Gaji Pokok PNS 2007 (buat pertimbangan bagi balon CPNS)

Berapa sih gaji PNS sekarang? katanya sudah dinaikkan berkali-kali, tapi koq masih korupsi juga ya. Untuk itu sebagai bahan pertimbangan bagi para balon CPNS yang sedang berjuang mengikuti tes, supaya tidak menyesal di kemudian hari, dan tidak coba-coba korupsi dengan alasan gaji pas-pasan.

Berdasarkan PP Nomor 9 Tahun 2007, gaji PNS untuk yang baru masuk terbagi atas:

1. golongan 1a (lulusan SD/SMP): Rp. 760.500

2. golongan 2a (lulusan SLTA): Rp. 961.000

3. golongan 2c (lulusan D3): Rp. 1.080.300

4. golongan 3a (lulusan sarjana/D4): Rp. 1.200.600

5. golongan 3b (lulusan magister/S2): Rp. 1.251.400

jangan lupa, selama belum menjalani masa Pra-Jabatan dan diangkat menjadi PNS penuh (bukan CPNS), maka gaji di atas masih dipotong 20%, silakan hitung sendiri pengurangannya.

bila ditambah tunjangan istri, anak, kemudian honorarium resmi (tergantung kebijakan departemen masing-masing), maka penghasilan total diperkirakan sekitar Rp. 2 juta – 4 juta sebulan untuk pegawai baru. Dengan uang sebesar itu dibandingkan dengan kondisi ekonomi sekarang ini, maka bisa dibayangkan kalau hanya mengandalkan gaji + tunjangan saja.

Oleh karena itu, sekali lagi, tolong pertimbangkan baik-baik kalau ingin menjadi PNS, kecuali kalau mampu mencari penghasilan tambahan, atau…..terpaksa korupsi deh…

72 Tanggapan

  1. Ahh.. masih mendinglah dibandingkan kerja di swasta yang kadang gajinya juga gak nentu..dan gak jamin masa tua..aya aya wa nih

  2. 2-4 juta itu untuk golongan 1A sampe 3B ya?
    kalau utk 3A kira2 jadi berapa tuh klo ditambah tunjangan2?
    Tks

  3. wah, tunjangan2 tergantung kebijakan departemen masing-masing… ksi tau dunk departemen yg gemuk2 apa aja ya… :-P

  4. instansi yang gemuk:
    1. yang melayani masyarakat
    2. yang mengurus keuangan
    3. yang mengurus pembangunan

    instansi yang kurus:
    1. yang membuat kebijakan
    2. yang berbau pengabdian
    3. yang membuat penelitian

  5. Ya kalo gaji segitu tinggal di kota kecil dah lumayan banget..Contohnya aja ni di Jogja..Staff Accounting yg kerja njelimet aja pertama baru dibayar 1.000.000 dah nett..(itu aja kalo perusahaan agak gede) dibanding PNS yg stabil ya mending PNSnya gitu lho…

  6. emang iya sih, aman lagi, dijamin pensiunnya, he3x…

  7. ya kalau gaji segitu ….. bisa diterima …
    tapi dapat dibayangkan dengan harga yang smakin tinggi … belum ada hutang di bank. memang resiko sihhh kalau minjem … tapi yang perlu diperhatikan justru gaji pegawai yang tidak dapat proyek.
    contohh,,
    guru … andaikan guru dapat seseran dari buku paling 300 rb – 500 rb, lumayan tapi struktural …. dikit2 bagi uang … bahkan hampir 1 X gaji. atau instansi lain yang menerima gaji ke 15. ada harapan guru dengan sertifikasi …. yang belum sarjana nunggu pemutihan aja… heeee

  8. Wah jadi bingung masuk Negri apa swasta.. :(

    Klo misalkan S2 bagus nya klo diliat gaji masuk Negri apa swasta ya Bro..?

  9. sudah dijawab via e-mail, tapi saya jelaskan lagi ya:
    di tengah sulitnya lapangan kerja, dan krisis ekonomi, ada dua pilihan:
    1. kalo milih gaji, ya mending pilih swasta, tapi dengan resiko penghasilan relatif tetap, dan rawan dipecat mengingat kondisi ekonomi sedang memburuk
    2. kalo milih aman, jadilah PNS, penghasilan bisa diatur kalo punya keahlian tanpa harus korupsi, alias bisa nyambi. dah gitu dapet pensiun lagi.
    pandangan saya, selama ekonomi masih sulit, jadi PNS aja, kalo ekonomi dah membaik, silakan keluar dan bekerja di swasta, atau malah berwiraswasta aja..he3x…

  10. beruntung yang sudah jadi PNS, masih banyak yang ngantri….PNS is the BEst for All.

  11. itu hanya gaji pokok,kalau tunjungan sampai 2.4 juta untuk 3a

  12. Maap pengen tanya…
    Klo masih CPNS, selain Gaji Pokok 80% fasilitas apa yang diperoleh (sbg amanah rakyat tentunya), spt ASKES, TUNJANGAN2 apa juga menjadi haknya?
    ini hanya untuk perencanaan, smg terhindar dari sifat kikir.
    Thanks
    Tlng jwbn jg di posting ke email.

  13. Alhamdulillah ku d trima PNS 3a.

  14. Pak..mohon kirim ke email sy daftar gaji PNS ya. Tks atas perhatiannya

  15. mas, tolong cari aja di http://www.ri.go.id, liat produk hukum, tahun 2008, liat di PP

  16. uda tau gitu masih banyak pula yang nyari pns,menurut isu2 yang beredar ada yang sogok2an tau nombok2an lagi n nominalnya ga tanggung2 di atas 100jt untuk golongan 3a.namanya isu bisa bener bisa salah!!!!!!!

  17. buat temen2, mau nanya nih, ada yg tahu ga gaji standar PNS untuk 2009? khususnya yg 3A. katanya udah ada kenaikan 15%.

  18. pak tolong donk saya dikirim tenang hak – hak keuangan dan tunjangan CPNS

  19. Mas. mao nanya kalo tunjangan di Badan Pusat Statistik apa aja dan berapa ya? saya pegawai baru gol 3a, wise ga ya kalo sekarang nikah dengan gaji+tunjangan segitu?

  20. utk jabatan fungsional, statisi atau pranata komputer, sekitar 300rb an (coba lihat di situsnya BKN). THP kira2 bisa 2-3jt, karena ada honor-honor lain di luar gaji pokok. yg penting aktif aja di kantor, biar masuk daftar honor, he3x…. nikah itu kapan saja, yg penting niat, masalah rezeki sudah ada yg mengatur, jadi gak usah kuatir… saya aja dulu gak punya apa2 waktu nikah, sekarang dateng sendiri rezekinya

  21. klo msh bujangan dpt tunjangan juga gak ya ?

    • tunjangan kalo punya jabatan, atau punya istri atau anak, di luar itu ya, kebijakan instansi dan tidak berlaku secara umum

  22. kok gaji pokoknya aja lebih kecil daripada gaji gue di swasta…

  23. KPU masuk instansi kurus ato gemuk pak dizz?

  24. Kalo Depperin masuk yg kurus apa gemuk mas?

    • wah saya gak bisa menilai ya karena belum pernah disitu. tapi kurus gemuk tergantung diri sendiri sih sebenarnya, mau cari celah apa enggak?

  25. Mas Dizzman, apa benar kalo jadi PNS ngga boleh berwirausaha? katanya ada peraturan yg seperti itu ya (diberitahukan saat diklat)?

    Sejauh mana larangan itu, jika memang benar ada..

    Thanx

    • secara tertulis (resmi) memang tidak boleh berwirausaha (lihat UU Kepegawaian dan PP Pokok PNS, search aja di google). tapi kalau mo usaha boleh2 saja sepanjang nama anda tidak tercantum dalam dokumen resmi (SIUP, Akta Perusahaan, dsb), artinya anda mengelola di belakang layar, di depan silakan pakai nama orang terdekat yg bukan PNS, he3x… (maaf ngajarin sedikit gak bener)

  26. Ooh.. ya.. ya.. Saya baru tahu dari temen yg ngingetin, ntar kalo pas diklat bakal dikasih tau ada peraturan semacam itu.

    Mungkin dikhawatirkan waktu kerjanya jadi terpakai kali ya atau disalahgunakan. Thanx infonya :)

  27. mau tanya ms.alhmdlah sy dh ktrma di lipi,denger2 katanya tnjangn pneliti mw di naikkan ya?bner ga tu ms.

    • saya kurang tahu persis, tapi memang sejak pak Beye, hampir setiap tahun selalu ada kenaikan antara 5-15% tiap tahunnya

  28. heh… mf… walo gajih dasar pns cuman 1,2 blom sama tunjangan.. gw rasa itu dah gede… gajih gw di swasta karang cuman 1,6 jt itu juga dapet segituh udah ama segala macem tunjangan…. kecuali bos gw.. punya saham 80% itu juga gajihnya cuma 10 jt… gapok gw cuma 350 rb tunjangannya yang banyak.. n kalo pensiun dari kantor cuma dapet 1x gaji.. haaaahhhh parah……masa tua kurang ke jamin.. nah gapok pns 3a 1,2jt blom intensif sama honor, ama bonus ama tunjangan anak, istri, kesehatan dan beras… heheheh bisa bedain kan….

  29. oya itu bukan perusahaan kecil… perusahaan gw udah 32th malang melintang di usaha jasa konsultan… aset udah segunung tp tetep we gajih segitu…heheheheh… tapi tetep bersukur dapet gaji segitu… alhamdulillah…

  30. oya sayarasa intansi yang gemunk-gemuk mending BUMN…. kaya jasamarga, bank jabar n de el el.. gajih udah gede… tunjangan banyak….. bonus banyak juga…. sodara gw di jasa marga gajihnya ampe 6 juta.. belom bonus lapangan… n pacar temen gw di bank jabar gajihnya udah 5 juta plus bonus 12 kali dalam setahun heheh….. gemuk kan… dan pacar temen gw lg kerja di pos.. masih cpns gajinya antara 2>…. heheh…. kalo swasta gw dah nyari kalo jadi staf biasa paling gede banget 2-3 jt lah.. itu juga susah nyarinya… kecuali temen gw ahli IT di jakarta di perusahaan swasta… gajinya 17jt.. heheh bos gw kalah

  31. Kapan ya pengumuman CPNS DEPDIKNAS 2009, lama bener penundaannya?

  32. saya mau tanya nih, kalo gaih standar swasta untuk seorang staff IT kira2 berapa ya.. nyampe 4-6Jt ga ya… Hmhhh…untuk bandung ya.. tolong untuk infonya.

  33. yah nampaknya ga ada yang tau ya… Sedih banget… skarang saya kerja di perusahan swasta… gaji saya yang sekarang ini cuma 1,6 jt.. entah udah standar segitu apa belom… saya cuma ingin tau berapa maximalnya gaji yang dapat saya terima sebagai staf IT biasa.. @_@ “hufs kapan punya rumah n fortuner-nya ya…..” mungkin perlu ikut pelatihan managemen keuangan kale ya.. gaji segitu pengen punya rumah dan mobil… heheh makasih pak dizzman atas sarana blog nya untuk dapat saya pergunakan.

    • sabar mas, semua ada step2nya, lagipula gak selamanya anda berpenghasilan segitu, bisa lebih, bisa kurang. yang penting sekarang pandai2 bergaul, tunjukkan kemampuan Anda, tunjukkan kebaikan Anda, Insya Alloh mimpi Anda akan nyampe… yg penting kejujuran, ketulusan, dan komitmen (jangan malas) … (saya ngalamin sendiri koq, dengan gaji kecil, tapi lama2 ada aja jalannya kalau kita punya mimpi)

    • sbr aj, mas..tambah skill tmbh gaji..klo prshaan ga mo nambah..cari yg laen..^_^..
      btw, tmn sy jg ada yg dpt 1.3 jt ..

      mas S1 or D3? kyny klo staff IT itu tgantung programmer kah ato SA, or Jaringan..or admin,,dll

      n ditntuin jg sm budget prsahaan..gt mas..

  34. klo golongan 3a(lajang) di depdiknas bisa pe brp yah??, thx

    • gaji pokok dah tau ya… (kalo belum liat postingan di sebelah, gaji pokok 2008 dan komen2nya)
      ditambah honor2 lain bisalah dapet 2-4 jt per bulan. sabar aja, yg penting aktif di kantor, keliatan mampu dan dibutuhkan, pasti rezeki mengalir

  35. aku ketrima di kumham, gol 3a take home pay nya berapa ya????? thanks

  36. kalau dinas pertambangan dan energi pemda itu instansi gemuk atau kurus ya?thanks

  37. mas kalo di pontianak kota, tunjangan apa aja ya? kalo cpns guru sd 3a, kira kira gaji berapa? buat gambaran aja

    • saya gak tau persis ya, tapi ancer2 sih, kalo gaji pokok 1,7 jt dipotong 20% (yang udah pasti), yang laen2 mungkin bisa sekitar 1-2 jt per bulan, persisnya bisa ditanyakan ke bagian keuangan setempat ya

      • berarti kita nanti kira2 gajian pertana dapat berapa?

      • coba deh ngobrol sama bagian keuangan pemda ya, mereka lebih tahu dari saya. kalo perdana sih biasanya cuma gaji pokok saja, yang lain menyusul setelah SK dsb. beres diproses di bagian keuangan

  38. Saya minta tolong Bapak punya PERKA BKN Nomor 30 Tahun 2007 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negari Sipil..,
    Di download di situsnya BKN tidak bisa terus error message,. kemungkinan link nya ,. jadi minta bantuan nya , ya mudah2an bapak ada,.
    terimakasih sebelumnya,.
    Oke juga Blognya,.

  39. waaahhh… keren jg neh forum blognya,,,, infonya lumayan memeberi pencerahan… hee,,,

    mau nanya neh bos dizz… klo BUMN kyk PT Kereta api ato PLN gtu,, kira2 takehome pyment-nya berapa ya bos…??…

    mohon bantuannya,,,:D…
    klo ada link-nnya jg bole…

    • yang pasti mereka lebih sejahtera dari kita2 yang murni bergelut di pemerintahan, paling tidak 2-3 kali lipat dari gaji PNS biasa, kalo detilnya sih kurang tahu persis, hanya ada beberapa teman di situ menggambarkan kondisinya demikian, terutama bagi BUMN yang sudah profit seperti Telkom.

      • oo gtu ya,,,,, thx infonya bos,,,,

        emang klo PT kereta api sama kyk PLN ya??…:D..

        oiya,, tar klo dapet info mengenai takehome pyment PT Kereta api, PLN ato telkom.. bole di share disni ya bos,,,

        thx ya,,,:D…

  40. Semua yang di jawab terlihat si penjawab tidak memiliki iman!! Semua jawaban menunjukan si penjawab berorientasi kepada uang semata. Berubahlah orientasi dengan bekerja segiat mungkin dan percaya rejeki ada yang mengatur. Coba lihat, seleksi PNS yang ketat berarti ada maksud dan tujuannya. Setiap pekerjaan ada nyaman dan tidaknya. Saya sudah kerja sebagai karyawan tetap di swasta dan sekarang CPNS di usia 24 tahun. Banyak hikmah yang saya dapatkan. Terima kasih.

  41. om dizz saya seneng bisa cakap brg
    om dizz mau tanya dunk ,,,,,jika kita lagi menjalani s1 kita mau daftar di cpns kejaksaan apa itu boleh ???,,saya dapat berita kalau kita bisa mengikuti test cpns yg ada dikejaksaan dengan sarat kita harus menjalankan cuti untuk semester depan ,,,,apa bener begitu ????di kejaksaan perkejaan apa yang subur om ?????apa jadi peterjemah untuk orang asing itu ada di dalam sistem kejaksaan yang akan diisi oleh cpns kejaksaann ???
    mohon saran nya

  42. bersyukurlah gaji segitu sudah bisa untuk hidup, jangan berfoya – foya… ” jika engkau bersyukur atas nikmatku, maka akan kutambahkan lagi nikmat mu kata ALLAH

  43. ah…gak papa yang penting kerja,,,,,hehehe yo to???

  44. wah….mendingan kerja di tambang. Wakar, tukang jaga malam, gajinya 1jt. gak usah pake sekolah.

  45. ini lah yang mbuat para pns malas dan krupsi. pnerimaan pegawai tidak di posisikan dgn kebutuhan/lowongan yg sesuai dgn disiplin ilmu.dibanyak kasus pns tidak dapat mnyelesaikan pkerajaan nya,disamping birokrasi yg rumit (dibuat rumit) setiap masalah berujung pd ta’ (dbuat ta’ ada) ada jalan keluarnya.Ironisnya lagi yg S2 S3 di luar negri dikondisikan sama ??? Mengapa Indonesia mghalalkan, mgkerdilkan karakter ?Bila demikian 10thn mdatang Indonesia sulit mencapai kmakmuran dr hakikat hidup sebenarnya,bukan kemakmuran (korupsi) yg dinilai dari seberapa banyak harta/kedudukan seseorang. Smoga bermanfaat.

  46. Wewwwwwwwwwww masih mending di swasta banget dong ya,GP nya lebih dari itu.,,,

  47. mau nanya niy.., klo THP di Badan Pusat Statistik berapaan yh? untuk golongan 3A. Buat pertimbangan niy..Mohon infonya yah bagi yang tahu..

    makasih

  48. mendingan gw dong di swasta baru masuk gaji 8 jt kenaikan taun ini 25%

  49. qlu udah kayak gitu mending join aja di K-LINK NUSANTARA.
    Insya ALLAH gaji yang di dpat bsa mencukupi dan bsa terus bertambah seirung berjalannya karir.
    plus tanpa latar belkang khusus.
    do you want to try?

  50. Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, betul dengan yang di kata’kan mas D bahwa dulunya saya ini juga cuma seorang Honorer di sekolah dasar manado, Sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, dan membayar 40 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no tlp Bpk DJOKO SUTRISNO yang bekerja di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan juga mengurusnya untuk kenaikan golongan, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudia saya sudah ada panggilan kejakarta untuk ujian, alhamdulillah SK saya akhirnya keluar, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya Hubungi saja Bpk Dr.Drs.Djoko sutrisno,Msi no hp beliau yang s’lalu aktif 0823-2067-3456 terima kasih

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 66 pengikut lainnya.

