Tips Tes Wawancara

Setelah lulus seleksi administrasi dan seleksi tertulis (baik TPA dan/atau Psikotes), berikutnya adalah seleksi wawancara. Sepengetahuan saya, bila sudah sampai tahap ini, kemungkinan lolos cukup besar (paling tidak 1:3 – 1:5), artinya satu lowongan diperebutkan tiga sampai lima orang, dibandingkan tes tertulis yang bisa mencapai 1:30 – 1:5o. Biasanya pertanyaan wawancara kemungkinan besar adalah:

1. pribadi

kita akan ditanya sejauh mana mengenai diri kita, keluarga, lingkungan, pergaulan, dan sebagainya. Biasanya penanya akan melihat sejauh mana keluarga dan lingkungan bakal mendukung karir dan kinerja kita nantinya. Artinya untuk memuluskan jalan menjadi PNS, keluarga dan lingkungan harus mendukung, misalnya tidak terkait dengan jaringan terorisme/fundamentalis, dan sebagainya. Demikian juga dengan organisasi yang diikuti, apakah terkait dengan Parpol tertentu atau tidak, karena bila sudah menjadi CPNS, wajib mengundurkan diri dari keanggotaan Parpol. Oleh karena itu jawablah sesuai dengan norma-norma yang berlaku dan tidak melanggar aturan kepegawaian (lihat UU PNS).

2. motivasi jadi PNS

pertanyaan ini penting, karena menyangkut motivasi bekerja nantinya. Keinginan apa sih yang mendasari Anda ingin menjadi PNS? apakah karena gajinya tetap, dapat pensiun, ingin mengabdi negara, dan sebagainya. Kemudian dengan gaji standar yang telah ditetapkan pemerintah (yang ini gak bisa ditawar-tawar lagi), apakah sanggup untuk bertahan tanpa harus korupsi? Selain itu bersediakah ditempatkan di seluruh Indonesia, karena pada saat pemberkasan nanti, ada salah satu surat pernyataan bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia. Tetapi kita juga boleh memberikan opini di lokasi mana tempat yang kita inginkan, tetapi jangan memaksakan kehendak, karena dapat memancing calo-calo CPNS bergentayangan menawari lokasi yang kita inginkan dengan imbalan tertentu. Kalau ketemu yang beginian, hindari dengan bahasa diplomatis, misalnya, maaf pak, saya hanya ingin mengabdi negara, kalau harus bayar, gimana mengembalikannya? Lebih baik pasrahkan saja kepada yang diAtas.

3. Pertanyaan teknis sesuai dengan formasi

Pertanyaan dimaksudkan untuk menggali kemampuan verbal dan materi dalam menjelaskan hal-hal teknis sesuai dengan formasi yang dilamar. Misalnya untuk posisi perencana kota, bagaimana visi kita terhadap pembangunan kota di masa depan supaya tidak semrawut? Kemudian ditanya juga sedikit tentang tugas akhir yang kita kerjakan sebelum lulus.

4. Pertanyaan lain-lain

Ini biasanya menyangkut wawasan dan pengetahuan umum yang kita miliki, oleh karena itu baiknya rajin-rajin baca koran dan perhatikan isu-isu terkini (misalnya harga minyak bumi bagi yang melamar di Dep ESDM), agar terkesan kita tidak ketinggalan jaman.

Kesimpulan supaya lulus tes wawancara, jawablah apa adanya sesuai dengan kemampuan kita, tetapi tetap memerhatikan aturan yang berlaku. Jangan memaksakan diri, misalnya katakanlah, tidak akan keluar dari parpol bila telah menjadi PNS. Hal itu dapat mengurangi nilai dan memberi kesempatan kepada yang lain untuk lulus. Termasuk juga masalah gaji jangan sekali-kali diperdebatkan, karena memang sudah ada aturan baku (Peraturan Pemerintah), jadi kalau gak mau digaji segitu, ya sudah cari pekerjaan lain saja.

About these ads

101 Tanggapan

  1. betiful tips dan bijaksana salut buat dizzman

  2. trims, tapi itu cuma based on my experience, gak tau ya kalo yang lain, he3x….
    semoga bermanfaat deh

  3. Thx 4 the tips.. Kebetulan besok tes wawancara PNS niy, kansnya 1:5. Doain yah lulus. langsung dipraktekin nih tipsnya. G%dluck 4 me, thx 4 dizzman.

  4. didoain selalu buat pembaca blog ini. semoga lulus ya, dan kalo g lulus memang sudah ditakdirkan Tuhan, karena wawancara memang bersifat subyektif sih. keep praying dan trust yourself

  5. interviem memang sifatnya subyektif bangetdan tergantung dr mood yang mewawancarai.

    secara umum memang pertanyaan2 yang diajukan spt yang ada diartikel di atas, tetapi tidak menutup kemungkinan justru sangat berbeda dari yang di atas.

    gue waktu wawancara cpns justru malah menjadi sebuah diskusi antara gue dengan yang mewawancarai soal policy2 dan regulasi2 plus disertai dengan sedikit mengenai soal teknis dr bidang yang dibawahi oleh departemen tsb.

    wawancara model gini bisa jadi bumerang buat kita kalo kita gak menguasai policy2 dan regulasi2 yang sudah dikeluarkan oleh departemen tsb. tetapi kalo kita menguasai dan mampu menganalisanya dari berbagai sudut pandang, so wawancara model begini bisa menjadi sebuah etalase yang sangat bagus untuk menjual diri kita.

    Alhamdulillah sebelumnya saya sudah banyak membaca di media massa (koran, internet, dll) mengenai hal2 tsb shg saya bisa dengan lancar menjawab semua pertanyaan2 si pewawancara dan mampu mengeluarkan analisa2 pribadi saya atas hal tsb ( permasalahan ) yang diajukan pewawancara.

    dan Alhamdulillah kemudian saya diterima sbg cpns di dept. ini.

    so, menguasai materi dari pekerjaan yang akan menjadi tanggung jawab kita nantinya sangat penting.

    selain itu ketenangan juga sangat penting dalam menjalani tahap wawancara, jangan sampe grogi atau malah terlihat ketakutan.

    tips saya dalam menghadapi wawancara (khususnya untuk yang muslim) :

    1. jangan lupa menjalankan sholat 5 waktu dan berdo’a
    2. jangan lupa sholat tahajjud
    3. jangan lupa sholat dhuha
    4. baca istigfar minimal 100 kali dalam 1 hari
    5. baca surat al fatihah, al falaq, an nas dan al ikhlas setiap hari terutama menjelang hari H.

  6. trims atas tambahan infonya, semoga bermanfaat. dan kami ucapkan juga selamat bergabung menjadi CPNS, semoga tidak mengikuti jejak senior yang sudah kadung basah, he3x….

  7. Halo, aku tahun ini ikut ujian cpns depkeu. mo tanya dong pas wawancara pakai bhs inggris gak?.
    trus terang takut juga soalnya jarang praktekin bhs inggris :-(

  8. saya juga belum denger kabar sih, tapi siap-siap aja mbak. Yang penting menguasai materi wawancara, kalo sulit menjawab in English, sampaikan sejujurnya kepada pewawancara. itu lebih baik daripada memaksakan diri menjawab dan salah lagi jawabannya.

  9. trims banget tipsnya.. mudah2an aku bisa ngejalaninnnya…. hmm,,deg2an euy….

  10. sama2, keep cool, n jawab dengan tenang dan tidak ragu2

  11. Kalau untuk wawancara dalam rangka ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijasah (PI) gimana?

  12. jawaban via email ya

  13. hallo mas, mau tanya dong..
    kalo wawancara kemampuan teknis itu apa sih? dan mau tau juga pekerjaan junior administrasi analis apa sih?
    mohon info nya

  14. wawancara seputar keahlian Anda di bidang yg dilamar, tapi juga jarang ditanyain koq, malah pertanyaannya kadang aneh2x, he3x…
    kalo junior adminstrasi biasanya sih mengerjakan pekerjaan administrasi, spt surat menyurat, pengarsipan surat, penomoran, dsb.

  15. mas minta tips saat tes psikotes dan wawancara dunk, terus berapa gaji gol 3a di sekretariat negara yak?
    Takutnya gajinya lebih kecil dari tempat kerja sekarang…
    terima kasih

    • tipsnya: rileks, jangan panik, jawab apa adanya, gak perlu dibuat2…. gol 3a semua sama, yang beda hanya tunjangannya, sekitar 1,7 jt an lah. plus2nya bisa 1-3 jt per bulan, tergantung kebijakan instansi

  16. hallo mas, salam kenal…
    saya mau tanya kalau sebagai auditor teknik di lingkungan departemen itu fungsinya sama atau tidak ya dengan auditor yang memiliki background akuntansi…
    trus, kira2 prospek kedepannya gimana ya mas..
    terima kasih …

    • hampir sama sih, tapi lebih fokus kepada audit sistem dan kelayakan perangkat, sementara kalo dari akuntansi lebih kepada sistem pelaporan keuangan. prospek tergantung Anda bisa bergaul di lingkungan atau tidak, yang penting silaturahmi kalau jadi PNS utk memperlancar karir kita

  17. Thanks bro infonya…
    saya mau wawancara nih antara tanggal 4 dan tanggal 5 nov 2009 di BPOM… doain yah.. hehehe

  18. Pagi Pak
    Saya baru nih. Mau tanya donk klo di wawancara di SETNEG untuk jabatan paranata komputer (D3) yang bakal dibahas apa saja ya? trus gaji sebagai paranata komputer lulusan D3 di SETNEG berapa ya?

    • coba lihat komen mas tri mulyanto di seputar CPNS, saya kira gak jauh2 dari situ ya, soale saya sendiri bukan pembuat soal, jadi gak bisa mengira-ngira. yg penting motivasi anda dan kesediaan anda utk ditempatkan dimana saja itu penting. gaji D3 lihat aja di PP 8 tahun 2009 gol IIc. (sekitar 1,4 jt dipotong 20%)

  19. O iya pak belum kenalan ya (^^). Nama saya Dani 24 tahun asal bandung. sekarang gi kerja di perusahaan swasta Jepang di Cikarang. Mo minta saran donk pak. Bingung banget nih. sekarang nih ada dua kesempatan nih pak. Kerja di Telkomsel atau di Setneg (Pranata Komputer). Sebaiknya pilih yang mana ya pak? jadi PNS atau karyawan Telkomsel? Ditunggu sarannya ya pak.

    • kalau lihat gaji ya mendingan di Telkomsel kali ya. Cuma kalau pingin agak santai, bebas waktu, dekat dengan istana, bersilaturahmi dengan pejabat negara, ada pensiun, susah dipecat, ya jadi PNS lah, dengan resiko gaji awal kecil.

  20. Eheheheeh satu lagi pak. Gaji Pranata komputer di Setneg untuk D3 plus tunjangan per bulannya brp ya?

    • lihat PP 8/2009 ttg gaji pokok PNS, sekitar 1,4 jt kurangi 20% kalo masih CPNS. tunjangan prakom sekitar 150rb-2jt (tergantung golongan, kalo masih baru ya sekitar 150rb an lah, itupun kalo sudah jadi PNS). plus lain2 bisa 2-3jt lah per bulan

  21. Mas,mau tanya kalo kerja diperusahaan perkebunan,staf hrd bagian industrial relation,gajinya brp yah?bsk saya psikotes lgsg wawancara.nah,mohon tips donk untuk pekerjaan spt itu,apa aja yg jobdes nya?

    Regards,

    • wah saya gak tahu ya, karena BUMN apalagi swasta murni punya standar sendiri masalah gaji. mungkin lebih kepada menyiapkan SDM yg mampu dan memahami hubungan industrial, baik antara buruh dan manajemen, manajemen dan konsumen, dsb..

  22. Mas dizzman, pembahasannya menarik bgt, saya ini salah satu dr bnyk orang yg sering gagal di test wawancara akhir, baik itu untuk lowongan bumn, ataupun swasta, tp klo untuk Cpns, baru nyoba sabtu ini neh,
    Sy minta pndapat, apakah dengan menyebutkan pengalaman bekerja akan memberikan nilai tambah atau malah justru akan menjadikan bumerang bagi saya, krn ad praturan tdk trkait dgn instansi lainnya waktu di pengumuman awal.
    Dan jika saya msh bekrja saat ini, apakah hal tsb menjadi masalah?
    Mohon penerangannya,

    • pengalaman, apalagi terkait dengan bidang pekerjaan yg kita lamar (tapi di swasta lho ya, atau jadi honorer di instansi) termasuk nilai tambah, dan tidak masalah kalau anda masih bekerja, yg penting adalah komitmen, apabila diterima nanti akan mengundurkan diri dari tempat bekerja sekarang. memang tidak boleh CPNS/PNS melamar di instansi lain, kecuali diizinkan atau dibolehkan utk mutasi

  23. Assalam Bapak..
    Tips dan tanya jawabnya sangat bermanfaat Pak..
    pak, kalau wawancara CPNS ditanya berapa % keyakinan kamu diterima, jawaban yang baik seperti apa Pak?
    Trimakasih atas bantuannya..

    • anda harus yakin donk, 100% diterima, tapi semuanya saya serahkan kepada Tuhan, karena Dialah yang menentukan segalanya. gitu aja jawabnya. keyakinan juga dinilai lho, kalo gak yakin nanti direbut orang yang yakin…

  24. mas, kasih infonya donk… bsk q mau tes wawancara di departemen energi. thanks ya sebelumnya…..

    • saya kira gak jauh dari tips di atas ya, yg penting tenang, jawab apa adanya, serahkan pada Tuhan YME, pasrahkan, jangan berfikir lulus atau tidak. easy going aja… perluas wawasan di bidang ESDM, seperti krisis minyak, krisis listrik, krisis energi, dsb…

  25. mas,,,saya mau tanya,,,besok saya ada wawancara di dpekominfo,,,kira2 yg ditanya apa aja yah, soalnya 1:5 nie,,,,saya ngelamar di bagian penataan barang milik negara,,,terus terang saya blm tahu jobdesc-nya apa aja,,,thx

    • bagian penataan barang lebih kepada pengelolaan aset negara, jadi Anda akan ditugaskan mengurus aset yang dimiliki khususnya Depkominfo, bisa gedung, meja, komputer, dsb…

  26. mkci infoy…. mas saya mo naya bsk saya juga wawancara di depkominfo juga tapi u/ bagian Asist.Apoteker… trus apa ya jobdesy? trus emang klo departemen non kesehatan juga butuh tenaga kesehatan juga?…

    • mereka juga butuh lo, karena ada beberapa bagian yang mengurusi masalah kesehatan karyawannya. jadi utk bagian asisten apoteker di Depkominfo bisa ditempatkan di klinik atau bagian kesehatan Depkominfo.

  27. mas minggu depan saya mau tes wawancara di depnakertrans.. jujur saya gak ngerti apa2 tentang departemen ini..
    karna saya lulusan psikologi, saya mungkin akan ditempatkan di bagian kepegawaian.. duh! saya bener2 deg2an nih mas.. kira2 apa aja yah mas yg bakal ditanyain??
    apalagi saya kurang ngikutin masalah politik yang sekarang

    • kemungkinan besar iya, di biro kepegawaian atau di bagian kepegawaian setditjen. saya kira gak bakal jauh dari profesi anda ya, misalnya penempatan pegawai, mutasi pegawai. kalo bisa sih sering2 baca koran juga, liat isu terkini, misalnya penerimaan CPNS, dsb… gak usah deg2an, jawab apa adanya saja, serahkan pada yang Diatas

  28. Mo nanya ni, besuk jumat wawancara BKKBN, ukh….. belum pernah wawancara PNS. waktu di tanya motivasi jadi pns jawaban nya apa ya?
    ya….. aku ikut yang udah diterima aj deh…, mana tau aku jadi ikut diterima juga :D

  29. Mw nanya niy mas, minggu dpn aq wawancara di BPS jbatannya pemeliharaan peralatan listrik. Kira2 karena saya cewe kemungkinan bakal ga lulus g y? soalnya pekerjaannya lebih ke bagian pekerjaan cowo. apalagi saya sedang hamil 5 bln. menurut mas apakah saya ju2r sedang hamil atau menutupi kehamilan saya y? trus apakah wawancara CPNS itu menanyakan tentang orang dalam? soalnya saya tidak ada orang dalam d BPS. klo ditanyakan bgaimana jawaban yg bagus y mas? thanks atas advice ny….

    • PD aja mbak, jangan kalah bersaing ama cowok. hamil juga gpp koq, gak usah ditutupi. yang penting jawab dengan yakin dan percaya diri, itu aja kuncinya. jangan banyak terbengong-bengong, jawab aja sebisanya. jawab aja tidak ada orang dalam, gpp koq… kadang memang ditanya (utk memancing)…

    • mba santi minggu dpn ada wa2ncara di BPS jg yah, aku boleh nanya gak?kok di lampiran pengumuman jadwalnya aku ga nemuin jam wawancara yah?disana cuma ada tgl aja, trus tmpnya kan di BPS pusat, ruang ato lantainya jg ga da ya?yg mba unduh gitu jg gak?thx b4, slm knal

      • iya nia, disitu emg g ada jam dan tempatnya. mungkin qta dateng pagi aja jam8 sampe dsana untuk prepare biar g telat n membuat citra buruk. klopun menunggu y gpp jg. nia dbagian apa? grogi niy….maklum baru pertama kali ini aq lulus tes tulis cpns…. mw tukeran no hp g? biar bisa sharing gt…

        bt mas dizzman makasih y dukungan na…doakan aq y…mdh2an bisa menjadi PNS…amiennnnn…=)

      • oo..berarti mang gitu smwa yah mba, ga da jam nya, aku kebetulan kebagian yg tgl 25 nov, hari rabu, aku dibagian Arsiparis,
        aku boleh tau email mba santi??ato fb, ntar kita tukeran no tlp nya lewat email, : )
        (email ku: dy_tee28@yahoo.com)

  30. salam kenal mas dizzman, aku nia, kebetulan sama jg minggu dpn aku mo da interview di BPS, boleh minta tips nya dunkzz.., aku tuh boleh dibilang sering bgd ganti2 pkrjaan, baru 2 x siyk (fresh graduate jg), tp ditmp yg p1 3bln (alsn resign:contract & gaji ga sesuai krn aku masuk outsourcing), trus yg terakhir hampir 1 taun krja, tp aku resign lagi krn aku dh ga comfort bgd krja disana, fyi bos aku korea, krja under pressure, trus skrg status aku unemployee, nah kira2 alasan apa yg tepat aku jelasin, ntar kalo ditanya alasan resign, pdhl blm dpt krjaan laen, krn pasti mereka ngiranya aku bosenan/ ga kuat dgn tantangan krja, thx b4, plisss help me….^.^

    • mereka juga ngerti koq kondisinya, jadi gak usah kuatir, ceritakan apa adanya saja, toh Anda keluar karena alasan yang jelas, bukan karena bosan (yg penting jangan bilang gaji kecil atau berat kerjanya) tapi karena kontrak, ingin kerja yang nyaman dan ada kepastian status

  31. mbak nia dan mbak santi juga mau tes wawancara di BPS ya q besok tgl 24 juga neh…boleh minta tipsnya kebetulan q tes wawancaranya di BPS propinsi trs jabatananya Koordinator Statistik Kecamatan….jujur saja q blm tahu kerjanya cz q lulusan teknik komputer…Kira2 yang ditanya apa aj ya???q dah buka jadwalnya wawancaranya diberi waktu 1 jam…tolong bagi tipsnya dong…makasih sebelumnya

    • kerjanya, menjadi pengumpul data yang dikoleksi oleh aparat kecamatan bekerja sama dengan BPS. gak usah grogi, jawab apa adanya, tambah wawasan terutama dalam hal statistik dan kondisi terkini.

  32. Mas, boleh nanya gak?
    Minggu depan aku ada wawancara akhir di bappenas, tapi aku udah terlanjur pemberkasan di salah satu LPND.
    Kira-kira kalo yang LPND itu aku tinggalin (walo harus bayar) itu apa aku masih bisa masuk ke bappenas (Seandainya keterima)?
    apa ga baal bisa karena namaku udah masuk BKN?
    tolong dijawab ya mas…

    makasih..

    • ikut tes aja dulu, toh belum tentu diterima kan? he3x…
      yang penting lulus dulu, nanti lihat aja kalo dah lulus….

  33. Assalamualaikum….
    Salam kenal Mas. aq Mel. Minggu depan tgl 24 aq test wawancara di Depnaketrans untuk jabatan D3-pranata komp, ini pertama kaliY aq wawancara cpns..deg2 euy rasaY takut g bs jawab ^^. Terlebih Aq jg kurang tau mengenai departemen ini n job desk tuk jabatan pranata komp, kira2 yg bakal ditanya apa saja y mas??? tlg djwb y mas…Trima kasih

    • yaa, paling2 membantu mengarsipkan data digital utk kegiatan di Nakertrans, misalnya menyangkut buruh, ketenagakerjaan, transmigrasi, dsb… sering2 aja baca koran, apalagi yg ttg ketenagakerjaan

      • Makasie y mas tas informasi n masukannya…Doakan ya moga lu2s wawancaraY n bisa nyusul kaya mas jd PNS…^_^

  34. Wah terimakasih tipsnya.biasanya kalo formasi 2 yang diwawancarai 6,biasanya yang lulus tu yang rangking berapa ya kalo yang rangking 1 dan 2 ok

  35. Thanks Mas buat info nya. Membuat saya lebih siap dan percaya diri. Selasa saya akan menghadapi tes wawancara dan kesehatan di pemkot palembang. Apakah kira2 akan ada pertanyaan tentang kota?

    • tergantung anda mengambil formasi apa? kalau formasinya planologi atau sipil, bisa jadi anda ditanya tentang kota Palembang secara umum kondisinya…

  36. mz saya mau tnya hari kamis saya wawancara saya ambil formasi radiologi…kira kira yang di tnyakan seputar apa y?

    • di mana? di Depkes, atau di Batan atau dimana? karena beda2 maknanya. kalo di Depkes lebih kepada pengujian lab dgn menggunakan metode radiologi, kalo di Batan jelas. coba aja baca2 di google atau wikipedia…..

      • di depkes mz….oh y mas…apakah setiap tes wwncara di tanya…ttg motivasi ttg ikut cpns…kl blh tau jawaban yang akurat yang berbobot….bg pemikiran seorang penguji kr”apa mz….

  37. motivasi hampir pasti ditanyakan, karena itulah hal mendasar kenapa anda bersusah2 mau jadi PNS, dah susah masuknya, gaji kecil lagi… jawabannya normatif saja, ingin mengabdi kepada negara melalui bidang yang saya kuasai….bla bla bla gitu lah

    • ok mz matur suwwun..satu lg mas kemaari kan saya udah ujian tulis…trs dah lulus pringkat 2 dari 8 pelamar….apakah saya mempunyai nilai plus,…dari penguji…?

      • belum tentu juga, karena yang lebih penting saat wawancara adalah bahasa tubuh dan mulut Anda. Disitulah pewawancara bisa menilai Anda layak atau tidak menjadi PNS, karena saat ini bukan cuma IQ yang dinilai, tapi juga EQ dan QQ yg lain, yang bisa terlihat saat wawancara…

  38. ooo…gt y mz…dongake mz mg” keterima jd pns…y amin…amin…matur suwun tipsnya y…

  39. wah asyik banget baca blog ini apalagi selalu dijawab ma mz Dizzman.. oya lam kenal, aku dimas dari Purwokerto.. aku mo tnya, almdllh aku lulus tes Persero KA, dan besok ak tes wawancara, kira2 apa yang ditanya dan aku hrs jawab apa? trs apa yang harus saya persiapkan buat wawancara ini mas..buat yang baca mohon doanya..makasih

    • wah gau tau persis ya, soale bukan aku yg mewawancara, he3x… tapi baca2 aja ttg kondisi kereta api sekarang, pandangan Anda mengenai perbaikan kereta api ke depan, motivasi masuk KAI, dsb… jwab aja apa adanya, sepengetahuan anda, kalu gak tau ya jawab aja kurang tahu persis, mungkin …. bla bla bla … (ngeles dikit)

  40. Salam kenal mas dizzman,saya mau tanya kl untuk jabatan peneliti kesejahteraan sosial di Setjend DPR kira2 nanti pas wawancara pertanyaannya seperti apa ya,trs nanti utk tgs2ny sprti apa jg, maklum nih mas msh fresh…terima kasih sebelumnya…!!!

    • wah, saya kurang tahu persis, tapi gak akan jauh dari penelitian masyarakat khususnya masalah2 yg berkaitan dengan kesejahteraan sosial, spt dampak BLT, gas, konflik horizontal, dsb, buat bantu anggota dewan menganalisis kondisi sosial

  41. Lam kenal mas Dizzman,,senin 7 des bsok sy ad tes wawancara d BPN..
    Kira2 apa saja y yg dtnyakan??mngingat ini pertama X sy ikut tes wawancara PNS..Sy mlmar unt formasi S1 Teknik Komputer/Informatika.
    Terimakasih

    • secara umum bisa dibaca di atas, secara khusus coba pelajari masalah pertanahan berkaitan dengan TI, seperti sistem informasi geografis (GIS), aplikasi ERP dsb…

  42. Nanya lg mas,,sy br saja resign dr perusahaan telekomunikasi bbasis satelit..lama sy bkerja dsitu 3bln,sy resign krn mmg sy kurang puas dng kebijakan manajemen.Apkah bsok jika dtnya ttg pngalaman kerja,sy musti sebut atau tidak.Sbg informasi sy mdapatkan pnghargaan sbg “best agent bulan oktber 2009″ krn manajemen menggangap perfomance sy bagus.terima ksh sblum-y

  43. mass dizzman..ga lulus nih tes wawancara nya..padahal dah jujur banget jawab nya..dasar nasib…ternyata kejujuran tu tidak cukup..emang bingung penilaian wawancara tuh..mass dizzman tau ga kriteria penilaian wawancara CPNS? Trim’s..

    • kayaknya sih ada yang lebih jujur dan tepat, jujur tetap penting, namun yg penting tepat dan sedikit pinter ngeles, he3x… jangan kuatir, kejujuran tetap nomor satu koq, tinggal bagaimana trik nya aja… tidak ada kriteria pasti, yg pasti cuma subyektivitas pewawancara saja, kalo keliatan sreg di hati mereka, langsung diterima

  44. mas dizzman,, makasih ye tips n info2nya,, alhamdullilah sy di terima di BPN..

  45. Mas salam kenal, kalau contoh soal ujian penyesuaian ijazah (PI) ada gak ? ada soal psikotes atau undang-undang kepegawaian tdk? thanks before

  46. hallo
    mas diz ini Lya,
    bsk tgl22 aku ada intrview Depkeu,
    boleh minta advice dong, kira2 model pertnyaanya spt apa?
    tapi aku lupa dulu aku pilih bag apa, jadi aku ga tau job des aku nanti spt apa
    apa yg sbaiknya aku jawab seandainya aku ditanya ya?
    thanks before.

  47. Pemda DKI tidak ada interview. Aman..hanya tes tertulis saja

  48. Pemda DKI tidak ada interview. Aman..hanya tes tertulis saja

    http://www.banyakuang.com (bisnis internet dengan cara termudah)

  49. Terima kasih. Saya mendapatkan pengetahuan dari blog ini.
    Lagi mau tes wawancara terakhir. Thanks Mas Dizzman.

  50. Mas saya mo tanya apa saja yg biasa ditanyakan pewawancara untuk jabatan penata laksana ekonomi?terus kalo di tanya kenapa mau jadi pns dengan gaji yg kecil jawaban terbaiknya apa ya?saya eluar dari perusahaan yg lama karena perampingan tenaga kerja.jawaban terbaik saya bila di tanyakan alasan keluar dari perusahaan apa?terus kalo ditanya kelemahan dan kelebihan saya jawabannya apa ya mas?terima kasih banyak

  51. mas dizzman, aq tri,lg deg2an nunggu hasil pengumuman lulus tes tertulis dep. kelautan…jd blum tentu wawancara sih he3, tp feeling bgs nih, jd pgn siap2..cuma skrg aq lg jobless udah 8 bln krn melahirkan, sebelumnya kerja d swasta udah 3-4 tahun

    o iya bidangku termasuk jarang, desain interior..
    nah kira2 ditanya apa ya?

  52. Mas dizzman…salam kenal ya..sy ridho…sy lolos tes tulis dept kelautan untuk formasi penyusun bahan dan program rencana SD kelautan…kira2 job desc nya apa ya??…n biasa nya d tanya apa ya yg seputar kelautan gt…trus peluang nya kl sudah masuk tahap wawancara itu…tips nya d atas bgs bgt tp msh deg deg an nih…oiya wawancara nya tgl 9 jam 8-jam 5 sore..apa harus dtg jam 8 itu atau bs d antara itu…krn saya sedang d sby n br bisa brgkt k jkt senen bsk naik kereta jd takutnya telat kereta nya…mohon pencerahan nya ya mas…thx

  53. Mas dizzman…salam kenal ya..sy ralf
    saya lolos tes TPA di Badan Kepegawain BKN
    saya besok tes kemampuan bidang dan wawancara
    formasi yang sy ambil AUDIT ttapi juusan saya komputer
    kira kira soal dan wawancaranya mengenai apa ya
    MOHON BANTUANNYA

  54. salam kenal mass dizzman….saya sangat berterimakasih atas blog ini sangat membantu…mas saya mau nanya saya tes di depsos formasi D3 teknik outomotif…yg dibutuhkan 2 orang…sekarang yang tinggal untuk wawancara 2 orang (termasuk saya) yg mau saya tanya kan apakah peluang gagalnya masih besar? dan untuk d3 otomotif apa saja kemungkinan pertanyaan nya …?

  55. mas,mw tanya,,klo tes wawancara u/ cpnsd tenaga kesehatan bidan biasax pertanyaanx sperti apa??

  56. Salam Kenal Mas Dizmas…. Blognya bagus sekali ^_^
    Mas beberapa hari lagi aq mw tes wawancara BPS, jab yg q pilih Koordinator Statistik Kecamatan.. Biasanya tentang apa yg d tnya tu mas..?? Trus dlm penerimaan utk KSK ini lebih di utamakan laki2, aq jd sedikit pesimis jadinya..
    Trus apakah perlu aq sebutkan pengalaman kerja yg kumiliki, kebetulan aq msh bekerja di salah satu agen Pertamina di Kota Padang bagian PPNnya ?
    Terimakasih sebelumnya mas Dizmas.. Do’ain ya biar aq bisa lulus menjadi CPNS…^_^..Amin..

  57. Bener banget mbak…

  58. thx ya moga bermanfaat besok
    besok aku interview CPNS BPS minta doa dari teman semua..

  59. mas dizmas senin nanti saya ada tes wawancara di Depkominfo untuk formasi S1 – Komputer/ informatika / Multimedia [Pranata Komputer] mohon bimbingan dan arahannya mas… ditunggu ya ^ ^

    • hallo mas dizzman… sama ky adjie, hari senin saya tes wawancara di Depkominfo untuk formasi S! – Desain Komunikasi Visual (Desainer dan Pelayanan Peralatan Desain). mohon bimbingannya jg ya… makasih b4 :)

  60. Mas kalo kita lamar di pemerintahprovinsi papua apakah penempatan di provinsi( dinas dinas) atau di tempatkan ke daerah kabupaten..?? Mta kirim di emailku mas.
    Jongjava55@yahoo.com

  61. mas terimakasi infonya, sangat membantu sekali, do’akan saya bisa lulus tes wawancara cpns bentar lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 66 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: