Tentang Daku

Mengapa aku memilih jadi PNS? Jawabannya sederhana saja: karena banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk hal lain. Aku bisa menulis, bisa berbisnis, bisa kumpul2 tanpa harus kuatir dipecat. Karena itu aku menganggap PNS adalah hobi dan amal, pekerjaan utama freelancer…..he3x….

Sedikit kilas balik

Aku adalah seorang PNS yang saat ini bekerja di Kementerian Negara Perumahan Rakyat. Sewaktu melamar jadi CPNS aku pilih Pemerintah Propinsi Jawa Barat, karena saat itu satu-satunya yang masih buka lowongan sesuai dengan kualifikasi sarjanaku (Teknik Planologi ITB). Kemudian setelah lulus berbagai tes dan diterima, aku ditempatkan di Pemerintah Kota Bekasi. Di situ aku bekerja di instansi Bappeda selama dua tahun, sampai Pra Jabatan selesai dan telah 100% menjadi PNS. Kemudian pindah ke kantor yang baru dibentuk, yaitu Kantor Pengolahan Data Elektronik (KPDE), selama hampir tiga tahun lamanya, diselingi dengan masa sekolah Pasca Sarjana ke MPKD UGM, dengan beasiswa dari CBUIM Departemen PU. Sepulangnya dari sekolah, kantorku ditingkatkan statusnya menjadi Badan Informasi dan Komunikasi, dan aku kembali ditempatkan disitu. Dua tahun berlalu, aku dipindah lagi ke Dinas Tata Ruang dan Permukiman, mengingat latar belakang sarjana dan pasca sarjananya. Tetapi tidak sampai dua bulan, aku resmi pindah ke Kementerian Negara Perumahan Rakyat, tepatnya di Kedeputian Pengembangan Kawasan, atas permintaan sendiri dan ajakan seorang teman yang lebih dulu ada disitu, karena jenuh bekerja di daerah dan ingin mencari tantangan baru di pusat.

242 Tanggapan

  1. “… Karena itu aku menganggap PNS adalah hobi dan amal, pekerjaan utama freelancer…..he3x…”
    > Sama Mas..

  2. He3x…supaya kita ikhlas gak ngiri liat orang korupsi di kanan kiri

  3. Mending kamu berhenti aja jadi PNS disana .., karena kamu gak niat jadi PNS nya.., nambah2 beban pemerintah aja…, kalo aku atasan mu ..kamu dah aku minta untuk berhenti tu..masa pekerjaa freelancer dan kerja jadi PNS kok hobby

  4. Ha… ha…: — ” –

  5. Ha… ha… ha… : — ” –

  6. kenapa saya sebut hobi? soale saya ditempatkan di bidang yang menjadi hobi saya, yaitu utak-utik komputer. sementara bidang keahlian saya malah gak kepake sama sekali.

    • mas, sy nanya , sy tugas di pemkota palangka Raya Kalimantan Tengan pada instansi dinas pendidikan kota, apakah saya bisa mutasi ke kementrian hukum dan ham RI, kemudian minta ditempatkan dikota asal yaitu palangka raya ,rencana saya mau ngajukan pindah tetapi g ada kenalan di kemenhumham jakarta, tol jawab ke hp sy 081250978100 atao 085751985139

  7. yang bukan PNS, boleh absen nggak?? :)

  8. monggo kerso mas, silakan saja berkomentar, he3x…..

  9. wah ada yang jadi pns nya niat. salut deh ^_^

  10. this guys is my coach! always success boss…

  11. Bisa bagi pengalamannya pindah antar intansi ga? Soalnya rencana istri mau tak ajak ke kota tempatku bekerja, so harus pindah antar pemda. Kalau bisa lewat email aja mas. makasih

  12. salam kenal aja..

  13. Maz, kl pindahnya dr pemda k bpk apa mungkin??? Pengennya jd auditor…

  14. secara teori sih mungkin2 saja, tapi memang, perlu ada yg ngajakin pindah dari BPK, kalo ngurus sendiri repot dan belom tentu disetujui…

  15. Tidak ada Korelasi yang signifikan antara latar belakang pendidikan dengan pekerjaan seseorang….
    Saya lulusan Statistik sekarang kerja di EDP/IT Indomaret.
    Tapi mau keluar karena ketrima BPS…
    nah ini baru ada korelasi….

  16. @Vera
    Kamu Pemda mana? Aku BPK Pusat, lagi pengen pindah instansi… Siapa tau kita bisa tukeran?

  17. Salam knal mas dizzman, sya pns guru sd di musi rawas prov. Plg.. Yg ingin sekali pindah tgs ke bkn, trus bagaimana caranya ya mas…baik yg prosedural atau ya tdk, tlong ke email sya

  18. salam kenal mas…
    mohon berbagi info tips n cara jitu pindah pemda, saya guru pns dari lampung ke guru dijakarta untuk ikut istri yg jg pns.
    mungkinkah itu dilakukan?
    apa saja syaratnya?
    berapa lama prosesnya?
    persiapan apa saja yg hrs saya siapkan secra admin dan materi?
    mohon pencerahan ke emailku.
    terima kasih.

  19. salam kenal mas…
    saya mau numpang posting dan nanya nih…
    to the point yahhh…
    surat lamaran untuk cpns yang lolos ada format bakunya ato dibuat seperti surat2 lamaran pada umumnya…
    trima kasih ya mas…

    • ada, coba tanyakan aja ke Biro Kepegawaian/bagian kepegawaian setempat, formatnya sama koq seperti waktu pendaftaran dulu, cuma diulang lagi

  20. Salam kenal Mas….
    mas udah diterima sebagai CPNS daerah dari formasi Honorer, sya terangkat gol. IIa, tapi sy juga sudah memiliki Ijazah S1…, bisa ga Ijazah sy di sesuaikan jadi gol. IIIa, kemudian sy juga ingin sekali pindah tugas ke BAKOSURTANAL.., gimana ya caranya…, mohon sekali infonya
    makasih….

    • bisa setelah gol IIc 2 tahun. Di dunia PNS, silaturahmi penting, apalagi dengan instansi lain, karena utk pindah, minimal kita dikenal di calon instansi (Bako), agar bisa diajak pindah. kalo melalui prosedur normal agak sulit dan lama, kecuali kalo ikut tes lagi, dengan resiko ketauan pernah jadi CPNS.

  21. Ass. gimana sih pak caranya mutasi keliatane koq mudah banget. mohon penjelasannya, terimakasih

  22. saya PNS di Univ. Jember istri di pemda wonogiri, tolong tips & trik jitunya untuk pindah :
    apa saja syaratnya?
    berapa lama prosesyanya?
    Kesiapan admministrasi & materi kira2 apa aja?
    trimakasih, tolong balas ke email saya.

  23. Ass,
    Wah seneng ya kalo udah jadi PNS, saya udah 2 tahun nyoba belum juga berhasil tuch. Katanya sich bener-bener murni n bebas KKN tapi ternyata ga kaya gitu. Di daerah tempat saya nyoba test, bisa lolos PNS aja mesti nyiapin 70 jt itu pun untuk D3 gmn yang S1. Mending saya pake buat ongkos naik haji ortu dari pada buat gituan. Nanti malah pusing gmn caranya balikin modal. Betul, betul, betul….

    Ya, sekarang bersyukur aja kerja di swasta meskipun kadang-kadang ada juga ketidakadilan.

    • sebenarnya yang murni banyak juga koq, cuma memang hebohnya yang titipan, walaupun sedikit, karena ketauan, jadi rame, he3x…. jangan terlalu percaya pada hal2 seperti itu… lebih baik tes murni daripada bayar…

    • gak semua… saya salah satu yg murni masuk PNS, Kemenkeu pula. Alhamdulillah… cukup tawakkal, berusaha, dan doa.(jgn lupa minta doain sm ortu jg, itu doa yg makbul).

  24. nderek tepang..

  25. saya juga PNS di Pemkot Bekasi (bagian umum setda) saya sudah mulai jenuh disini. ingin sekali saya punya pengalaman bekerja di Instansi Pemerintah Pusat. gimana caranya ya?

  26. salam kenal skalian mo nanya
    lebih enak mana(dr sisi gaji n pekerjaan) pns d dep pertanian atau d kabupaten. mohon jawabanya. makasih

    • enak atau tidak tergantung penempatan juga ya. kalau di lapangan mungkin ada tunjangan lain di luar gaji. di daerah pun kalau di dinas tertentu bisa lebih besar daripada yang lain, begitu pula di pusat. cuma kalau di pusat enaknya bisa jalan2 ke daerah, tidak sebaliknya he3x…

  27. saya pns di DJP mau pindah ke pemda bontang(DISPENDA) gimana cara dan prosedurnya ya mas,thanks…

    • coba cek dulu apakah ada formasi atau kenalan di sana? kalo prosedur sih standar ya, mulai dari surat permohonan pindah, surat izin pindah, kemduian surat persetujuan pindah dsb. yg penting itu dulu deh

    • mas edo, salam kenal, gimana proses pindahnya mas???sampe dimana sekarang??aku jga pns djp pingin ke pemkot aja, capek pindah2??

  28. mas , aku baru lulus cpns di suatu kabupaten sumatera utara tgl 7 november, III a , tehnis , amdal ,yg mau saya tanyakan :
    1. apa beda di formasi tehnis dgn yang lainnya.dari segi tunjangan .
    2. apa yg di maksud dengan eselon ?, ada kah peluang saya untuk kesitu,
    3. untuk naik golongan membutuhkan waktu 4 tahun , bisa kah lebih cepat , siapa yg menentukannnya mas ?
    4.saya masih aktip di perusahaan swasta sampai saat ini, pendaftaran ulang ( berkas ) s/d tgl 16 november 2009 , menurut mas kapan saya sebaiknya resign dari perusahaan saya ini,

    atas jawaban mas saya ucapakan terimakasih banyak,
    horas .

    • 1. sama saja, tergantun di mana ditempatkan
      2. eselon itu jabatan, mulai dari eselon IV (kepala seksi/ sub bidang) eselon III (Kepala bagian/bidang) eselon II (kepala dinas/badan, asda, sekda kab/kota) eselon I (sekda propinsi), bisa aja nyampe asal rajin bergaul dan dikenal baik
      3. bisa aja asal menduduki jabatan eselon sebelum waktunya, yang menentukan ya bos anda
      4. nanti saja setelah terima SK, masih lama koq, paling cepet juga 2-3 bulan lagi

  29. salah mas, pengumpulan berkas sampai 16 desember 2009, aku lulus 7 desember 2009, he h e he

  30. kira2 sambilan apa y yang cocok buat PNS?

    • jualan online, he3x…. ngajar, dagang (nitip saham) dll

      • Wah Jualan Online…

        pas bgt tuh, mas..
        Saya kebeneran juga lagi interest bgt ke arah situ…
        Maklum deh…belum kebayang ngejalanin Hidup dengan gaji 80% saja..Jd kenapa enggak dirintis dari sekarang saja?..

        Udah bolak balik cari referensi online marketing, tapi masih ragu ragu yang mana yang paling tepat …

        karena mas dizzman udah saya anggap suhu,,, ;)
        Boleh nihh…kapan kapan aku pengen tanya jawab intensif mas…..?? kupi darat atau japri, mungkinn? (ngarep.com)

        btw..sukses mas buat Blognya..
        banyak membantu bgt nih buat CPNS yang masih gamang seperti saya iniiih

      • via email aja dulu ya. kalo di Jakarta boleh di seputaran Blok M… kontak via email, kapan ada waktu (sore menjelang malam) bisa call me…

  31. mas Dizzman, saya mohon petunjuk untuk pindah dari daerah ke institusi pusat? terima kasih

    • intinya sih, coba cari kenalan di pusat, cari info ada formasi kosong, lalu buat lamaran ke instansi pusat, trus buat surat permohonan pindah bila pusat sudah memberi sinyal setuju (surat lolos butuh), selanjutnya berjalan sesuai prosedur. yang penting cari info dulu

  32. Salam kenal, Mas… senang banget ya..ada senior yang mau berbagi begini… rasanya kok seribu satu.. biasanya senioritas tinggi banget.. Oya Mas..saya mau tanya jika seseorang mengalami hal yang sama dengan mbk Neni..tapi kantornya mempersulit resign .. artinya jika surat pengajuan resign februari harus bulan juli tahun ini bisa keluar..jadi serba gambling..apa terlalu berani untuk mengajukan resign januari supaya bisa keluar februari?apa setelah pemberkasan masih bisa tidak diterima jadi PNS..tk Mas untuk sharingnya..

    • kalo sudah pemberkasan sih berani aja, soale kan tinggal nunggu SK aja. yang penting tetap sabar ya, paling cepat 2-3 bulan, bahkan bisa 7-8 bulan.

  33. salam kenal mas. begini mas, saya kerja di BPN tapi dluar jawa, sudah tiga tahunan dan sekarang pingin pindah. gimana caranya biar bisa pindah cepet y? dari PNS Vertikal bisa pindah ke pemda nda? punya bentuk surat permohonan pindah ga? makasih sebelumnya y..

  34. klo boleh balasnya lewat email y mas..

  35. salam kenal mas,
    numpang tanya donk,
    saya baru lulus cpns di satu pemko, di posisi auditor,
    kira2 posisi ini menjanjikan gak ya?
    soalny saya liat diklat ny jg di bpkp
    bener ga mas,
    mohon infony ya

    • semua tergantung diri sendiri, mau ditempatkan di manapun, selama emas ya tetap emas, maka dari itu, jadikanlah anda emas.
      iya, diklatnya di sono

  36. mas kalau info tentang cpns ESDM ada mas??
    makasih

  37. mas kenalkan
    saya robin dari bandung
    maw bertanya2 seputar info cpns esdm mas..hehe
    makasih

  38. ass. mas terima kasih info-infonya begitu berharga…alhamdulillah saya diterima CPNS di 2 tmpt tp malah bikin bingung.Pilih Kementrian Kelautan & Perikanan apa Menkumham ya..di DKP jd penyusun rencana pengadaan perlengkapan baan riset…di Menkumham jd pengelola adm BPHN..menurut mas gimana?..makasih sebelumnya..smoga sukses..

    • ikuti kata hati aja … menurut saya sih lebih enak di Menkumham, daripada di pengadaan, soale rawan he3x…

  39. klo pengen pindah antar departemen bisa ga mas ???

    pengen banget jadi diplomat nie…
    hehehe…

    • bisa, tapi agak sulit memang. yang penting silaturahmi dan dikenal luas, siapa tahu ada yang ngajak pindah

  40. wah semoga bisa memberikan edukasi bahwa pns kerjanya tdk hanya main catur dan tidur2an (guyonan kata gusdur), heheh *piss
    tetap semangat pak!

  41. Saya calon cpns, tapi masih blank mengenai istilah2 pns, misal: fungsional, struktural, eselon, dll. Apakah bpk punya artikel/Peraturan atau website yg menjelaskan hal2 tersebut? makasih.

    • baca saja UU Nomor 43 tahun 1999 tentang kepegawaian dan aturan turunannya… kalo masih bingung boleh tanya lagi :D

  42. saya PNS di Kab.Nunukan Kaltim berniat untuk pindah ke Propinsi Sulawesi Selatan :
    apa saja syaratnya?
    berapa lama prosesyanya?
    Kesiapan admministrasi & materi kira2 apa aja?
    trimakasih, tolong balas ke email saya.

    • syaratnya: surat izin (lolos) dari atasan langsung utk pindah, dan surat butuh atau ada formasi dari instansi tujuan…
      cepat lambatnya proses tergantung pejabat ybs dan kita
      pindah itu yang penting ada persetujuan pimpinan daerah asal dan diterima di instansi tujuan. makanya yang lebih penting adalah silaturahmi

  43. mass dizzman yth, saya mo tanya apa alasan yang paling tepat kalo mau pindah dari daerah ke pusat, karena seringkali ditolak jika alasannya sangat pribadi atau pengabdian, kalo gak keberatan bisa dikirim contoh surat permohonan alih tugas mas dizzman ke pusat. haturnuhun…

    • sebenarnya bukan alasan di surat yang menyebabkan anda ditolak, karena isi surat sayapun seperti itu. tetapi memang mereka ‘masih membutuhkan’ tenaga Anda, dan lebih banyak faktor X atau informal daripada faktor formal. surat menyurat itu cuma formalitas saja buat bukti kepindahan. jadi sekali lagi, yang lebih penting adalah silaturahmi dan hubungan baik.
      apapun alasannya, selama pimpinan anda masih ‘membutuhkan’ Anda, akan sulit utk pindah…

      • mas dizzman yang baik, biasanya berapa lama butuh waktu ketika mulai proses pindah tugas sampai benar2 pindah di instansi baru? sesuai pola kedekatan atau memakai pola biasa, tanpa kedekatan, mungkin kan berbeda ya… tk..

      • sekitar 3-6 bulan lah.. tapi sekali lagi, memang faktor kedekatan itu menentukan cepat tidaknya anda pindah, atau berhasil gagalnya anda pindah…
        kadang2 memang harus sedikit memaksa, dengan bantuan orang lain, tuk meyakinkan kepindahan kita… dan yang penting adalah bahwa instansi yang dituju sudah siap menampung kita. kalo belum siap percuma, karena kita bakal jadi bulan2an kalo dah ngurus pindah, dan suratnya dah keluar, ternyata gak jadi pindah gara2 ditolak di instansi tujuan

  44. Halo mas. mo tanya. kalo CPNS pemda mo pindah ke pusat (departemen) bisa gak? kebetulan gw ketrima di Dinas PU Bina Marga, kalo mo ngajuin pindah ke Departemen PU pusat bisa gak? mengingat NIP daerah ma NIP pusat beda…
    tolong balas ya? gw udah males di daerah. wkwkwkwkwkwk

    • bisa2 aja, cuma gampang2 susah… susahnya karena di PU pusat juga sudah banyak pegawai baru, sehingga sulit memperoleh tempat disana. gampangnya kalo anda punya kenalan atau sodara yg bisa memperjuangkan atau merekomendasikan kepindahan anda kesitu…

    • lukni, saya jg cpns 2010 di Kementrian PU Bina Marga pusat, saya malah mau pindah ke daerah, karena ndak betah tinggal dikota jakarta.
      kamu di daerah mana lukni ??

  45. Halo mas dizman, saya mau tanya neh..? Kira-kira lebih enak mana ya mas jadi pns di kabupaten bekasi atau di penkot bekasi, mengingat lahan dan penghasilan pemkab lebih besar, enaknya Pilih mana ya? Jawab via email aja ya mas..? Makasih

  46. Mas dizzman, saya pns di instansi vertikal tp ditempatkan di daerah, ingin pindah ke pusat, ke departemen sosial, krn minat saya di bidang sosial. Saya mohon bantuan nya mas, tips n trik, ato kalo mas ada kenalan yg bs membantu, beserta softcopy berkas2 surat yg dperlukan. Sy sudah browsing cara2nya, namun ingin yakin tlebih dahulu. Tlng y mas, via email. Makasih mas ^_^

    • maaf baru bisa bales, soale byar pet jaringannya, baru jawab sebentar, eh mati lagi….
      memang gampang2 susah sih pindah itu. gampang kalo kita kenal orang di instansi tujuan dan mereka bisa merekomendasikan kita utk pindah, serta bos kita mengizinkan kita pindah… tapi susahnya kalo di instansi tujuan gak ada siapa2, di tempat asal gak diizinkan pindah…

      kalo buat wanita, cara paling mudah adalah cari calon suami orang depsos, supaya bisa ikut suami, itu lebih mudah..

      kalo surat menyurat itu cuma formalitas… selama sudah ada persetujuan lisan dari kedua belah pihak, surat menyurat itu tinggal dibikin saja

  47. Halo mas dizzman, kalau kita jadi PNS apakah SDA (sumber daya alam) mempengaruhi penghasilan / gaji PNS tiap-tiap daerah? untuk lulusan S-1 kira-kira maksimal (sampai masa pensiun) sampai golongan berapa ya mas??? Terimakasih

    • bisa jadi, tapi yg lebih penting adalah PAD dan bagi hasil. kalo besar maka tunjangan daerahnya juga, demikian pula sebaliknya…. kalo S1 tanpa jabatan maksimal sampai IIId, kalo ada jabatan bisa IVa – IVb

  48. Makasih mas jawaban nya. Saya ga punya kenalan siapa2 mas di instansi yg dituju :( Kalo masalah nikah, Saya belum kepikiran mas, hehe :D karna Saya mau menggapai Mimpi dlu. Dan pindah adalah slh satu tahap yg saya tempuh u/itu. Meski saya akui ikut suami adalah cara pindah yg paling gampang sih, hihi :)

  49. Pak,saya cpns di pemda,sekarang ini saya ingin sekali ikut tes cpns depkeu,apakah saya bisa mengikuti tes cpns depkeu?oiya pak sy sudah kirim email,mohon jwbannya via email saja,thanx

  50. Salam kenal maz,maaf ne mo sedikit curhat.saya pns di kalteng sedangkan suami anggota TNI yg bertugas di jawa barat.saya berniat mengajukan pindah mengikuti suami,gimana ya maz kira kira bisa ga?coz waktu pemberkasan cpns ada surat pernyataan tidak mengajukan pindah selama 10 tahun sementara masa dinas saya baru 2 tahun,mohon pencerahan nya.

    • mohon maaf lagi perjalanan dinas seminggu jadi g sempet OL…. coba aja ajukan pindah setelah jadi PNS alias sudah 2 tahun kerja… mungkin ada dispensasi atau keringanan karena harus ikut suami… tinggal buat surat pengajuan pindah aja serta cari formasi di instansi tujuan di Jawa Barat

  51. Ko g d bls2 ya…

  52. tolong kirim ke e-mail saya contoh surat lolos dari instansi. makasih

    • maaf mbak, arsipku sebagian dah hilang euy… tapi biasanya tiap BKD atau biro kepegawaian punya contohnya… coba aja minta ama kenalan yg ada di sana…

  53. Mas Dizzman, saya punya pertanyaan spt yg saudara Doni tanyakan diatas, soal pengajuan pindah di BPN. Bisa kirim ke email saya tanggapannaya Mas? Thanks.

    • buat saja surat permohonan pindah ke BPN pusat. tapi masalahnya, kalo di BPN kan memang minimal setiap 3-5 tahun sekali dirotasi… lagipula tolong pikirkan dampaknya dulu sebelum memutuskan pindah, apakah kita bakal dimusuhi atasan atau tidak, siapa tahu nanti ketemu lagi di tempat lain

    • mbak riri, klo di BPN gajinya gimana yah utk yang baru masuk n karir disana gimana ? makasih

  54. hai mazz,mau nanya.saya cpns saya diterima cpns di 2 tmpt saya bingung nie,pilih menkumham atau pemda menurut maz dizzman enaknya pilih mana ya..?
    trim`s

  55. Mas Dizzman, aku juga punya pertanyaan yang hampir sama dengan ngarep.
    Kukirim by email. Tolong dijawab ya??

    Thank’s.

  56. lam kenal mas, sy add ym-nya approve y, thx

  57. Mas…salam kenal.
    Yunik pingin pindah dr pns dep pertanian ke dinas pertanian prov jateng.
    kalo alasannya status suami bukan pns gmn? Dia baru tenaga kontrak di prov jateng. Bisa gak ya

  58. Hali mas, salam kenal
    untuk tahun 2010/2011 ini, Kementerian Negara Perumahan Rakyat akan membuka penerimaan CPNS lagi ga ya? kalo ada, mohon infonya yah mas hehe…kira2 dibutuhkan ga ya lulusan dari teknik arsitektur??
    makasih mas Dizzman ^^

  59. salam ,

    mas, mohon bisa diemailkan prosedur dan trik untuk kepindahan dari kementerian ke pemprop.

    terima kasih

  60. Salam kenal Mas,
    Perkenalkan saya Dadan, PNS dengan jabatan fungsional peneliti pertama di LIPI. Pertengahan tahun 2010 ini saya mendapatkan tawaran pindah/mutasi untuk menjadi staf peneliti di Bappeda Prov. Jabar. Secara lisan pihak Bappeda Prop. Jabar (melalui Kepala Bidang Kepegawaian) sudah bersedia menerima.

    Sebagai informasi saya sudah lelah selama 6 tahun kerja bolak-balik Jakarta-Bandung tiap minggu karena kebetulan istri dan anak saya tinggal di Bandung.

    Untuk itu saya mohon bantuan Mas mengenai tips dan trik apa saja yang perlu saya lakukan untuk memperlancar proses mutasi PNS vertikal ini? yang kedua alasan apa yang paling jitu kepada instansi yang lama untuk dapat mendapatkan persetujuan pindah instansi? rencananya saya akan menggunakan alasan domisili dan keluarga (karena kebetulan istri saya sudah 1 tahun ini sakit hipertiroid).
    Mohon respon dari Mas dikrim ke email saya.

    Sebelumnya saya haturkan banyak terima kasih.

    Wassalam

  61. ass… mau tanya ya mas… saya barusan diterima pns di pemkot, dijurusan penata laporan keuangan.. biasanya penempatannya di sub apa ya… trus saya baca2 diinternet kok katanya utk biaya prajab diklat th 2011 kok biaya sendiri ya… masa gol III sampe 5jt.. hadewwh… duit darimana tuh sebanyak itu… mohon info ya mas.. kalo ada info share ya … tx

  62. PNS yang tidak profesional. Saat ini PNS adalah pekerjaan yang mengakibatkan kecemburuan sosial. Beban kerja sangat rendah, gaji besar.
    Seharusnya, PNS adalah pekerjaan utama, pekerjaan sampingan freelance. Pekerjaan utama adalah yang bergaji rutin, sementara freelance tidak rutin.

  63. salam mas, senang bisa sharing dengan mas, saya mau nanya, saya pnsd kota payakumbuh sudah pns100% per 1 desember 2010, rencana nya mau ngajuin pindah ke pemprov. sumatera barat, gimana caranya mas? soalnya saya pernah tanda tangan perjanjian tidak pindah selama 5 th tapi menginggat keluarga di Padang dan orangtua sudah sakit-sakitan makanya saya brencana pindah, gimana caranya mas?makasih, wassalam

  64. assalamulaikum wr wb.
    mas sy mau tanya ttg pndah instansi gmana ya? sy bekerja di DJP dan berniat pindah instansi ke DJKN. tetap di lingkungan kementerian keuangan. sy terikat dinas 10 th karena dulu sy kuliah di STAN. jika sy berhenti kerja sebelum 10 th itu sy harus mengembalikan biaya pendidikan sy sebesar 30 juta. berat mas. karena itu sy memutuskan utk pindah instansi sj tp tetap di lingkungan kementerian keuangan. mohon informasinya ya. tolong di balas ke email sy. terima kasih

    • Coba memberikan solusi…
      Opsi 1:
      Coba cari kenalan di DJKN (syukur2 di kantor yang akan dituju), misal kenal si A, minta tolong ke atasan si A (kalau si A itu pelaksana) untuk menarik anda…
      Tapi seperti yang pernah disebutkan di atas, untuk meningkatkan peluang kita paling tidak kita memiliki nilai jual/kelebihan yang dimiliki sehingga atasannya si A tertarik untuk menarik anda…

      Opsi 2:
      Kirim surat ke Biro SDM (Sekjen Kemenkeu) saja mengenai permohonan pindah ke DJKN.

      Opsi 3:
      Ajak orang DJKN untuk tukeran dengan anda di DJP (saya kira banyak yang mau…) tapi untuk yang ini saya tidak rekomendasikan…. karena saya berasumsi mungkin alasan Anda pindah dari DJP mungkin seperti yang saya kira… (Aqidah mungkin)

      Assalamu’alaikum

    • temen saya malah sebaliknya. silakan hubungi email saya

  65. mas, ikut nanya ya?
    saya pegawai PEMDA rencana mau pindah ke istansi vertikal (pusat). Yang saya cari dan perlukan adalah format/contoh blanko pindah dan prosedurnya yg saat ini berlaku, soalnya banyak buanget peraturan perundangan dan PP yg sdh direvisi.
    bisa nggak mas bantuian saya ngirimkan contoh blanko pindah dan format lainnya serta prosedurnya
    atas repplay TQ.

  66. Aslm..sy pgwe BPS dluar jwa yg dlu bekas kerusuhan.sy hbs menikah dan berencna pindah.sy brencna pindah ke bps bogor sesuai suami sy y tinggal dbogor.s kurang co2k dng bps asal dan s dah 2thn.s berencna hamil tp gagal krn jrng bertmu.s dn suami bingung krna tdak ada knalan dbps.bgm jalan keluary y pak?s harus bolos untk ktmu suami sy.sy jg berencna ke bag.fungsional krn beraty pkerjan lapangan tpi tdk thu bgm cray.smentara s trz kulh untk ms dpan.trmksh sblumy pak

  67. assalamualykum
    mas kasih tau triknya pindah mas, saya dari pemprov ingin pindah ke departemen…
    oya nanya kalo dari departemen ke pemko bisa gak ya

  68. assalamualaikum

    Pak mau tanya saya baru lulus dari jurusan teknik sipil, niatnya saya mau ikiut tes cpns di PU, BPK, atau Keuangan, tapi masih bingung bedanya antara cpns daerah dengan pusat, misalnya apa bedanya antara PU didaerah dengan pusat.

    Apakah antara daerah dengan pusat memiliki gaji yg sama? ataukah kemungkinan untuk naik jabatan lebih mudah di pusat daripada di daerah?

    Misalnya saya bekerja di PU daerah apakah ada kemungkinan untuk bisa pindah ke PU pusat?

    terimakasih sebelumnya, kalo bisa balas ke e-mail/post disini jg ga pa2…

    wassalam..

  69. Mas, saya agus cpns kementrian kominfo yg ditempatkan di tvri kupang. Saya mau kepingin pindah ke daerah asal saya Bali. Gimana cara pindah dari tvri kupang ke tvri bali ya? Trus kapan sebaiknya saya mengajukan surat perpindahan mengingat saat ini status saya masih cpns, apa bisa selama masih jadi cpns kita mengajukan perpindahan?

    • Mas Agus mw pindah ke Bali? ato punya temen PNS yg mw pindah ke Bali? Ada ga yg mau pindah ke Pemkab Jembrana, Bali gantiin saya? PNS struktural staf biasa yaa.. bukan yg fungsional…
      Klo ada tolong segera hubungi saya ke dp.suarmini@gmail.com.. Urgent, mw pindah ikut suami, tp blm bs dilepas kecuali ada pengganti.. Makasi…

  70. ass. salam kenal bapak. pertama-tama saya acungi jempol & salut dengan adanya blog ini, yang telah berbagi pencerahan tentang “succes story mutasi” kpd banyak orang. Tips-tips yang bapak berikan sangat informatif.

    saya pnsd di kalimantan yg berencana mengajukan mutasi ke instansi pusat/daerah di wilayah Depok/Jabar/Banten atau di pulau Jawa, karena ingin dekat dengan orang tua dan untuk pengembangan diri. kalau berkenan mohon bapak mengirimkan nama person yg bisa dicontact di BKD Depok/Jabar/Banten atau di Jawa ke email saya, krn saya tdk ada kenalan. mohon juga dikirimkan contoh file surat2 permohonan yang dibutuhkan / ringkasan tips/ informasi terkait dgn mutasi dan klo tidak keberatan juga no. hp / fb bapak ke email saya : harson1477@yahoo.co.id.

    oh … ya, setelah saya browsing sebagai tambahan informasi bagi kawan2 yang akan mengajukan mutasi selain dari tips2 dari blog ini dapat juga membaca peraturan pemerintah mengenai mutasi yaitu PP Nomor 9 Tahun 2003 tentang Wewenang Pengangkatan, Pemindahan dan Pemberhentian PNS dan Keputusan Kepala BKN Nomor 13 Tahun 2003 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaannya.
    demikian permohonan saya, atas bantuan bapak saya ucapkan terima kasih semoga bapak dan keluarga selalu dalam lindungan-Nya. Amin.

    mas harsono
    di x-mantan

    • maap pak, apa sudah dapet contoh surat2nya, kalo sudah bs minta pak, saya rencana mengajukan mutasi ke indramayu ikut suami, semoga semua dimudahkan..amiin

  71. Mas, kok banyak comment yang belum dibalas? Lagi sibuk ya mas

  72. Mohon untuk PNS terutama GURU BAHASA INGGRIS yang berkenan/berminat menggantikan posisi saya mengajar di salah satu SD di Yogyakarta mohon menghubunngi email saya di nisfiku@yahoo.com

  73. saya cpns di lingkungan Kementerian Agama kab.Tanah Laut. Bisakah saya mutasi/pindah 2 atau 3 tahun akan datang ke Pengadilan Agama di bawah naungan Mahkamah Agung. bagaimana cara termudahnya mengingat terikat perjanjian tidak akan mutasi selama 5 tahun?

  74. wah informasinya sangat berguna sekali pak mengingat baru cpns

  75. Berapa lama kita bisa mendapatkan kenaikan gaji berkala sejak CPNS?

  76. askum… mu tanya nieh pak ???

    cara mengetahui Keapsahan / kebenaran SK CPNS itu bagaimana caranya ?
    maklum suka ada ajah yang nanyain..

  77. Mau konsul mas, saya pns di kementerian agama di kab.provinsi A, mau rencana mutasi ke kab.provinsi B berhubung karena istri saya tinggal di kab.provinsi B. Bagaimana caranya biar perpindahan saya cepat diproses sementara TMT pengangkatan saya 1 januari 2009, apakah sudah memenuhi syarat pindah? Makasih mas mhon ditanggapi.

  78. salam kenal saya pns pusat ingin pindah ikut suami di daerah, pak tolong di email ke nice_yeti@yahoo.com, bentuk surat permohonan pindah/mutasinya (surat permohonan pindah, surat izin pindah) tolong prosedurnya pa. sebelumnya terimakasih

  79. salam kenal untuk mas, mas..aku pengin mutasi ke pemkab jawatimur. gmn caranya ya. Alasanku karena orangtuaku di jawa timur dah tua sekali. kita kan harus ikut mendapmpingi dan merawatnya. sekarang aku masih aktif di badan pemerintah provinsi papua. Tolong kirim bentuk surat permohonan mutasi ya, mungkin secara pribadi dulu ke pemkab jember jatim. tolong krm ke emailku parmi468@yahoo.co.id. trims sebelumnnya ya.

  80. saya di kominfo nih, ada yg di kemenkeu mau tukeran? hehe.,.,.

  81. Mas,nama saya shinta.
    Saat ini saya pns pemprov A. Instansi saat ini di bwh naungan pemprov & ada rencana mjd instansi vertikal. Kalo ingin pindah jd pns instansi vertikal provinsi B (instansi ƴªήğ sama) gimana y? Saya ingin pindah k prov. B krn ikut suami & ingin jd pegawai vertikal di instansi ƴªήğ sama, trus status pns pemda gimana? Apa bisa lepas?
    Mhn penjelasannya, mksh..

  82. Mas istri sy pns guru sd d kota depok. Berhubung sy kerja dan tinggal d kab. Bogor yg sngat jauh, sy sngat ingin istri sy mutasi k kab.bogor.. Mhon info dan bantuannya.

  83. Mas istri sy pns guru sd d kota depok. Berhubung sy kerja dan tinggal d kab. Bogor yg sngat jauh, sy sngat ingin istri sy mutasi k kab.bogor.. Mhon info dan bantuannya.. Trimakasih

  84. Ass.Wr.Wb.
    Salam kenal pak Dizzman, apa kabar pak? saya Ino, background S1 dari Teknik Arsitektur ITB, salam Ganesha pak :). Alhmdllah hampir semua artikel & komentar yang ada diblog ini udah saya baca & pelajari. Keberadaan blog ini saya nilai sangat bermanfaat :) , terima kasih pak atas waktu & tenaganya untuk membaca & memberi tanggapan dari kami para tamu di blog ini.

    Pak, saya ingin curhat kepada bapak & mohon agar pak Dizzman memberikan sedikit pencerahan kepada saya.

    Begini pak, kesibukan saya saat ini adalah sebagai seorang freelance Arsitek yang berpusat dibandung, dan alhmdllah sampai saat ini saya udah cukup dikenal oleh beberapa klien saya yang berasal dari sabang-merauke. Akan tetapi kondisi dilingkungan keluarga saya saat ini lebih cenderung menginginkan saya untuk menjadi seorang PNS dipemda agar tidak terlalu sibuk & lebih aman terutama dimasa tua nanti.

    Saya ingin meminta nasehat & arahan dari bapak, insya Allah semoga Allah SWT mengizinkan saya untuk menjadi seorang PNS, langkah & dibagian divisi manakah dipemda yang sebaiknya saya ambil agar karir saya bisa jelas dan ilmu saya dapat tepat guna diterapkan berhubung latar belakang saya adalah seorang Arsitek.

    Demikian pak Dizzman, mohon nasehat & pencerahannya, sekian & terima kasih. Wassalamu alaikum Wr.Wb.

  85. Assalamualaikum wr wb
    Siang Mas, saat ini saya bekerja sebagai PNS Pusat di Jakarta, saya ingin pindah ke Kalimantan. Bagaimana proses pindah kerja antar provinsi? brp lama proses yg diperlukan?.
    demikian mas, mohon penjelasannya, terimakasih.
    Wassalamu alaikum Wr.Wb.

    • wallaikumsalam.. boleh klo cocok kita tukar. sy pns di kab. melawi kalimantan barat. klo boleh tahu instansi pusat uyuy dimana ? bisa contact ke 0852.4595.8460. trims.

  86. Sore mas Dizzman. Perkenalkan Saya Widy, PNS Kemenkeu di bandar lampung. Suami juga PNS Kemenakertrans Bandung ingin sekali pindah ke pemkot bandar lampung. Kami sdh dapat surat rekomendasi mutasi (surat ditandatangani sekda kota). langkah selanjutnya minta surat persetujuan pindah dari instansi asal kita bekerja. kira2 alasan apa yang tepat agar “pas” tidak di persulit oleh bagian kepegawaian…karna masa kerja suami masih 3 thn (katanya kl mutasi hrs diatas 5 thn ya mas) dan tdk ada peraturan yang menyebutkan suami bisa mutasi ikut istri. tolong pencerahannya. makasih banyak ya mas….

  87. mas tolong banget balas ya ke email ku…makasih

  88. mas mo tanya nih, klo pindah instansi dari PNS Departemen atau lembaga negara menjadi Guru atau Dosen bisa tidak yah?

    Prosedurnya gimana?

    • iya saya juga dari kementrian keuangan, pengen pindah ke kementrian pendidikan nasional sebagai guru, caranya gimana ya? apa harus kirim surat ke biro sdm depkeu? jujur saya merasa sangat tidak produktif di kementrian keuangan walaupun gajinya lumayan tapi saya lebih hobi ke proses ngajar-mengajar karena basic saya bukan di ekonomi tapi eksakta matematika. tolong bantuannya mas

  89. saya PNS di Pemda Lampung saya sudah mulai jenuh disini. ingin sekali saya punya pengalaman bekerja di Instansi Pemerintah DKI gimana caranya ya?

  90. mas, gimana untung ruginya kalo pindah instansi vertikal ke otonom, semisal saya ingin pindah dari instansi vertikal ke pemda. tolong dijawab yah massss, urgen. makasih

  91. selamat pagi………..
    Aku CPNS di Kemenkeu.BPPK tepatnya.saat ini aku ditempatkan di jakarta.sebenarnya aku sudah nyaman dengan suasana kerja,tetapi dalam waktu dekat ini suamiku akan dipindahkan ke semarang.Kira kira ada yang minat tukar tempat sama aku ga untuk teman teman yang mendapatkan penempatan semarang kemenkeu.Makasih

  92. aku juga pengen pindah

  93. saya masbro…saya juga pengen pindah ni…minta solusi n sarannya ni…maksudnya pengen pindah ke instansi vertikal depkeu ato esdm…biar gampang sekolah lagi…

  94. ijin nimbrung mas, saya pns guru di kemenag jateng, istri pns guru sd di pacitan jatim, saya ingin memindahkan kerja istri di wilayah eks karesidenan surakarta (solo dan sekitarnya) mohon pencerahannya mas bro..

  95. ikutan nimbrung ni, saya ni skrg pns kementrian kominfo banjarmasin, saat ini sedang proses pengajuan pindah ke badan pusat statistik balikpapan mengikuti suami. tidak bisa pindah dilingkungan kominfo dibalikpapan, lantaran upt saya tdk ada disana, jadilah saya coba2 mengajukan pindah keinstasi vertikal slain kominfo, tanpa koneksi akhirnya saya keterima di BPS, tapi hanya persetujuan lwt kpala kantor bps balikpapan saja, untuk pengurusan kepusat agak ribet, lama dan bertele-tele, pdhl saya udah mengajukan dr bulan november dan sampai januari ini surat mutasi saya ke bps belum diproses jg kepusat dari pihak bps provinsi disamarinda, lantaran kata orang kepegawaian disana, masalah pengajuan mutasi saya belum dirapatkan dipusat. sdgkan kondisi saya sudah urgent, saya punya 2bayi yang saat ini saya tinggal dibalikpapan. tolong kalo ada saran buat saya, bagaimana caranya biar proses mutasi bertele-tele ini menjadi cepat prosesnya. apakah perlu saya menyediakan biaya transport agar proses mutasi saya cepat.terimakasih.

  96. kalo mau pindah ke Kemenkeu, pasti di jakarta dan penuh tantangan, kirim aja lamaran mutasi ke Sekretariat Pengadilan Pajak, disitu banyak sekali tantangannya, karena wajib menguasai semua jenis perpajakan dari semua jenis PPh, PPN, PPnBM, Pajak Daerah-Retribusi Daerah, Kepabeanan dan Cukai serta beban kerja yang cukup lumayan jadi jangan kaget kalo bakal sering pulang malam dan jangan pernah berharap bakal cepet dapat jabatan, karena masih banyak senior yang belum menjabat, coba aja kirim lamaran ke Biro SDM Kemenkeu kalo berminat

  97. Ass.. Info ny bagus bet.. Mas, kl boleh Saya minta info nya ttg prosedur pengurusan pindah dr Pegawai Daerah menjadi Pegawai pusat .. Apa saja yg hrs dilakukan.. Pengurusan d BKN nya bagaimana.. Slnya dlm wkt dekat ini Saya berencana mau pindah jg dr Pemda, k Salah Satu Instansi Vertikal, krn alasan mengikuti suami.. Terimakasih

    • biasanya harus ada kepastian dulu dari instansi yang bersedia nerima, kelengkapan berkas diantaranya surat persetujuan dr kpala kantor instansi lama. nanti stlh disetujui nanti prosedure lbih jelasnya pasti akan dijelaskan oleh kabid mutasi yang bersangkutan

    • ayo siapa tahu bisa tukeran dg istri saya………….

  98. Ass..minta penejlasan lbih detilny Mas, bagaimana Mas ngusur kepindahan dr Pegawai daerah mnjadi pegawai Pusat..pngurusan d BKN nya.. Slnya Saya jg mau pindah k Instansi Vertikal, dgn alasan ikut suami.. Mksh byk info nya Mas

  99. maaf saya mau tanya mas,,, blog ini masih aktif ga? koment terakhir kayaknya 8 juni 2010

  100. saya di pemda bandung..ada yang mau tukeran untuk di jogja?? emal (onekantor@yahoo.com)

  101. saya masuk tahun 2011

  102. Sy ingin pindahkan istri sy dr kementrian pertanian ke pemprof jateng !! Syapa berminat tuker an!! Ditunggu
    cah.wonosobo@gmail.com

  103. saya ma pusat mau pindah ke daerah gunung sindur bogor sekitar puspitek..hubungi saya..

  104. pingin pindah ke balai besar pelaksanaan jalan nasional wilayah I medan, gimana caranya ya????

  105. pecat aja pns yg minta pindah pindah. masi banyak pengangguran diluar sana yg siap menggantikan anda.

  106. Mohon bimbingannya, Insyaallah bln september nanti saya akan mengikuti ujian cpns. kepada yang sudah pernah mengikuti ujian cpns, mohon trik untuk bisa lolos dengan murni. Apakah panduan buku yang bagus untuk dipelajari?

  107. kira2 ada yg bisa bantu untuk l;owongan planologi/ perencanaan wilayah dan kota ?pengalaman kerja di konsultan dan outsourcing dr kementerian perumahan rakyat…
    kirim ke danangrizky26@yahoo.com
    makasi

  108. orang mau pindah itu pasti ada alasan..pinter”manajemen kepegawain aja..toh yg gaji negara..

  109. Mas Dizzman, saya mohon petunjuk untuk pindah dari daerah ke institusi pusat?
    Saya di Pemkab Serdang Bedagai (Sumatera Utara) mau pindah ke Kanwil BPN Prov. Sumatera Utara.
    Lolos butuhnya dari Kanwil Provsu atw BPN RI (pusat) ya Mas..?

  110. ini pak edo kan?

  111. salam kenal,saya PNS Kemeterian ESDM (sudah hampr 8 thn) dan ingin pindah ke pemda serang ato pemkot cilegon, mohon pencerahannya untuk bisa pindah….

    • @ mas galih; bukannya mutasi dari pusat ke daerah lebih gampang, dibanding mutasi dari daerah ke pusat???

  112. sya ign konsul ni pak.
    Gmna craY mmndhkan istri yg udh pns d daerah udh 4 thn,utk ikut sya d pusat,sya pns ud 100% jg,,
    lgkh2 pa yg hrs sya tempuh?
    Syarat2Y apa sja?
    N apa kah bpk bsa bntu pak?
    Krim k email sya aj y..
    Mksih

  113. saya PNS di Menkumham saya sudah mulai jenuh disinikrna lokasi yang jauh dari rumah. ingin sekali saya punya pengalaman bekerja di kementerian lain terutama kementerian yang deket rumah misalnya daerah cileungsi, jonggol,cibubur atau daerah depok gimana yah caranya, bro?

  114. saya dan teman saya udah ke terima cpns di.kemenhum..
    Di pengumuman penempatan saya di tempatkan.di sukabumi..dan teman saya di bogor.
    Yang mau saya tanya bisa ga ya penempatan di barter?saya ingin dibogor kemudian teman saya ingindi sukabumi.
    Mohon.pencerahan nya ya.
    Thanks

  115. saya pns di pemda temanggung jawa tengah,, ingin kembali ke kampung halaman di jakarta,, baik kementrian ataupun pemda DKI/bekasi,, jika ada yang berminat untuk tukar tempat tugas kirim email yaa,, ferarachman@yahoo.co.id

  116. Mas… sy punya adk perempuan PNS di pemda bangkep dan sudah berkeluarga. Rencananya mau pindah, mau balik ke kampung halaman ke salah satu pemda diNTB,
    Mohon kiat2 sukses pindahnya mas..
    Tlong dibls lewat email. Maksih sbelumnya.

  117. ass, gimana caranya agak bisa pindah di kementrian perumahan rakyat, saya adalah PNS di dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Muna Propinsi Sulawesi Tenggara. Mohon informasinya….

  118. Ass.. gimana caranya agar bisa pindah mengajar di SDN kotamadya Bontang Kaltim. Saya guru PNS di Kab. Pinrang Sul-Sel, adakah lowongan guru SDN di kota Bontang. Mohon informasinya…

  119. Skrg udah jadi pns mbk?? :)
    Aku udah capek ikut cpns daerah gak pernah lulus,kalo kmentrian baru 3 instansi,blm juga jebol,nasib….nasib….hehehehe…. :(

  120. salam kenal maz, saya mau tanya :
    bisa ngga kalo saya dari PNS Pemkab Bengkulu mo ngajuin pindah ke kementerian PU yang penugasannya di Balai PU di prov Bengkulu, tahapan yg harus dilakukan apa aja..
    Mohon pencerahannya maz, via email ya maz..
    Maaf lho dah ngrepotin..(“,)

  121. mas dizzman. saya ingin sekali pindah instansi,
    saya bekerja di Kemhan RI, Tmt 2006- hingga saat ini, saya ingin mengajukan pindah instansi dengan alasan sepertinya terlalu berat beban yang saya hadapi (maaf karena sepertinya di tempat saya bekerja masih saja terdapat struktur imperialisme, slavery, kolonialisme mengingat seperti yang anda ketauhi ) kementerian kami berada dipusat kota tapi kami mempunyai pondasi organisasi yg sangat menyedihkan (kami bisa membuat peraturan2 secara tumpang tindih, memberikan SPRIN ini dan itu kepada karyawan seenak jidatnya aja, selalu menghukum kami para PNS dengan tuntutan yang kurang jelas, sedangkan militernya hampir tidak pernah salah. kami PNS adalah masyarakat kelas3 di lingkungan kami. mereka menganggap kami termasuk rekan2 PNS yang lain itu adalah pelayan mereka. saya masuk di instansi tsb murni dengan test tertulis, namun cukup hanya gol2 semata. (dgn alasan bahwa lowongan setingkat D3 dan S1 hanya untuk mereka yang nepotism/waktu itu saya masih berkuliah) setelah menunggu dengan waktu yang sangat lama sekali, tahun kemaren saya ikut ujian penyesuaian S1 – walhasil saya lulus dengan jerih payah dan berharap mendapatkan pangkat Gol III/a , setelah menunggu hasilnya untuk disekolahkan kembali ( sekolah alih golongan) tapi nama saya di coret di ROPEG instansi saya dengan alasan terdapat kesalahan admin di sana. ( kemudian timbulah second opinon macam2 dengan alasan ini dan itu ) di susul dengan SPRIN penundaan penangguhan karena kesalahan sidang. belakangan setelah saya ketahui saya tidak mempunyai sponsor resmi yang tidak lain tidak bukan
    para calon yang lulus adalah titipan dari sanak famili nya masing2 satker.
    untuk itu mohon pencerahannya bila ada rekan2 yang lain berniat mau membantu mencarikan tempat yang lain selain yg berbau militerisme

    banyak sekali rekan2 kita PNS di Instansi kami yang merasakan sama dengan kami, cuma hanya diam sambil menunggu masa dinas nya berakhir,

  122. Bagaimana trik dan upaya pindah dari pemda ke kementerian? N brapa lama?

  123. salam kenal mas,,bolehkah kita mendaftar cpns tp tidak sesuai dengan ijazah yang kita miliki misalnya sya sarjana pendidikan kimia saya ingin mengajukan lamaran cpns dengan kualifikasi S1 Manajemen Pendidikan atau S1 Kimia? terima kasih

    • Kl masih sejenis bisa saja, tapi kadang2 panitia cukup strict menyeleksinya. Coba saja daftar dulu, toh kl lulus seleksi administrasi dipanggil tes kan

  124. Assalamu Alaikum, Saya adalah PNS dilingkungan pemkab Maros ,pertanyaan saya: bagaimana prosedur dan apa syarat syaratn? untuk pindah ke kementrian ?
    Terima kasih atas jawabannya.

    • Lolos butuh aja, tp yg penting adalah relasi di kementerian dan izin dari atasan langsung, kalo dua2 nya ok maka bkn tinggal proses mutasi saja

  125. Gue pns pemda dki jakarta lulusan s1 sipil n mau pindah ke bpk… ada yang minat tukeran gak?….

  126. @ruli, saya di bpk lulusan sipil juga, berencana pindah ke pemda dki,

  127. izin sebelumnya mas,saya pns daearah dan berkeinginan pindah ke kementerian.bisa dibantu nggak ya mas?saya pns 3a d4 pol pemerintahan.

    • Mohon maaf mas, sekarang agak sulit prosesnya dan panjang. Sy agak trauma krn pernah gagal bantu tmn pindah, mungkin ada pembaca bs bantu?

      • Saya, guru pns di balikpapan, suami anggota polri pindah tugas di diy, formasi guru [d̲̅i̲̅] diy penuh, saya ßļЅªª pindah [d̲̅i̲̅] pns ªª ♈ªäaª? Saya guru matematika, s2 penelitian ϑάп evaluasi pendidikan.mohon bantuannya

      • Coba aja di kabupaten sekitar DIY, magelang, atau klaten. Tp biasanya sih kl ada temen di situ bs aja minta tolong hehehe

      • makasih mas ya,tapi nanti kalo memang bisa bantu ini alamt emailnya saya koknyo@ymail.com.saya memang sudah benar2 stag ini.sekadar pemberitahuan say bekerja di dinas pendapatan kabupaten padang lawas.

  128. Мααƒ. Maksud saya sepengetahuan anda, selain ngajar kemungkinan saya ßļЅªª masuk [d̲̅i̲̅] instansi ªª (βϋκαη guru)? Supaya tetap ßļЅªª [d̲̅i̲̅] diy/sleman,,

    • Bisa2 saja pindah ke struktral, yg penting ada yg menerima kita disitu. Utk info coba aja tanya temen2 yg dinas di DIY

  129. Saya, guru pns di kab madiun,guru TIK atau guru komputer karena kurikulum 2013 mata pelajaran tsbt dihapus…aku pengen pindah ke dinas lain selain guru (struktural) di kab. mojokerto. mengingat ortu udah usia lanjut.
    caranya bagaimana ya, tolong di email (leksi_philein@yahoo.co.id).
    baik yang prosedural maupun cara yg tdk prosedural…makasih.

  130. Saya pns di kota banjarbaru, suami saya juga pns, kebetulan saat ini sedang tugas belajar di kota malang, saya berencana untuk mengajukan pegawai titipan di kota itu krn pertimbangan anak2 masih kecil dan tidak ingin jauh dari suami, mohon infonya utk prosedur pengajuannya dan apabila ada rekan yang kebetulan kerja di pemkot malang, mohon informasinya, makasih

  131. mohon ijin.. bisa minta syarat2 perpindahannya atau mengrus perpindahan dari daerah ke pusat spt apa.. untuk informasi, saya saat ini di setda pemkot bekasi, dan sudah ditarkan untuk pindah ke kementerian kokesra..

    • Yg penting ada surat butuh dr kemenkokesra dan surat lolos dari pemkot bekasi, tentunya melalui izin atasan dan sekda nya

  132. Selamat Malam…
    mau tanya nih, ada yang pernah ikutan cpns Kementerian Pekerjaan Umum?
    bisa share soal TKB nya seperti apa?
    soalnya kan ada yang hanya seperti soal psikotest, ada juga soal tentang kementeriannya dan sama sekali bukan soal tentang bidang yang dilamar, sedangkan TKB itu kan tes kompetensi bidang :D
    mungkin ada yang bisa share, terimakasih :)

  133. Maaf,, secara finansial enak tetap jadi guru yang Ѕdh bersertifikasi atau jadi pns struktural di upt departemen pendidikan ? Saya ℓa̐gĩ proses mutasi,,di diy

  134. saya lagi dag dig dug nih mas nunggu lokasi penempatan :D
    maunya sih masih wilayah Jawa..
    mungkin ada yang lagi dag dig dug juga?

  135. Assalam. Salam kenal Mas. Sy baru diterima jadi cpns PU nih. Terima kasih ya share infonya sangat membantu, jadi ga blank bgt. :)

  136. saya pns di badan pom pusat…maunya pindah ke klaten..tapi sayang ga ada balai pom di kota klaten. paling dekat di yogya atau semarang…itupun antrian pindahnya udah panjang…

    kalo ngajuin pindah karena alasan ingin menjaga orang tua di kampung kira2 bakalan disetujui ga ya…. :(

  137. sy pns kemenPU, penempatan satker banten..rencana mw pindah k satker lampung, bisa minta contoh surat permohonan pindah yang ditujukan kepadadirektur gak?? suami dan keluarga sy semua d lampung, d banten cuma berdua baby…

  138. Mas saya mau nanya nih, saya seorang pns guru smp yg latar blakang pndidikan s1 saya sarjana teknik mesin (ST). tp stlh sekian tahun jd guru terbesit keinginan pindah k kantor yg relevan dg gelar saya misalnya dinas PU. Apakah bisa saya yg berprofesi sbg seorang guru pindah ke struktural? Mksih sblmnya mas ats jawabannya. Wassalam

  139. met siang mas,,, saya bekerja di instansi vertikal,, rencana ingin mengajukan pindah ke pemprov,, saya ingin tanya,, sepengetahuan mas,lebih baik saya pilih bappeda atau dppkad ya mas??? saya ada teman di bkd yg katanya tinggal pilih mw pindah ke dinas mana,,,

  140. Kalau sudah pemberkasan di 1 Kementerian tapi BELUM keluar NIPnya, bisa ga mengundurkan diri lalu ikut pemberkasan lagi di Kementerian yang lain. Kalau melakukan pemberkasan di 2 Kementerian di blacklist ga ya sama BKN.

    • Coba cek ke panitia saja, kl blm tarik berkas saja dgn surat pengunduran diri, krn kl sdh di bkn ga bisa pemberkasan ganda

      • sama nih mas sy jg,, ini ngecek udh keluar nipnya lgsung ke bkn atau ke kementrian yg pertama kali kt pemberkasan ya?
        btw kl pemda dki sm kementrian prospeknya bagusan mana mas?

    • @keegan..mw nanya nih gimana proses cabut berkasnya..soalnya aku juga punya kasus yang sama..siapa tau bisa share..
      Minta imel kalo ada..makasihh

  141. Kalau sudah pemberkasan di 1 Kementerian tapi BELUM keluar NIPnya, bisa ga mengundurkan diri lalu ikut pemberkasan lagi di Kementerian yang lain. Kalau melakukan pemberkasan di 2 Kementerian diblacklist ga ya sama BKN.

  142. mas, saya ardi cpns kemenkeu djp (baru masuk th 2014). seandainya mau pindah ke djkn masih ada kemungkinan kan? dari postingan sebelum2nya asal diijinkan dari pihak asal dan yg dituju jg. yg saya tanyakan kapan kira2 saya bisa mengajukan untuk pindah? apakah menunggu pengangkatan dulu jadi pns ato secepatnya (cpns) ? mengingat ijazah saya masih ditahan sampe 5 tahun ke depan. trims

  143. mas sy mau tanya ? bagaimana ingin jd pns di departeman pemerinthahan pusat y, sedangkan sy lulusan sarjana pendidikan.
    kira2 bisa ga mas, untk saat ini sy bekerja di yayasan swasta.
    mohon infoya y mas email ke sy.
    terimkasih

  144. Salam kenal mas, saya cpns pemda diy 2014 sama nih kebetulan jurusannya plano juga.,,bisa bagi info gimana caranya buat bisa pindah2 begitu, bisa bagi ke email ya mas kalau bisa kontaknya ya gpp buat share.,,,
    Makasih mas

  145. salam kenal mas….saya pns pemda dikota bengkulu…sy mau turut suami kerja di jakarta…..gimana caranya dan jalannya ya mas ? mksh mas…bls via email aja mas

  146. halo, salam kenal…saya pns kemlu. sekarang sedang dinas di luar negeri. saya berencana ingin mutasi ke pemda jakarta barat (area Kalideres, Pegadungan) setelah masa dinas di luar negeri berakhir (sekitar akhir 2016). Alasan mutasi hanya ingin bekerja dekat tempat tinggal (dekat cengkareng). bagi pns pemda jakbar yang berminat, silakan email saya. terima kasih.

  147. mas,saya guru SMA di lampung,ingin pindah ke kementrian… bagaimana caranya? tolong di email aja ya mas.. makasih

  148. maaf mas mau tanya. lebih enak mana. cpns DKI Jakarta or cpns Kementerian Tenaga Kerja & Transmigrasi utk gol II/C.
    mohon balas via email aza mas.
    makasih sebelumnya

  149. assalam..saya pns pemda di jawa timur..ingin mutasi ke jogja krna mngikuti suami..ada yg bs bantu cariin saya link dijogja gk yah..mkasih klo ada yg mw bantu.. :)

  150. Saya mau pindah ke bpk, bpkp atau pajak. …ada yang bisa tolong saya…saya dari bps..siap dengan segala administrasi..hub saya 08522 557 2013

  151. Saya pingin pindah ke Kota Bekasi…Apa Ada yg bisa bantuin ga yah?

  152. berapa lama ya proses mutasi? saya dah mengajukan permohonan mutasi ke pemkab banjar., sudah mengajukan surat permohonan dari bulan februari sampai sekarang belum ada balesan. setiap kali nelpon BKD jawabannya belum ada berita/informasi lebih lanjut?.
    saya pns dari pusat pengen pindah ke pemkab apakah sulit prosesnya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 66 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: