Mengurus SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian dahulunya disebut dengan SKKB (Surat Keterangan Kelakuan Baik), merupakan surat yang berisi keterangan bahwa kita punya/tidak punya catatan kriminal atau pernah berurusan dengan Kepolisian. Surat ini diperlukan untuk melamar kerja dan hal-hal lain yang memerlukan keterangan kepolisian. Apalagi untuk melamar sebagai PNS, sudah barang tentu diperlukan untuk melihat apakah yang bersangkutan memiliki track record di Kepolisian atau tidak.

Syarat:

1. KTP asli (diperlihatkan) dan fotokopinya, serta

2. Surat pengantar dari RT/RW yang dilanjutkan dengan surat keterangan oleh Kelurahan dan disahkan di Kecamatan

3. Pas Foto 4×6 2 lembar

Tempat Mengurus:

1. Polsek (Kepolisian Sektor, setingkat Kecamatan) sesuai dengan domisili KTP

2. Polres (Kepolisian Resor, setingkat Kabupaten/Kota) sesuai dengan domisili KTP

Namun demikian demi kenyamanan dalam melamar jadi PNS, sebaiknya mengurus di tingkat Polres, karena kedudukannya lebih kuat daripada Polsek, di samping itu beberapa instansi cenderung mensyaratkan SKCK di tingkat Polres.

Biaya

Kurang lebih Rp. 10.000 – 20.000 untuk biaya administrasi dan Rp. 15.000 – 20.000 untuk cap jempol, tergantung kebijakan di masing-masing Polsek/Polres.

Catatan:

Jangan lupa legalisir, sejumlah yang diperlukan untuk melamar (paling tidak 10 buah untuk melamar ke 10 instansi).

82 Tanggapan

  1. Mau tanya nich pak,
    Apakah SKCK itu harus pakai pengantar dari kelurahan??
    apa tidak boleh langsung ke polsek atau polres??

    Thanks
    (tita)

    • iya, dan utk dapet surat pengantar kelurahan juga harus dilampiri surat pengantar dari RT dan RW, begitulah prosedurnya

  2. Mw tnya pak,
    klo pngurusn kartu kuning dan SKCK blh dwakilkan tdk?

    • tidak boleh, terutama SKCK, karena harus cap jari jempol asli (tidak bisa diwakilkan) dan ada yang harus ditanda tangan sendiri.

  3. Mau tanya Pak
    SKCK saya di jakarta sesuai dengan KTP,apakah saya bisa ikut tes PNS di daerah Tangerang?

    • sudah sy email ya… SKCK sesuai dengan KTP, dan KTP DKI bisa koq buat ikut tes di Jabodetabek, saya dulu juga pake KTP DKI buat tes di Jawa Barat

  4. pak pasfotonya boleh berwarna ga?
    trus itu bener cuma 2 lembar?kok ada yg bilang sampe 7 yah?makasi

    • jaman saya sih masih 2 lembar, tapi mungkin akhir2 ini karena isu terorisme dll, bisa jadi nambah 7 lembar. yg penting siapkan aja banyak2, biar gak balik lagi. kalo bisa sih item putih aja, soale ada juga polres yg gak mau nerima yg berwarna

  5. pak maaf mo tanya? kalo misalna saya domisili di jogja, tapi KTP saya dari semarang,, apakah saya bisa membuat SKCK dijogja gak ya pak…? matur thank you

  6. Saya mau tanya pak, Kebetulan saya sudah pernah membuat SKCK di tingkat POLRES sesuai domisili KTP saya, dan saat ini masa berlakunya sudah habis. Kira-kira untuk membuat atau memperpanjang lagi apakah prosedurnya sama seperti membuat yang baru? atau bagaimana? Terimakasih.

    • kalo perpanjang cukup bawa KTP sama SKCK lama, tapi kalo bisa jangan2 lama setelah masa berlaku habis, karena kalo kelamaan (lebih dari sebulan) Anda dianggap membuat SKCK baru lagi dengan prosedur sama dengan membuat baru.

  7. Pengalaman pembuatan SKCK di Polres Jakarta Utara, persyaratan sama + Kartu Keluarga, hanya saja foto yang dibutuhkan 4×6 sebanyak 4 Lembar. (2 lembar untuk bagian administrasi dan 2 Lembar untuk Bagian Sidik Jari )

  8. jadinya berapa hari sih ? apa langsung jadi ?

    • langsung jadi di tempat, selama persyaratan lengkap, kalo gak lengkap ya dilengkapi dulu biar gak bolak balik

  9. Saya mo tanya ni pak,
    saya tinggal d medan. tpat ny kecamatan medan amplas. tp ad kntr polis dkat rumh, tp kcamatan medan kota pa bisa saya urus skck ny. dan brp lma jngka wktu ny? apa untuk seumur hdup skck yg qt miliki.

    • ngurus SKCK sesuai dengan KTP, jadi walaupun dekat kalo beda kecamatan gak bisa. atau kalo mo aman diurus ke Polresta aja. jangka waktu SKCK 3 bulan dan diperpanjang setiap 3 bulan, dan tidak berlaku bila melakukan tindakan kriminal atau sudah habis masa berlakunya

  10. Pak mo tanya nich, saya sudah buat kartu kuning dan SKCk sesuai kpt saya di lamongan….sedangkan saya saat ini pindah kerja ke tangerang. boleh gak pak saya perpanjang SKCK disini tapi rekomendasi SKCK dari alamat saya yang dulu….

    • selama SKCK yang lama masih berlaku, coba saja diurus disini, tapi dilampiri KIPEM atau kartu penduduk sementara disamping KTP asli

  11. pak,kalo diminta ‘police certificate from all places lived since age 16’…apa sama dengan SKCK? gimana ngurusnya tuh? hingga sma saya di padang, lalu kuliah di bogor, sempat kerja di jakarta (6 bln), lalu pindah kerja ke jepara (6 bln), pindah kerja ke semarang (1th), lalu saya kembali & tinggal di padang.
    sementara selama itu,saya tetap menggunakan KTP padang.

    • wah, saya juga baru denger tuh, untuk apa ya? coba cek aja ke Polres/Poltabes apakah sama dengan SKCK in English

  12. Pak, kalo posisi di luar negeri, terus meu bikin SKCK, apa harus balik ke Indonesia? Soalnya posisi jauh, di Amrik. Apa bisa minta biro jasa urusin saja, tanpa harus balik ke Indo>

    • lho, anda tesnya dimana? gak mungkin di LN kan? lagipula SKCk berdasarkan KTP setempat, dan harus datang sendiri karena ada sidik jari dan tandatangan, jadi gak bisa lewat biro jasa

  13. pak mo tanya kalo mau bikin skck dsini tp ktp jawa tengah tegal, bisa ga pa buat skck nya disni??

    • SKCK dikeluarkan sesuai KTP, jadi kalo di Tegal ya harus bikin di Tegal, kecuali kalau ada keterangan domisili, bisa dicoba tanyakan ke Polsek setempat

  14. Mau tanya, saya baru pindah domisili Surabaya, jadi ktp sudah Sby, tapi ada skck Jogja/tempat sebelum pindah yang masih berlaku. Sekarang butuh skck asli untuk pendaftaran s2, apakah harus buat baru atau bisa perpanjang walaupun beda polsek? (Karena skcknya belum expired)
    Danke

    • waktu daftar S2 pake KTP mana? kalo KTP Sby ya sebaiknya SKCKnya Sby juga. tapi coba tes aja, masukin berkas SKCK lama ke berkas. kalo gak disuruh perbaiki atau ganti, lanjutkan saja…

  15. Daftarnya pake ktp surabaya, sedangkan skck yg lama kan dari polsek di jogja.
    Yang membingungkan apa saya harus bikin skck baru di sby? Atau bisa perpanjang skck yg lama (yg asli udah dipakai untuk pindah domisili) walaupun beda daerah (perpanjangnya di Sby).
    Thks

  16. Saya Punya SKCK buatnya di Ciamis, Trus sekarang tinggal di Bandung..Saya mau memperpanjang di BAndung bisa ga ya?

  17. Maaf pak saya mau tanya.
    SKCK saya masa berlakunya sudah habis tapi saya ingin perpanjang lagi masih bisa diperpanjang lagi nggak ya,??
    Trim’s

    • bisa, dan segera setelah abis langsung diurus aja, jangan terlalu lama karena harus mengulangi prosedur awal

  18. saya kebetulan sedang ditugaskan di PADANG,,KTP saya di Batang JAWA TENGAH,,apa ada cara lain untuk ngurus SKCK yg tidak perlu balik ke Jawa dulu?saat ini sedang butuh SKCK..

    • coba tanya saja langsung ke Polsek atau Polres setempat, sebab biasanya memang harus sesuai domisili ya….

  19. Pak, pertanyaan saya sama totto, saya aslinya dari batam, tapi sudah bekerja dan tinggal di Bali selama 3 tahun, tapi belum pindah KTP. Apakah bisa membuat SKCK di polres Bali (dgn melampirkan surat dari kantor tempat kerja, lurah, rt/rw) ? kalau bisa, dan apa itu dianggap sah ketika digunakan untuk seleksi administrasi CPNS ?

    • mungkin pakai surat keterangan domisili aja, coba tanyakan langsung ke Polsek atau Polres setempat sesuai domisili

  20. pak mau tanya, skck hrs pk surat pengantar dar rt / lurah ya? klo keduanya gmmn proseduralnya?

    • iya, tinggal minta ke RT surat pengantar, lalu bawa ke RW, trus bawa lagi ke kelurahan, baru ke polsek/polres

  21. Selamat pagi, pak saya mau menanyakan, apakah bisa buat skck dengan kipem?

  22. pak saya mau nanya..KTP saya pekalongan tapi saya mau perpanjang SKCK di jakarta barat bisa tidak?? tq b4

  23. Pak mw tanya kalo mw perpanjang SKCK dan Kartu Kuning haruz pake surat pengantar yaa??
    saya tinggal di bekasi, kecamatan rawalumbu, kab Bekasi timur..
    saya urus nya dimana??
    Polres / Polsek???

  24. mau tanya nih…
    Saya niatnya ngurus KIPEM. Kmrin udh dr rt/rw, kelurahan, trus tdi hbs dr kecamatan. Sya disuruh nunggu 3 hari lagi…
    Pikir sya, dasar malas pegawainya,cuma ngetik kertas seukuran KTP aja smp 3 hari..

    Trus,td iseng mbaca nota administrasi…kok disitu tulisannya sya bayar utk Surat Keterangan Tinggal Sementara (SKTS).

    Nah, apa skts ini sama dg kipem? Apa itu 2 nama yg mengacu pd 1 benda?
    Thx. Mohon pencerahan..

  25. Pak mau nanya, sy pernah ngurus SKCK tahun 2007 tp sy sekarang mau ngurus lagi, apakah harus ada pengantar dari RT/RW jg y pak…

  26. Tengs infox Booz…

  27. mw tanya kalo buatnya dipolres apa perlu pake surat dr polsek?????

  28. mw tanya kalo buatnya dipolres apa prlu kepolsek???

  29. sya bnr2 nge blank tentang cpns. sya mau ikut tp gak tau harus di mulai drmn???? tlg bantu sya ya. krm lwt email saja ya mas. thanks

  30. semua itu riiiiibet Pak….USUL sebaiknya SKCK di buatkan id-card se macam KTP, yang mana tiap 3-5 tahun sekali diwajibkan wajib lapor ke polres.

  31. pak mau nanya kalo kita udah byar 15 rb untuk sidik jari ngabil skcknya kita harus bayar lagi 20 rb???

  32. Pak, saya mau tanya, saya skrg dikanada menunggu Permanent Resident saya keluar, tapi kedutaan Kanada minta SKCK yang baru karena yang lama sudah expired, apa SKCK saya bisa diperpanjang n diwakilkan, krna tdk mgkn saya plg keIndo, memkn biaya dan waktu, mohon sarannya pak, Thanx.

  33. pak, mau tanya…
    masa berlaku skck sudah habis 1 tahun, caranya untuk memperpanjang bgmana?
    tapi skck yang asli udah di ambil, saat mendaftar…

    yang ada hanya foto copyannya saja…

    trima kasih….

  34. mau tanya ni.. Apakah boleh,fotonya berjilbab??

  35. pak sy mau tanya ,
    sya mau memperpanjang skck, tp sya tidak bisa pulang ,bagaimana pak??

  36. pak mau nanya…apakah kalau urus skck perlu di lamoir kan izasah terakhir…thaks

  37. pak, mau daftar s2 kan harus melampirkan skkb, apa iya harus sampai polres? sampai di polsek apa sudah boleh? terus, apa perlu pake pengantar dan ramil segala?

  38. pa…ktp saya salah apakah untuk mendaptakn skck harus di perbaiki dulu atau bagaimana? apa bisa saya gunakan ktp tersebut……terimakasih.

  39. wah masa baru abis sebulan udh disuruh bikin baru sh? kekny gk secepet itu jg deh

  40. Pak aku mau tanya nih, aku pernah melapor di kantor polisi dengan kasus pemukulan lalu sebulan emudian aku mau urus skck bisa ngak aku dapat skck dari polres??? Terimakasi

  41. Mau tanya pak, saya semenjak masa berlaku SKCK habis sampai skrg blm diperpanjang.
    Seandainya saya perpanjang skrg bisa ga pak? Apa saya kena sanksi?

  42. masa berlakunya berapa lama pak?

  43. Maaf pa untuk membuat SKCK apkah ada tes nya?
    Klo ada apa aja tes nya?

  44. Saya mau nanya pak:
    bisa ngak pak ngurus skck kalau sudah perna terkasus
    dan masih dikeluarkan ngak pak.
    Mohon jawapanya pak tenks.

  45. Pak mau na.a lw mau bikin skck qt pErgi k’Kpolri atau k’Kpolsek apa harus 22.a qt pergi N apa kach sama skck dengan kkb.

  46. maw tanya ne pak gimana cara memperpanjang SKCK kalo saya berada di luar negeri terima kasi

  47. aku dulu pernah ada SKCK tapi ngurusnya di Medan tp udah expired, skrg saya tinggal di Jakarta, bagaimana proses perpanjangan SKCK nya? apa bisa di Jakarta?

  48. Boleh gak sih..bikin sKCK baru langsung di Polres bukan di Polsek

  49. berapa lama iya pak ,,membuat SKCK nya?
    sampai berapa bulan gk pak

  50. Kalau mau urus SKCK domisili tangsel , alamat polres nya dimana yaa?? Terima kasih

  51. pak,skrg kan udah jamannya e-ktp.denger2 skrg buat skck gak mesti berdasarkan domisili ya pak??contohnya saya asli medan,tapi saya mau buat skck di bekasi,,apakah bisa pak???

    • Sy belum tahu persis ya, tp silakan dicoba saja. Tp yg jelas e-ktp nya hrs diaktivasi dl di daerah asal. Yg kedua apakah dinas di bekasi sdh online bln dgn sistem e-ktp? Soale kan perlu validasi dl

  52. apakah bisa memlerpanjang SKCK tapi tidak di Polres asli domisili.
    Misal perantauan ke Jakarta, apakah bisa mengurus perpanjangan di Kota Perantauan?

  53. pak skck saya sudah lama habis masa berlakunya sekitar 6 tahun, apa masih bisa perpanjang?

  54. Pak, saya mau tanya, 2 tahun alalu saya pernah ngurus SKCK di padang, untuk student visa ke new zealand.. tapi akhir bulan ini expire, dan butuh yang baru untuk ngurus visa lagi.. Kalo skrg saya di new zealand, gimana cara ngurus perpanjangannya ya pak? soalnya kayaknya copy an nya juga udah ngga ada..

  55. Apakah e-KTP sumut bisa utk ngurus SKCK d jak-utara pak. Mhon ptunjuk’a pak

  56. saya mau tanya pak, saya habis perpanjang skck. tp ternyata alamatnya masih alamat ktp yg dulu waktu saya pertama bikin skck. alamatnya msh satu kabupaten, yg beda hanya nama kampung sama kecamatannya. apa harus ganti lg yg baru atau minta d ganti alamatnya saja? terima kasih

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 66 pengikut lainnya.

