Dari CPNS menuju PNS

Saya baca dari search, banyak yang menanyakan berapa lama sih diangkat PNS penuh dari CPNS? Jawabannya simpel koq, setelah Anda mengikuti Prajab, Anda berhak mengajukan promosi menjadi PNS 100% alias PNS penuh.

Lalu berapa lama? Setelah SK CPNS keluar, selang beberapa bulan biasanya langsung diadakan Diklat Prajabatan sebagai langkah awal menjadi PNS. Paling lama setahun setelah CPNS, karena setelah dua tahun tidak mengikuti Prajabatan, otomatis status CPNS gugur alias dipecat. Lalu bagaimana kalau hamil? tidak diperkenankan mengikuti prajabatan pada saat Anda hamil, tetapi bisa ikut prajabatan periode berikutnya atau ikut instansi lain (dengan biaya sendiri) agar tidak melampaui batas dua tahun CPNS. Pengangkatan atau promosi kenaikan pangkat dilakukan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober. Namun persyaratan kenaikan pangkat (termasuk dari CPNS ke PNS) sudah harus masuk ke BKN paling tidak dua bulan sebelumnya, berarti sekitar akhir Januari atau akhir Juli. Artinya Anda harus menyelesaikan prajabatan sekitar bulan November atau bulan Mei, karena salah satu persyaratan adalah melampirkan sertifikat lulus prajabatan, yang biasanya keluar 2-4 minggu setelah prajabatan. jangan lupa minta legalisirnya, karena berguna untuk urusan-urusan adminstrasi kepegawaian lainnya.

About these ads

137 Tanggapan

  1. Pak, boleh diceritakan tentang Prajab.Prajab ngapain aja sih? apa saja yg mesti disiapkan?
    apakah prajab yg skrg masih spt ospek waktu kuliah? adakah bedanya utk gol II dan gol III

    terima kasih

  2. Prajab itu semacam diklat dasar bagi CPNS (gaji 80%) untuk dipromosikan menjadi PNS penuh (gaji 100%). materinya antara lain ketatanegaraan, pemerintahan, pancasila, baris berbaris, dsb. seperti penataran P4 dulu lah. utk gol II selama 14 hari, utk gol III selama 21 hari, karena ada tambahan materi kepemimpinan.

  3. Mohon bantuan alamat untuk mengurus Kartu Kuning di wilayah Kota Surabaya, Kemuadian yang dibutuhkan legalisir ijazah terakhir atau mulai SD?

  4. kartu kuning diurus di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau instansi sejenis, siapkan aja legalisir ijazah terakhir, tapi penting juga utk menyiapkan dari SD, karena waktu pemberkasan nanti (bila lulus) diperlukan juga

  5. apakah setiap instansi pemerintah memeberlakukan waktu yg sama untuk prajab? kalau lg hamil bagaimana pak? saya hrs bilang ke bagian kepegawaian untuk minta diundur waktu prajabnya atau gimana? kalau harus prajab pake biaya sendiri berapa biayanya? berapa persentase kelulusan prajab? terimakasih jawabannya

  6. berbeda-beda dan ada angkatannya, satu angkatan bisa sekitar 200-400 orang, jadi satu instansi bisa 3-4 angkatan. kalau lagi hamil lapor aja ke biro kepegawaian supaya prajabnya bisa diikutkan setelah melahirkan. kalo prajab sih masih ditanggung negara koq, tenang aja. utk kelulusan prajab yg penting kehadiran harus 100%, dan kalaupun harus izin maksimal satu hari penuh, lewat dari itu dianggap gugur dan mengulangi lagi tahun berikutnya

  7. Pak, punya informasi instansi yang menyelenggarakan dklat prajab dalam waktu dekat ini dimana? lokasi saya di Surabaya

  8. wah, saya gak punya tuh, tapi coba aja tanya Badan Diklat Prop Jatim atau BKD masing2 ya…

  9. Pak tgl 15 Maret 09 nanti saya berangkat diklat, materinya apa saja?

  10. banyak mas, seperti P4 jaman dulu lah, sekitar 20an lebih materinya, mulai dari pemerintahan, kepegawaian, keuangan, pancasila, olahraga, outbound, dsb… total sekitar 21 hari, tapi ingat: jangan pernah bolos, karena absensi menentukan kelulusan dan harus 95% (cuma diberi jatah 1 hari saja utk bolos)

    • pak nanya, yang dimaksud tak boleh absen seharipun pas prajabatan selama 21 hari itu atau pas masa kerja jd cpns????makasih yah pak,,,

      • pas prajabatan selama 21 hari itu tidak boleh bolos, kalaupun terpaksa hanya diizinkan maksimal 1 hari alias 4 jam pelajaran…

  11. Pak, saya CPNS dengan SK desember 2008. 1 minggu yang lalu ada pemanggilan prajab, namun karena alasan kesehatan, sedang hamil muda, saya tidak bisa mengikuti prajab tersebut. .pimpinan saya menyarankan untuk menunda ikut prajab, namun mengingat 2 tahun dari SK tinggal 1 tahun lagi, apakah bisa apabila saya ikut di instansi lain, atau dengan swadana? Bagaimana cara mengurus prosedurnya

    • bisa aja, yg penting tidak melewati dua tahun dari tanggal SK. trus cari info prajab di instansi lain setelah anda melahirkan (perkirakan saja kapan melahirkan), lalu buat surat permohonan ke biro kepegawaian utk mengikuti prajab di tempat lain tersebut, atau coba cek ke LAN, karena koordinasinya ada di situ. kalo swadana biayanya sekitar 7 jutaan

  12. pak saya sudah selesai pemberkasan, tinggal menunggu SK CPNS. selanjutnya dari masa pemberkasan sampai dtg SK, bisakah saya gak masuk kerja krn saya dlm proses 1 month notice di swasta? selanjutnya setelah diklat Prajab, apalagi syarat yg diperlukan agar SK PNS keluar? bila dr status CPNS menuju PNS ada syarat2 yg tdk bisa kita penuhi, atau kita mundur apakah PNS kita batal dan dikenakan biaya?

    • bisa aja, karena cukup lama koq menunggu SKnya, bisa 2-3 bulan paling cepat. setelah prajab ya bekerja seperti biasa, gak ada syarat lain, tinggal nunggu SK PNS diproses. syarat utama cuma prajab, kalo gak lulus sampai 2 tahun dianggap gagal jadi PNS, masalah denda atau tidak tergantung kebijakan instansi

  13. mas, mau nanya nih, kalau SK 80% dah ada, biasanya ngurus persyaratan lagi nih misalnya buat SKCK lagi, surat keterangan dokter, nyiapain foto, fotocopy ijazah, dll. Nah, seandainya dalam pemeriksaan dokter ternyata kita dinyatakan nggak sehat pada saat itu. Sedangkan deadline pemberkasan waktunya nggak lama. Gimana tuh mas? Apakah pemberkasannya ditunda atau gimana mas?

    • maksudnya gimana? kalau SK 80% dah turun ya gak ada pemberkasan lagi, kecuali kalo dah prajab mau bikin SK PNS, ada pemberkasan, tapi gak perlu SKCK dan kartu kuning lagi, cukup surat ketarangan sehat dari dokter dan SK 80% serta tanda lulus prajab, ijazah, foto saja.
      kalo baru pemberkasan berarti SK 80% belum turun donk. jarang koq dokter menyatakan gak sehat, even kalo anda sedang sakit biasa, kecuali sakit menahun dan gak bisa disembuhkan

  14. mas , saya mau nanya , saya lulus pns, pemberkasan sdh selesai bulan desember 09, lagi nunggu sk CPNS, katanya bulan maret ’10, yang ingin saya tanyakan ketika mau prajabatan apakah kami melakukan test kesehatan lagi ? apakah test kesehatannya sama persis yang dilakukan ketika proses pemberkasan ? , apakah test kesehatannya lebih lengkap?, soalnya saya ada kholestrol , bagaimana pendapat mas ?

  15. Mas, Apakah akte kelahiran dibutuhkan untuk proses pengangkatan cpns ?? trus, apa aja kegunaan akte kelahiran dalam hal administrasi cpns ??
    Terima kasih jawabannya

  16. pmisi, mau nanya… Apakah CPNS benar-benar tidak bisa mengajukan mutasi karena mengikuti suami ? Saya CPNSD, TMT 1 Februari 2009, karena suami kerja di luar kota, saya ingin sekali mengajukan mutasi.
    Terimakasih..

    • belum bisa, nanti tunggu SK PNS keluar, kalo dah prajab bentar lagi lah… coba cek aja ke Bagian Kepegawaian

  17. Ass. mas dizzman

    aku butuh pencerahan dari mas..
    aku sudah melakukan pemberkasan untuk pemprov dki pada bulan Des 2009 kmrn,
    dan ada kabar bahwa SK CPNS akan keluar 1 april,
    dan dari saran saran yang disampaikan oleh mas dizzman di blog ini selalu menyarankan agar lebih baik jangan resign dahulu sebelum SK keluar
    (mengingat bisa 2-3 bulan atau bahkan 7-8 bulan)
    pertanyaannya::

    1.Dikantor swasta saya yang sekarang memberlakukan 1 month notice untuk pegawainya yg ingin resign.
    a. apakah saya harus ajukan srt resign pd akhir Feb..agar bisa bertepatan pada 1 April saya bisa langsung aktif sbg CPNS

    b. Apabila saya mengikuti saran mas dizzman, saya ajukan resign apabila SK CPNS sudah keluar , apakah saya masih boleh “tidak masuk ” dulu sebagai CPNS mengingat saya masih harus menjabat peg swasta selama 1 bulan kedepan..?

    Terima kasih atas perhatiannya mas,
    saya tunggu responsenya…

    • waduh ini bener ya SKnya turun 1 april n bukan bulan maret???
      boleh tau gak ini info darimana?

      saya udah ngajuin resign ni tgl 25 januari kemarin, jadi 25 februari ntar saya udah gak ngantor. yah salah strategi deh nih….

      • @Iwan: pake aja waktunya buat liburan, mumpung ada jeda sambil nunggu SK, ntar nyesel lho gak bisa liburan panjang sampai pensiun :D

    • 1. gini aja deh, kalo mo spekulasi, resign bulan ini juga gpp, tapi kalo SK telat keluar ya terpaksa anda harus berlibur dulu. saya memang menyarankan tunggu SK karena kadang2 suka telat keluar, dan ada jeda antara berhenti kerja dengan masuk kerja lagi. kalo mo liburan dulu sih gpp
      2. b. bisa aja, yang penting setelah terima SK, lapor dulu, minta izin menyelesaikan pekerjaan di kantor lama. atau begitu terima SK, gak usah lapor dulu (selama gak disuruh langsung lapor), tapi ajukan resign di tempat lama. kemudian setelah 2-3 minggu baru lapor ke instansi baru, lalu minta izin seminggu buat menyelesaikan pekerjaan lama. semua tergantung pimpinan unit kerja sih, ada yang baek, ada yang saklek

      • iya mas saya juga binggung nih, saya juga sedang nunggu informasi SK CPNS DKI.

        sampai sekarang saya masih aktif bekerja di swasta, untuk penggajuan resign minimal 20 hari.

        karena kalau saya resign kan tidak digaji, sedangkan saya juga punya kewajiban biaya hidup keluarga.

        bagaimana bagusnya ya mas ?

        apakah kalau sudah pemberkasan sudah bisa menjamin kita bisa menjadi CPNS atau ada hal lain yg perlu dilengkapi lagi mas?

      • tunggu SK keluar, segera ajukan resign, sambil curi2 waktu buat lapor ke instansi penempatan. masih ada jeda lah buat ngurus2 spt itu, minimal kita lapor dulu, trus izin utk mengurus kepindahan/resign

  18. Mohon informasinya pak, saya adalah cpns tahun 2009 formasi guru TIK untuk SMP, namun saya belum punya akta iv karna s1 saya non kependidikan dan diharuskan mengambil akta iv paling lama 2 tahun sedangkan sekarang akta iv telah dihapuskan trus bagaimana dengan syarat cpns menjadi pns yang tidak bisa saya penuhi (akta iv), mohon jawabannya..terima kasih wasalam

    • silakan cari info ke Diknas pendidikan spesialisasi apa sebagai pengganti akta IV, atau tanyakan langsung ke BKD, bila akta IV sudah tidak ada apa penggantinya, gak mungkin gak ada solusi koq, tenang aja… saya sendiri kurang tahu persis pengganti akta IV sekarang.

  19. mas mau nayak neh…
    saya kan lulus cpns D3 utk formasi Auditor, apakah saya nanti prajabatan sama dengan golongan lain???(Mes, Tempat dan Waktu)

    tp SK CPNS sya blom keluar sih mas…masih nunggu…saya diyatakan lulus tgl 31 januari 2010…uk daerah aceh (kab simeulue)

    thanks mas

    • sama2 dengan gol 2 lain… baik mes, tempat, waktu, cuma tergantung gelombang-nya saja

      • berarti gk sama dengan gol III ya mas???

        gol 3 kan lebih lama mas prajab nya…ada tmbahan diklat kepemimpinan, brarti D3 (2c) gk bsa jd pemimpin mas???

        dan kapan saya bisa mngajukan tugas belajar???apakah saya bisa dapat diklat kepemimpinan jugak, stlh saya S1???

      • gol 2 cuma 14 hari (kalo aturannya belom berubah), gol 3 selama 21 hari.
        bisa aja, yang penting sekolah lagi, trus ikuti perjalanan karir, ntar juga nyampe koq… tugas belajar bisa setelah jadi PNS, sering2 aja cari info ke LAN, atau Dep. PU, atau Bappenas… nanti kalo dah gol 3 bisa ikut diklatpim IV dan III

  20. mau tanya nih, setelah jadi cpns truskan prajab jadi pns, nah pas jadi cpns saya mengalami kecelakaan sampai mata sebelah kanan saya cacat, apa saya bisa jadi pns?? makasih

  21. thanks mas….

  22. mau tanya mas, apakah mungkin penempatan cpns dan penempatan pns berbeda? misal penempatan di cpns di ditjen A, dan penempatan pns nantinya di ditjen B.

    satu lagi, jika kita tidak merasa cocok, dgn lingkungan kerja cpns, pada masa cpns, apakah cara agar bisa ‘keluar’ dari cpns.. atau mungkin salah satu caranya dengan sengaja tidak mengikuti Pra Jabatan ?

    terima kasih sebelumnya

    • bisa saja, tergantung kebutuhan, tapi jarangsih kejadian seperti itu, kecuali bila ada atasan tertarik sama kita, trus dia pindah ke dirjen lain, trus mo ngajak kita ikut dia….
      bikin aja surat pengunduran diri, lebih elegan daripada kabur… lagipula prajab itu dah ada jadwalnya, anda gak bisa begitu saja gak ikut… bahkan kalau gak lulus bakal dipaksa ikut periode berikutnya…

  23. tnya kmbali.
    Andai kata SK kita per 1Maret brati pertama kali dpt gaji kpn, mas?
    rapelan itu gmna si, kok kalo orang-orang yng br diterima CPNS pada bicarakan rapelan, hehe.. mang ada yah, mas?

    • dulu sih ada rapelan ya, yaitu gaji kita yg belum diambil karena belum masuk kerja akibat SK terlambat keluar, padahal di SK sudah tercantum tanggal mundur. tapi sekarang beberapa instansi sudah menghapuskan kebijakan tersebut, demi efisiensi dan penghematan

  24. mas, sy cpns pemda. kalo maw pindah cpns buat dosen PTN gmana? klo misalkan dah PNS, gmana ngurusnya bwat jd dosen PTN? thank u ya..

    • sebaiknya gak usah pindah, tapi nyambi ngajar aja. utk itu memang perlu kenal dengan orang2 di PTN, tahu kemampuan Anda, supaya anda bisa jadi dosen tamu tetap disitu. banyak koq temen2 PNS yang nyambi ngajar di PTN maupun PTS. utk jelasnya bisa ngobrol langsung aja ke bagian pengajaran di PTNnya

  25. salam,mas dizman
    alhamdulillah, sk cpns ku dah kelar pebruari kemarin sjak pemberkasan des 09, sy pnsda..kira2 prajabnya brp lama ? da gak bedanya dengan cpnsda yg berasal dari honorer ?, sy prnah baca honorer baru dpt sk pns stlah 2 tahun…maturnuhun

    • sama saja, 21 hari (kalo belum ada perubahan jadwal, karena denger2 ada perubahan jadwal prajab jadi sebulan penuh)

  26. ass. mas dizzman

    Alhadullilah…….lagi asik asik nunggu SK Pemda keluar…eh enggak taunya saya ketahuan hamil mas……
    Kalo menurut primbon dokter sih,, due datenya sekitar bulan oktober 2010.

    Pertanyaannya::
    1.Kira kira prajab aku dibolehin ikut tidak ya mas ?
    dan kenapa di prajab dikatakan ibu hamil dianjurkan tidak boleh ikut?
    2. biasanya setelah SK keluar , berapa bulan ke depan sih, kita wajib disuruh ikut prajabnya?
    3.Kalo mau ikut prajab susulan, aku baiknya ikut yang bulan apa ya mas? dalam 1 tahun diadakan berapa kali ? apakah kita kena biaya tambahan tidak?
    4. instansi mana yang bisa saya ikutin prajab susulannya?

    Terima kasih mas
    sebelumnya maaf kalo panjang pertanyaaannya…

    • 1. disarankan utk menunda prajab, karena acaranya full day dari pagi jam 6 hingga malam jam 9an, dan gak boleh bolos (toleransi hanya 1 hari saja). tapi coba konsultasikan dgn dokter di pemda atau BKD nya, apakah memberi izin atau tidak
      2. tergantung jadwal dari diklat, bisa sebulan, bisa setahun, tapi paling lama sebelum dua tahun harus sudah prajab
      3. mungkin setelah tiga bulan melahirkan, sekitar Januari tahun depan, ikut gelombang adik angkatan. setahun bisa 3-4 kali koq, tenang aja, cuma kalo telat memang ada kemungkinan bayar sendiri karena jatahnya hanya utk tahun ini, tapi coba aja lobi BKD nya
      4. instansi yang mengadakan prajab, jadwal bisa dilihat di BKD bagian diklat atau ke LAN

  27. mau nanya apakah cpns bs cuti melahirkan?

    • mungkin istilahnya bukan cuti, tapi izin, biasanya sih diberikan selama 1-2 bulan… kalo dah PNS baru bisa cuti 3 bulan

  28. Salam pak..
    Sy mau tnya.. Sy cpns pnrimaan kab tolitoli sulteng gol III. Brhubung sy msh ada tgs di bdg mgnai magister sy brncana ikt prajab di wilayah jabar khususnya bandung atw cirebon. Dr informasi tolitoli sy bs ikt prajab di wilayah lain dg membawa dan kontribusi.Mhn informasinya pelaksanaan tgl brp agar sy bs urus ikt prajab di wilayah jabar. Tks pak

    • sekarang anda urus saja dulu surat pengantar dari BKD toli2 utk ikut prajab di daerah lain, lalu siapkan anggaran utk ikut prajab di daerah lain, karena biasanya kalo gak ikut rombongan, anggarannya dikembalikan ke negara. utk itu anda bisa minta bantuan biaya prajab sama bos atau ke BKD. biayanya sih kurang tahu persis, tapi siapkan aja sekitar 6-8 juta an utk biaya prajab swadana sama biaya hidup ketika prajab. utk info prajab bisa ditanyakan ke Badan Diklat Propinsi Jabar, di jalan BKR (deket Horison)…

  29. Setelah mengikuti prajab, syarat untuk mjd PNS apakah dperlukan tes kesehatan lagi? Klo ada,tes kesehatannya seperti apa? Mohon info nya? Trimakasih

    • ada sih, tapi sekedar formalitas saja utk melengkapi berkas, ya seperti biasalah, di RSUD atau dokter puskesmas… nanti mereka sudah tahu koq apa yg harus dilakukan, tinggal ngomong aja buat surat keterangan sehat utk pemberkasan SK PNS….

  30. Mas Dizzman, saya adalah cpns..dan saya punya masalah dalam hal penempatan, saya ditempatkan ke dalam ruangan yang bebas rokok,,saya takutnya setelah 6 bulan masa cpns itu berdampak bagi kesehatan saya, sehingga saya tidak bisa mendapatkan surat kesehatan untuk melengkapi berkas PNS..

    kira2..solusi apa yang tepat agar saya bisa dipindahkan ke ruangan bebas rokok? dan apakah permintaan pindah itu dapat mengakibatkan / berdampak tidak baik bagi saya? soalnya benar2..kesehatan itu kan tidak bisa dibeli dengan apapun juga..mohon solusinya mas..terima kasih

    • gak usah terlalu kuatir… dulu saya juga begitu, dan lolos2 aja tuh waktu periksa kesehatan waktu pemberkasan PNS… gak berat koq, santai aja… atau sering2 aja di luar ruangan, kadang2 kita perlu ngalah sedikit karena situasinya belum bisa berubah… kalo mau pindah ruangan, laporkan saja sama pimpinan dengan alasan spt di atas. biar pimpinan yg menentukan

  31. tp mas, saya kasian aja sama teman saya juga..dia cewe..tapi ditempatin di ruangan bebas rokok, dan hampir semuanya merokok..saya aja ga kuat..apalagi dia..

    kami ga bs konsen karena masalah tersebut..Btw jika bilang ke atasan, kira2 wajar kan ya mas..terima kasih

    • sebaiknya memang begitu, biar atasan yg memutuskan, jangan kita… memang di beberapa instansi masih memberlakukan bebas merokok, maksudnya benar2 bebas utk merokok… jadi sebaiknya ngobrol sama pimpinan unit, mudah2an dikabulkan utk dikasih ruang tidak merokok

  32. Mas, mohon petunjuk:
    1. apakah ada kebijakan/ PP yang menjelaskan bahwa kita bisa mengikuti prajab dengan biaya sendiri?mengingat saya baru diangkat CPNS per 1 januari 2010, apabila bisa bagaimana prosedur pengajuannya?
    2. apakah kita harus mendapatkan ijin terlebih dahulu dari Satker untuk mengikuti prajab?

    • 1. saya gak apal PPnya, (bisa dicari di BKN atau Menpan), tapi based on my experience, bisa aja kalau anda memang gak bisa ikut secara reguler, dan masih ada tempat kosong utk diklat prajabnya, mengajukannya ke bagian kepegawaian utk minta surat pengantar, kemudian diantarkan ke bagian diklat utk diproses, tapi alasannya harus jelas dulu kenapa gak bisa ikut yg reguler
      2. iya, mereka pasti disurati bagian kepegawaian kalo anda mau dikirim prajab

  33. Mas, kalau saya sudah memiliki ijazah S2 akan tetapi waktu pemberkasan yg digunakan ijazah S1 karena sesuai kebutuhan penerimaan, apakah saya dapat menyesuaikan ijazah S2 saya (satu jurusan dgn ijazah S1) tersebut? Kalau bisa bgmn ya caranya dan bisakah diinformasikan peraturan2 yg mendukungnya? Terima kasih banyak sebelumnya mas.

  34. mas, apakah ijazah S2 (satu jurusan dgn ijasah S1) saya diakui dan dapat disesuaikan? Hal tersebut kerena saat pemberkasan cpns yg digunakan ijasah S1 sesuai dengan kebutuhan penerimaan. Kalau bisa bgmn caranya ya mas dan peraturan apa yg mendukungnya? Terima kasih bnyk sebelumnya.

  35. Mas..sy baru lulus CPNS desember 2009 kemarin..tp bru terima SK..sekitar Januari akhir dan langsung mulai bekerja Februari 2010…di pemkot tempat sy bekerja ini..katanya baru prajab maksimal 2 tahun, temen2 saya yg angkatan sebelumnya (lulus tes 2008) sampai sekarang juga belum menjalani prajab…
    yang ingin saya tanyakan….pada saat ini SK CPNS saya sudah jadi jaminan di Bank daerah setempat…saya baca penjelasan di atas..bahwa untuk mendapatkan SK PNS kita harus menyerahkan SK CPNS asli..bagaimana dgn saya (semua temen2 CPNS juga sdh menjaminkan SK nya) apakah boleh menggunakan fotokopian atau kita harus ke banknya langsung…bagaimana jalan keluarnya (pinjaman saya 5 tahun)… trims.

  36. mohon pencerahan mas..
    sy cpnsda sk cpns tertanggal 01 januari 2010.saat ini sy berkeinginan untuk resign,krn banyak hal.
    mohon penjelasannya mas..
    trimakasih sebelumnya..

  37. Bolehkah seorang CPNS :
    1. Melakukan perjalanan dinas (mendapatkan SPPD)?
    2. Melakukan audit? (CPNS di Inspektorat Daerah)

  38. Mas, saya seorang CPNS dan belum ada pra jabatan…berapa hari yang lalu saya mengalami kecelakaan dan rahang kiri kanan retak. Apakah saya tetap bisa menjadi PNS ?

  39. mas ,mau nanya ijazah apa saja yg diperlukan untuk CPNS,,apakah ijazah SMA juga hrs d sertakan bila keterima,saya melamar dengan ijazah S1..terimakasih

  40. mas mau tanya apakah kalo bertato waktu test cpns bisa gugur ?

  41. klo mo minta mutasi pas abis CPNS ke PNS bisa tidak??

  42. mas, mau tnya kl sudah lu2s ujian tulis cpns trus harus pemberkasan syaratnya ada fotocopy legalsir ijazah lagi. buat pemberkasan itu fotokopi legalisir ijazah pendidikan terakhir saja atau fotokopi legalisir ijazah dari SD?? makasih mas…

  43. mas mau tanya,sy lulus CPNS trs syarat pemberkasan harus pk K.kuning kan,besok baru mau urus(mmg agk telat)pdhl wktu utk dftar ulang online smpe 9 nov 2010,trus pengiriman berkas 11-22nov 2010,kalo umpama kartukuningnya blm jadi sampe batas waktu dftar ulang online gimana mas?bs ga disusulkan waktu pengiriman,dan dftar ulang online nya kosong sementara?bingung neh,soalnya katanya kalo musim CPNS gini urus kartu kuning bisa seminggu ya?

  44. mau tanya lagi heheh,,,kan cm ada pengumuman di web depkes kalo pemberkasan sampe tgl 22nov,,abis itu berarti masih nganggur aja sampe ada pembertahuan selanjutnya?trus biasanya berapa lama sampe masuk kerja?hari pertama kerja gitu biasanya training ato langsung kerja biasa gt mas?maaf saya bener2 buta masalah CPNS blm pernah,baru sekali daftar PujiTuhan Masuk,,jadi saya masih awam sekali,,,,makasi
    tolong kirim ke email ya mas….maakasi

    • Kebetulan Saya ketrima cpns di Setjen Kementrian Kesehatan…, buat temen2 yang sama2 cpns depkes yang lagi menuggu kabar n informasi selanjutnya setelah proses pemberkasan mohon untuk saling share info yah…Tq

    • Saya juga ketrima cpns di Setjen Kementrian Kesehatan…, buat temen2 yang sama2 cpns depkes yang lagi menuggu kabar n informasi selanjutnya setelah proses pemberkasan mohon untuk saling share info yah…Tq

  45. Salam Buat Yang punya blog…
    Kebetulan Saya ketrima cpns di Setjen Kementrian Kesehatan…, buat temen2 yang sama2 cpns depkes yang lagi menuggu kabar n informasi selanjutnya setelah proses pemberkasan mohon untuk saling share info yah…Tq

    • sama saya juga CPNS yg ketrima di ditjen P2PL. saya juga mohon informsinya ya kalau ada kabar. Kemarin temen saya yang kertima di depkes tapi penempatan di palembang dah dapat panggilan 1 desember kemarin dan kegiatannya orientasi selam 10 hari. apa di jakarta agendanya berbeda ? katanya SK juga turun perjanuari 2011

  46. Saya mau tanya, kebetulan saudara saya ikut prajab pada tanggal 18 Nov dari pemda dki jakarta (satpol pp). saya mau tanya, tempat biasa dilakukan diklat prajab apakah semuanya di ciawi bogor..? apakah untuk satpol pp di ciawi bogor juga..dimana alamatnya..? tx

  47. saya mau tanya, klo prajabatan cpns dki itu brpa bulan sih tahun 2011? berdasarkan golongan apa tidak?tx

  48. mau tanya kalo prajab tahun 2011 untuk golongan II berapa lama ya? saya cpns 2010 provinsi jabar….., terima kasih, ditunggu infonya…..

  49. Aku di terima cpns kemenkes 2010 d ternate, tapi SK x bLM ada jadix nganggur dulu kaciiaaan d makassar,.. Mau nax ni skx kpn keluar ya dari pusat ya ?.. Tapi katax TMTx 1 des ., tolong info dan penjelasanx MAS !!!

  50. mas . . . katanya ada peraturan ttg prajab selama 1 bulan penuh . . . gimana tuh mas.

  51. mohon sharing buat teman2 yg diterima cpns kemenkes 2010 dimana saja khusunya yg dipusat, setelah pemberkasan 22 nov 2010 kmrn apakah ada pemberitahuan selanjuty dr masing2 instansi ? kl sy di poltekes jkt pernah ada panggilan pengarahan, menurut info dsana SK CPNS tertanggal 1 Des 2010 hanya saja belum turun hingga skrg, mnrt mrk kami diharap sabar menunggu, apakah ada yg py kabar kapan kira2 sk turun atau mgkn ada yg sdh dpt ? tks

  52. mas saya CPNS pemda dki golongan III, saya mw tanya apakah di tahun 2011 ini saya bisa mengikuti prajab di pemda banten soalnya saya dapat info dsana akan diadakan prajab gol III bulan februari ini…selain ke BKD di pemda dki saya perlu g koordinasi ke Badan diklat pemda dki?kemudian apakah benar biaya kl prajab swadaya sendiri sekitar 7 jt?atw msh bs kurang

  53. mas mau nanya paling lama dari pemberkasan sampai turun sk Cpns itu berapa lama yah?
    soalnya dari bulan desember sampai sekarang akhir bulan february belum ada pemberitahuan?
    kalo pemberitahuan turun SK Cpns biasanya kita dapatkan dengan cara apa? pemberitahuan via online atau ada surat yang datang kerumah terimakasih,di tunggu jawabannya

  54. saya diangkat menjadi CPNS dari jalur honorer dan SK CPNS saya thn 2007 bln 1. namun saya tidak mengikuti prajabatan hingga sekarang (2011) Karena ada sesuatu dan hingga sekarang saya masih aktif bekerja. Yang saya tanyakan bagaimana caranya saya mengikuti prajabatan?? karena kata BKD tempat saya tugas tunggu keputusan dari medan karena tdk ada lagi prajabatan dari jalur honorer.

  55. mas,tman sy cpns,tetapi mgalami buta sbelah smenjak lahir,n pnempan tgs sbg ppl..apakah msh bs jd pns?

  56. mas,mau tanya ni,tentang jalan menjadi pns,dari pemberkasan hingga 100% pns?melewati apa aja.thx.

  57. mas, saya mo tannya apakah bisa melakukan penyesuaian.
    saya lulusan d3,dan lanjut lagi s1.kmrn alhmd lolos cpnsd tp dgn d3(sesuai permintaan formasi),dlm surat lamaran dan lain2 ditulis pendidikan terakhir kita d3.gmn dgn ijasah s1 saya..apa bisa penyesuaian..klo bisa kpn jangka waktux???

  58. Mo nanya nih saya CPNS dah prajab satu setengah tahun tapi sampai sekarang kok belum ada juga SK 100% tolong bantuanya.padahal pemberkasan dah semua

  59. Mau tanya pak, apakah bisa SK PNS mutasi (pindah instansi) dari SK CPNS, terima kasih

  60. Pak,sy CPNS yg sudah bkrja 1th & tlh lu2s diklat prajab..pmbrkasn untk SK PNS jg sudah sy selesaikan semua dri bulan Januari,sekarang tinggal menunggu SK saja tp sudah lwt per SPMT krena SPMT sy per 1 April namun smpai skrang SK blum dbrikan..prtngahn bln ni dbrikn DP3 tp atasan sy gk mau ttd dg alasn gk jls..Apakah krna alsn trsbt SK PNS sy jg bsa gagal..?

    • Pak saya mo nanya, saya lulus CPNnya dengan TMT 1 Januari 2010 setelah itu prajabatannya bulan juni 2011. sertifikat prajabatan terimanya bulan november 2011. kemudian SK 100% teima bulan April 2012 SKnya tertanggal 30 September 2011. yang saya tanyakan apakah kekurangan gaji CPNS ke PNS itu terhitung sesuai tanggal SK 100?? kalau iya apakah ada aturan mengenai pembayaran kekurangan gaji tersebut?? karena kekurangan gaji kami hanya dibayar 2 bulan terhitung Oktober-November 2011. terima kasih atas infonya. kasman Kab.Halmahera Selatan Maluku Utara

  61. tanya pak kluarga saya cacat mata sebelah kanan, apakah bisa mendaftar sebagai calon PNS trimakasih

  62. salam sukses…
    mas, tolong pencerahannya, saya lolos test cpns MA tahun 2012 ini, kapan (berapa lama) sk cpnsnya keluar sejak pemberkasan? dan apakah saya akan dialihkan ke BKD setempat atau tetap melakukan proses pemberkasan di BKN mas… Terima Kasih

  63. Apa kbar pa, mau numpang nanya pa.
    Syrat untuk menjadi pns kalau dari cpns kan mesti ada surat tanda sehat, nah yang ingin saya tanyakan bagaimana kita mendapatkan surat tanda sehat itu, apakah kita dapet pada saat prajabatan jadi pns atau kita yang cari sndiri surat tanda sehatnya.
    Terima kasih.

  64. Berapa hari pelaksanaan tes cpns 2013. apa ada kemungkinan lebih sastu bulan?

  65. Maaf mas, saya CPNS dan bentar lg jd PNS karena bulan kmaren baru saja selesai ngurusin pemberkasan buat SK 100%. Kalo nanti jd PNS , apakah ada rapelan gaji yg 20% nya dr CPNS tdk mas?????

  66. Mas, mohon pencerahannya, kalau di web pengumuman tidak mensyaratkan ijazah SD-SMA, apakah harus tetap membawa ? Soalnya saat ini posisi masih kerja (susah cutinya). Thanks :)

    • Sebaiknya memang disiapkan saja paling tidaj copynya, takutnya daripada bolak balik seandainya diminta di tempat sudah siap

      • Pagi mas, mau lanjut tny:
        1. Tes kesehatan jasmani & rohani itu apakah sampai tes urin, darah, torax gt mas ? Tes rohani kyk apa ya ? Kalau di puskesmas kan biasanya cuma tensi, BB, TB, gol darah. Apakah harus di RS ? Kalau bebas narkoba bs di RS bhayangkara ya ?
        2. Kalau kemenkeu skrg kok tidak mensyaratkan kartu kuning ya mas ? Apakah ada yg kelewat atau memang dihapuskan ya ? Masih bingung nih :)
        Thanks mas dizzman

      • Kl utk persyaratan memang tesnya standar puskesmas, tp ada bbrp kementerian melakukan tes kesehatan beneran seperti utk bea cukai atau ditjen permasyarakatan. Sebaiknya memang di RS pemerintah bukan swasta
        Secara umum penerimaan cpns msh mensyaratkan kartu kuning. Tp memang bbrp mungkin sdh tdk mrnsyaratkan lg

  67. dikemenkeu setelah pemberkasan fisik tahap selanjutnya apa mas??ad yg bilang lngsng diklat 4blan trus magang 6bulan,,trus lngsng prajab n penempatan,,apa bener seperti itu??kok lama bget ya??

  68. mas , sy mau tanya sy lulus tes pns tahun ini dan smntra lg pemberkasan tp saya juga bru lulus buat magister sy dgn biaya pribadi… apa setelah sk 80 % saya keluar bisa mengajukan izin belajar selama 2 tahun???? mohon jawabannya???

    • Ya blm bisa otomatis bgt, nanti stlh 2 thn jd pns silakan ajukan penyesuaian, itupun agar gelar anda tercantum dlm catatan kepegawaian dan diterima kepegawaian.

  69. mas.mau tanya klo pemberkasan menggunakan surat kenal lahir bukan akte kelahiran bisa tidak?

  70. maaf mas bkn surat kenal lahir tp surat laporan kelahiran yg dterbitkan dr kelurahan. itu bisa g buat pemberkasan?

    d pengumuman persyaratan pemberkasan hanya tertulis foto copy akte kelahiran saja.

    • Kl sempet bikin akte kelahiran saja msh bisa koq. Tp kl pake surat keterangan ya lampirkan saja selama ga dipersoalkan panitia ga masalah

  71. Mas, saya lulus tes cpns pemko Des 2013 dan pemberkasan Januari 2014 ini. Kemarin mendaftar menggunakan ijazah S1. Yang ingin saya tanyakan :

    1. Sekarang saya sedang menyusun tesis. Apakah selama cpns nanti saya harus mengajukan izin belajar, tidak perlu izin, atau cuti kuliah.? Sebaiknya bagaimana mas.? Saya ingin S2 saya bermanfaat untuk jenjang karir kedepan.

    2. Apakah ada penyesuaian golongan dari III-A ke III-B nanti setelah selesai S2.? (S2 linier dengan S1).

    3. Bolehkah menikah dan hamil selama menjadi cpns.? Berapa hari izin menikahnya.?

    4. Kapan gaji cpns mulai dibayar.? Apakah menurut TMT, tanggal berlakunya SK CPNS, SPMT, atau hari pertama bekerja.?

    Terima kasih mas. :)

    • 1. Memang izin belajar dsb baru bisa stlh jd pns, tp coba aja urus, yg penting ga ganggu jam kerja
      2. Tdk bs langsung, tp nanti kepake pas mau naik ke gol 4 ga perlu tes lg dan pensiun bs mentok ke gol 4
      3. Boleh saja, sbnarnya kl msh cpns ga boleh cuti, tp bs saja minta izin atasan langsung
      4. Menurut TmT

  72. mas alhamdulillah saya baru saja lolos sebagai cpns.
    mau tanya tes prajab itu meliputi apa saja? apa seperti tes tertulis (Seperti tkd dan tkb) dan interview seperti tes awal masuk cpns? dan apakah seluruh peserta prajab sudah pasti lolos jadi pns? terimakasih banyak sebelumnya

  73. saya mau tanya??saya bingung..saya kebetulan di umumkan lulus cpns depnakertrans tahun ini. Tgl 2 Januari kemaren pemberkasan..kebetulan bulan oktober 2013 lalu saya sudah lamaran dan akan menikah rencana tanggal 25 mei 2014..yang saya mau tanyakan..kira kira Prajab untuk depnakertans kapan ya di mulainya??umpamanya bertepatan dengan tanggal saya menikah apakah bisa ada konspensasi saya ijin untuk menikah dulu..apakah boleh ijin pas prajab. trus yang saya dengar pas prajab tidak boleh ijin..dan takutnya kedepannya berpengaruh terhadap status cpns saya bisa bisa ga jadi diangkat jadi PNS..saya bingung sekali..padahal rencana gedung, catering sudah saya susun dengan rapi dari sekarang..mohon infonya..saya sangat bingung dan stres dengan hal ini..mohon bantuannya sangat..terima kasih banyak.

  74. Saya Mau nanya jarak antara pemberkasan dengan diklat prajab itu brapa minggu ya? Klo lihat aturan biasanya dimulai tanggal 1 ya, betul?
    Alhmdulilah saya sudah lolos CPNS Dephub dan sudah pemberkasan tanggal 27 Desember 2013, nah saat ini saya sudah ngajuin resign awal februari dan berencana nikah pertengahan Maret.
    Trus sistem pengajiannya gimana ya klo prajab? tunai pa transfer?
    berapa persenkah? apa aja yang kita dapat ya?
    please penjelasannya

    • Cpns dpt 80% dr gaji pokok, kl penggajian dah di transfer. Kl sk selalu dimulai tgl 1, bukan prajab. Prajab kl kita sdh masuk kerja dan terima sk

  75. mas dizzman, kebetulan saya sudah pemberkasan di setjen dpr.. tapi saya masih belum dapat gambaran kegiatan selama masa cpns apakah ada orientasi pekerjaan atau sama seperti anak magang ?

    thx b4 mas.. :D

  76. thx infonya mas, oiya seandainya setelah pemberkasan saya di terima di kementerian lain & saya mengundurkan diri lalu memilih kementerian tsb apakah diperbolehkan dan tidak ada masalah di BKN?

    • Nama anda sdh terdaftar di bkn jd sulit buat lolos pemberkasan di kementerian lain, tp kl mau ngetes sih boleh aja dgn resiko tdk bs daftar pns lg

  77. hahaha
    ane cari aman aja deh mas :D

  78. mlm mas dim,,mw tany dalam pemberkasan kalo nama bapak yg di ijazah dg di akte kelahiran berbeda bagaimana?

  79. Kl beda tipis sih ga masalah

    • beda nama belakangny,
      dlu wktu bwt kenal lahir untk ijzah sd tnp lihat bku nikah eh dh kadung trcetak,jd ijzah sd smpai sma nma bpak abdul rohman,sdngkn d akte dn kk ktp,bku nikah bpk abdul karim.
      kira2 di permslhkn ndk d bkn?trus solusiny gmn mas,,

  80. malam mas dizz…saya lolos cpns dephub dan pemberkasan tgl 6 januari, saat pemberkasan hanya nyerahin syarat2 yg diminta dan gak ada penjelasan gimana2nya nanti setelah itu. tgl 20 januari sy coba telp dephub menanyakan bagaimana kelanjutannya dan dijawab diminta menunggu aja, gimana saya bisa tau klo SK CPNS saya dh keluar?

  81. saya akan melaksanakan prajab mas. mohon ino tentang kelengkapan yang harus dibawa saat prajab. terima kasih

  82. Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, betul dengan yang di kata’kan mas D bahwa dulunya saya ini juga cuma seorang Honorer di sekolah dasar manado, Sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, dan membayar 40 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no tlp Bpk DJOKO SUTRISNO yang bekerja di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan juga mengurusnya untuk kenaikan golongan, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudia saya sudah ada panggilan kejakarta untuk ujian, alhamdulillah SK saya akhirnya keluar, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya Hubungi saja Bpk Dr.Drs.Djoko sutrisno,Msi no hp beliau yang s’lalu aktif 0823-2067-3456 terima kasih

  83. mas kalau boleh tau kapan pra jab cpns 2013 di kemenkum dan ham Riau

  84. Permsi mas saya mau tanya, saya ada jadwal ikut prajab tapi ada cacat karena kecelakaan di masa lampau, sehingga kaki saya pincang, tidak bisa mengikuti aktivitas fisik seperti lari. Apakah bisa lulus prajab?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 66 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: