaga Kerja setempat untuk mengukur prosentase pencari kerja di wilayahnya”

    Bagaimana kalau saya udah kerja..tapi mau cari kartu kuning…,
    apakah boleh?, sedangkan saya sudah punya NPWP…

    apakah database Dinas tenaga kerja setempat tidak sampai ngecek ke database NPWP?

    Thanks..

    • maaf lagi diluar kota baru bisa online. yang namanya pencari kerja bukan hanya pengangguran, tetapi juga yg sudah bekerja tapi ingin pindah kerja atau mencari kerja baru, jadi boleh2 saja, dan gak ada kaitan NPWP dengan kartu kuning

  44. kata bapak, kartu kuning berlaku untuk seluruh wilayah RI.
    trus klo yg CPNS di Pemkot minta nya dari dinas setempat, gimana pak?
    Apakah CPNS setingkat Pemkot hanya untuk putra daerah?
    Trim’s

    • seharusnya demikian, terutama utk penerimaan CPNS pusat. utk di daerah tergantung kebijakan daerah masing2. ada yang seperti itu, misalnya membatasi KTP daerah setempat, atau kartu kuning setempat, tapi secara umum sebenarnya tidak ada larangan, hanya kebijakan khusus masing2 daerah utk melindungi warga setempat agar diprioritaskan jadi PNS

  45. pak , saya mau tanya , kalo buat kartu kuning itu , ijazah terakhir’a boleh sma ga ?
    trus , kalo saya mau bikin kartu kuning , didaerah mana ya ?
    karena saya tinggal di daerah jakarta timur , condet .
    karena saya gak tau tempatnya .
    dan tolong kasih alamt yang jelas ya ,
    agar saya nggak pusing kalo cari tempatnya .
    Terima kasih .

    • boleh aja, tapi nanti kualifikasinya setingkat SMA.
      kalo di Jaktim bisa ke kantor walikota Jaktim yang di Klender (sentra timur) atau di kantor kecamatan setempat

  46. oh begitu ya pak ,
    1 lagi pak , kalo misalkan saya melamar kerja di busway sebagai onboard , harus pake kartu kuning atau nggak ya pak ?
    terima kasih.

    • coba tanyakan saja ke bagian kepegawaiannya. kalo PNS wajib, tapi kalo swasta (spt busway pengelolaannya diswastakan) tidak semuanya pakai, tergantung kebijakan perusahaan

  47. kepegawaian itu BKN ya ?
    badan kepegawaian negara?
    yang di deket uki bukan pak?

  48. pake ktp sementara aja, atau surat keterangan domisili utk menunjukkan bahwa anda sedang berdomisili di Jawa

  49. bisa g bikin Kartu kuning lebih dari 1??
    soalnya mau ngelamar ke beberapa tempat dan semuanya membutuhkan kartu kuning.. gmn nih?? ada yg punya solusi??
    mohon bantuannya.. terima kasih..

    • gak bisa mas, makanya saya sarankan agar kartu kuning tersebut difotokopi banyak, trus dilegalisir. Utk pendaftaran CPNS cukup pake yg legalisiran, nanti kalo dah lulus dan pemberkasan baru diminta membawa yang asli

  50. Pak, mau tanya, saat ini saya punya 2 ijazah, D3 & S1. Dulu saya sudah pernah buat kartu kuning untuk ijazah D3, sekarang saya mau buat untuk S1 bisa punya dua-duanya atau harus milih salah satu ya?

    Mungkin ada rekan-rekan yang pernah punya pengalaman yang sama bisa sharing disini. Terimakasih.

    • kartu kuning juga ada masa berlakunya (lupa, tapi mungkin tiga bulan atau setelah bekerja, mana yg lebih dulu). jadi kalau mau perpanjang bawa aja ijazah S1nya, supaya gak dobel2…

  51. mas, mau tanya kalo mau ngurus kartu kuning di bekasi tapi ijazah yang ada cuma fotocopy yang belom di legalisir aja bisa ga??karena ijazah aslinya masih ada di kampus
    mohon balesan secepatnya

    • maaf baru balas, abis listrik mati melulu he3x…. kalo bisa minta surat keterangan lulus sementara dulu utk memperkuat bukti kelulusan anda

  52. pak mau tanya saya sedang menunggu wisuda bln April..transkrip nilai belum bisa diambil..lalu bagaimana saya mengurus kartu kuning dengan ijasah S1
    sedangkan tempat saya bekerja meminta itu segera?
    terima kasih

  53. Pak, mau nanya kalau kartu kuning dan ijazah yang sudah dilegilisir tahun 2004, apakah masih bisa berlaku untuk melamar PNS sekarang?
    terima kasih…

    • setahu saya tidak ada batasan utk tahun legalisir, tp kl kartu kuning itu bukannya mesti diupdate tiap 6 bulan ya?

      • kartu kuning yang sudah habis masa berlakunya (lebih dari 2 tahun) untuk mendapatkan yang baru apakah harus mengurus kartu baru apa cukup diperpanjang saja?
        terima kasih….

    • kayaknya dah telat ya kalo diperpanjang… yg penting kartu kuningnya, ijazah gak masalah ….
      coba aja urus lagi, paling2 suruh bikin baru…

  54. maaf pak saya tingga di jakarta , tapi saya mau melamar di luar jakarta seperti tangerang atau bekasi . jadi bikin kartu kuningnya seharus dimananya pak ,dan sarat – sarat bikin kartu kuning itu bagaimana awalnya pak ? terima kasih ……….

    • kartu kuning dibuat sesuai dengan domisili KTP, jadi kalau KTP Jakarta ya buatnya di Jakarta, dan berlaku nasional, termasuk utk melamar di Bekasi atau Tangerang. buatnya di Dinas Tenaga Kerja (tergantung KTP, misalnya kalo di Jakbar ya di Suku Dinas Tenaga Kerja Jakbar, di Perkantoran Pemda Puri Indah). syarat2 baca di atas ya…

  55. pak, kalu pengurusan kartu kuning di daerah jakarta selatan dimana pak ? terima kasih

    • di sudin tenaga kerja aja, kantor walikota Jaksel, dekat blok m atau di kecamatan setempat sesuai KTP

  56. pak saya numpang nanya kalau saya berdomisili di jakarta..
    terus mencalonkan cpns di depok bisa gak pak?
    makasih ya..saya butuh info secepatnya ya..tq pak atas infonya yg membangunn

    • bisa aja, yg penting WNI toh? memang diutamakan yg berdomisili di Depok, tapi kalo deket2 jg gpp

  57. Pak saya seorang mahaisswa sem. 2, saya sudah buat kartu kuning sewaktu lulus tahun lalu tapi masa untuk lapor diri sudah lewat dari 7 bulan. jika ingi melapor apakah terkena denda?terima kasih

  58. pak sy mau tanya apa pengurusan kartu kuning tahun sekarang diwajibkan menyertakan SKCK

  59. law ngurus kartu kuning d wilayah bogor alamatnya d mana ya….?

  60. pak mw tanya, kl bwt kartu kuning untuk wilayah jakarta selatan d mana ya??trus syarat ny apa saja?? apa dah ada persyaratan baru??kl bisa kasih rincian apa saja yg harus saya siapkan….trimakasih.

  61. maap pak nanya lg,saya sudah nikah tp ktp saya msh lum di perbarui data kl dah menikah!kl sya ngelamar cpns trus d terima setelah sk pns saya keluar br saya ganti dengan ktp yg sudah nikah gmn pak?bs gak y…

  62. mas saya mau tanya bisa ga saya buat kartu kunig tapi bawa transkrip nilai terakhir cos saya baru slesai sidang jd ijzah nya lon keluar saya mau daftar cpns untuk pendidikan D3, yang ada sekarang hanya ijzah SMA, THX MAS

  63. Pak/Mas yg baik hati..
    Saya mau tnya, apakah KIPEM jg bs dipakai utk mencari kartu kuning?
    Trims…

  64. kmaren saya ke DISNAKER surabaya, di daerah jemursari bwt bikin kartu kuning, tapi katanya untuk bikin kartu kuning ngga disana lagi, sekarang pindah ke dekatnya samsat manyar… hmmm… sebelah mana ya??

  65. pa saya baru lulus D3 surat tanda lulus blom ada, nilai yang di legalisir udh ada. bisa g pk nilai legalisirnya aja ?????? saya perlu bangaet kartu kuning buat bulan sekarang.

  66. mohon bantuannya,
    apakah bisa pembuatan kartu kuning diwakilkan
    oleh orang tua?

  67. saya mau tanya saya ini pelaut trus punya ijasah laut.apa pada saat saya mau bikin kartu kuning saya akan lampirkan ijasah yang mana ijasah laut atau ijasah sma?

  68. pada bego yah nanyanya……..
    beramal dari hongkong itu namanya ngajarin suap bego……

  69. Pak, mau nanya kalau kartu kuning hilang gmn ngurusnya??

  70. @max: ijazah pelaut
    @adri: agak ribet, mending bikin baru aja..

    terimakasih
    http://www.banyakuang.com (bisnis mudah di internet)

  71. ternyata pembuatan kartu kuning di bandung sangat mudah dan cepat…kita tinggal membawa fc ijazah dan photo 3×4 sebanyak 2 lembar..jadi deh..

    Bolehngeblog

  72. Pak saya sedang mengurus SKCK, setelah mengurus dari kelurahan saya harus ke polres atau kepolsek mana?
    Domosili saya di desa pabuaran (citayam).

  73. terimakasih atas informasinya,
    senang sekali bisa tahu cara mengurus kartu kuning…

    kalo sempat, mampirlah d blog kami yg menyediakan kliping berita dan update seputar penerimaan cpns

    salam

  74. Thanks kawan, infonya membantu.

  75. mau nanya,, saya kan baru pindah KK dari palembang ke bandung tapi KTP barunya belum di urus.. bisa gak ngrus kastu kuning tanpa KTP dulu soalnya ada yg bilang syarat KTP bisa menyusul..
    mohon dibalas y

  76. Gan, tolong donk mnta kunci jawaban Kumpulan Soal Ujian CPNSnya……..!!!!!!!!!!
    itung-itung bwt belajar Gan, makasih atas bantuannya ya, moga ALLAH membalasnya.
    Aq tunggu ya Gan….???

  77. maaf lupa Gan, nih email saya, wahyudi_itunamaku@yahoo.com
    Aq tunggu y……..

  78. mau tanya kalo mengurus ijasah hilang gmn caranya

  79. skrg saya tinggal di bogor,dan saya g py ktp bogor bisa ga lo saya bikin kartu kuning di bogor dgn mnggunakan ktp kota asal saya….???trima kasih

  80. saya mau tanya klo ijazah saya yg di legalisir tdk ada,tapi klo asli’a ada,,
    bisa ga di proses..
    mohon jawabanya !!!

  81. sya sdh pny kartu kuning th 2007,,tp ga sya perpanjang smp skr,,apa sya harus bwt yg baru lg atw hnya diperpanjang aja ..

  82. kalau mau buat kartu kuning di depok,,,dimana yahh??? butuh info nihh…

  83. Kalau mau buat kartu kuning di jakarta,dimana yahh??? btuh info secepat nya… thq

  84. kalau mengurus kartu kuning ,harus ijazah sd s/d sma y????

  85. mohon bantuan nya, alamat untuk buat kartu kuning di jakarta dmna ya pa???

  86. pak.. alamat depnaker Tangerang dimana ya?

  87. Menurut pengalaman teman saya sewaktu pemberkasan kok foto copy ijazah pake legalisir ya pak…..?

  88. ass,,
    sya mw nnya,, bisa gg buat kartu kuning tp sya lum ad ijazah.a ..?
    Sya msh nunggu in pengumuman lulus”an ??? Sya ank SMK ..

  89. Bwt kartu kuning pake skhu boleh ga? Soalnya ijazahnya belum keluar,, kalo bwt skck perlu ijazah jg ga?

  90. bwt kartu kuning pake skhu boleh ga ? soalnya ijazahnya blum keluar …???

  91. SALAM… APAKAH SKCK YANG SUDAH TELAT 1 BULAN LALU MASIH BISA DIPERPANJANG LAGI?? ATAUKAH HARUS BUAT BARU LAGI?? TRIMS.

  92. saya mau bertanya: apakah yg tidak punya transkip atau yg ber ijazah paket C
    bisa membuat kartu kuning? balas kilat. . terima kasih. .

  93. beramal 10-50ribu? nyogok maksudnya? dari ngurus kartu kuning sampe jadi pns penuh dengan sogokan ya, gimana ngga korupsi sesudah jadi pns nya…kacau

  94. cara mengurus skhu smp yang hilang gmn?

  95. klo ijasah n transkip blm turun gmn??

  96. pak mau tanya alamat depnaker di kota tangerang selatan dimna ya…

  97. pak say mau tnya……… kalau kartu kuning ituu kegunaannya untuk apa sja.?

  98. [...] Mengurus Kartu Kuning [...]

  99. ass,,, saya ingin mengrus kartu kuning dsurabaya tapi Domisili sya jombang,,, bgaimana crax

  100. mw tnya. . .kalo blum ada ijazah baru cuma SKL
    bisa ngga bkin krtu kuning. .
    balas..thnks. .

  101. berarti kalo di bekasi cukup datang ke kantor walikota bekasi aja ya Pak? trims

  102. Kalau perpanjang kartu kuning pakai KTP sementara bisa ga?? Soalny KTP sy lg diperpanjang, lama prosesnya sedangkan pendaftran CPNS seminggu lg.. Tolong dijawab yah. Mksi

  103. Apakah sekr masih berlaku klo buat kartu kuning harus ke daerah sesuai KTP? Terimakasih jawabannya

  104. GILA AJA LO 50rb MAU NAIK HAJI LO PAKE UANG HARAM TUH KEPARAT PEMDA

  105. Terima kasih ;) ;) ;) \=D/ \=D/

  106. Mohon info nya admin ngurus SKCK ke polres itu klo misalnya saya dari sumatera utara tp sudah masuk kabupaten deli serdang apakah saya ngurus nya bisa di polresta medan ???

  107. Apakah ngurus (membuat) Kartu Kuning itu bisa diwakilkan ? (Tidak diurus sendiri) ? dan apaqkah diperlukan Surat Pengantar dari Kelurahan ? Mohon tanggapasnnya.

  108. ass, mau tanya klo saya mau kerja di kalimantan itu persaratanya kartu kuning saja ya? soalnya saya dsuruh bwt kartu kuning saja. dan untuk depnaker dijakarta dmn ya mas? persayaratanya hanya di atas itu saja kan…thanks

  109. kalo untk pengurusan kartu kuning yang expired lebih dari 2 tahun gimana ya!

  110. terima kasih infonya, sebagai cpns saya merasa terbantukan

  111. kalo di kabupaten bekasi harus kemana ya ngurus kartu kuningnya?

  112. selamat malam saya mau nanya andaikan saya pny ktp kabupaten bekasi namun pendaftaran cpns diluar bekasi bagaimana caranya? apakah tetap buat kartu kuning di bekasi? terima kasih. mhn bantuan bapak / ibu.

  113. ijazah sd,smp sm sma sy ilang…msh bisa gak ya ngurus KarKun?

  114. Kalau mau buat kartu kuning tangsel dimana yaa?? terima kasih

  115. kantor depnaker kota medan sumatera utara dimana y?

  116. transkrip nilai itu maksudnya gimana ya?

  117. kalo pas pemberkasan SKHU SD apakah wajib juga disertakan? soalnya punya saya hilang SKHU SD nya…

  118. saya lulusan tahun 2012 dari jawa tengah tpi saya blum mempunyai kartu kuning..bsa ngk ya saya buat di tangerang ..dan apa syaratny mohon blasanny.mksih

  119. Ribet banget buat kartu kuning , sebetulnya kan cukup pakai ijazah terakhir saja lebih efisien dan tidak berbelit2 , kalau untuk urus ijazah yg hilang dan harus ke sekolah masing2 kan harus meluangkan waktu khusus , dan arahnya kok seperti sengaja di buat ribet , dan berbelit2 , KAPAN NEGARA INI BISA MAJU kalau segala sesuatu nya di buat ribet.

  120. Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, betul dengan yang di kata’kan mas D bahwa dulunya saya ini juga cuma seorang Honorer di sekolah dasar manado, Sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, dan membayar 40 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no tlp Bpk DJOKO SUTRISNO yang bekerja di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan juga mengurusnya untuk kenaikan golongan, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudia saya sudah ada panggilan kejakarta untuk ujian, alhamdulillah SK saya akhirnya keluar, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya Hubungi saja Bpk Dr.Drs.Djoko sutrisno,Msi no hp beliau yang s’lalu aktif 0823-2067-3456 terima kasih

  121. mas mau nanya klo semisal asli saya orang Tuban truz ngurus kartunya di Disnaker Gresik bisa gk ya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 66 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: