Dokumen Penting CPNS

Dokumen administrasi merupakan bagian terpenting dari seleksi awal CPNS. Kurang selembarpun bisa menggugurkan seleksi dan tidak dapat mengikuti seleksi lanjutan (tes tertulis). Ada beberapa dokumen standar dan penting untuk dipersiapkan jauh-jauh hari (minimal satu bulan) sebelum pendaftaran CPNS dibuka. Dokumen-dokumen tersebut adalah:

1. Ijazah dan transkrip nilai beserta Legalisirnya

Persiapkanlah ijazah dan transkrip nilai asli Anda untuk diperlihatkan kepada panitia, sebagai bukti bahwa Anda benar-benar lulusan perguruan tinggi tersebut. Untuk legalisir, jangan tanggung-tanggung, siapkanlah sebanyak-banyaknya, minimal 20 kopi per item, agar Anda tidak bolak-balik ke kampus lagi. Lebih baik juga urus ijazah dan transkrip dalam bahasa Inggris beserta legalisirannya juga.

2. Kartu Kuning

Ini kartu sakti buat para pencari kerja, karena digunakan dimanapun Anda melamar kerja (kecuali perusahaan kecil atau freelance). Kartu ini diurus di Dinas Tenaga Kerja tingkat Kabupaten/Kota setempat, dengan membawa syarat antara lain fotokopi KTP, Ijazah, Pas Foto, dsb. (lupa, soale sudah 9 tahun yang lalu). Jangan lupa untuk melegalisir fotokopinya, karena dipakai untuk seleksi administrasi CPNS.

3. SKCK

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (dulu SKKB) juga penting, karena menyangkut catatan kriminal Anda. Supaya lebih aman, uruslah SKCK pada tingkat Polres atau Kepolisian Resor (setingkat Kabupaten/Kota), karena beberapa instansi tidak menerima SKCK yang dikeluarkan oleh Polsek atau Kepolisian Sektor (setingkat Kecamatan). Sekali lagi, jangan lupa untuk melegalisir sebanyak mungkin, tapi jangan merepotkan polisi (10 buah cukup).

4. Surat Keterangan Sehat dan Surat Keterangan Bebas Narkoba

Pengurusan surat ini harus dilakukan pada dokter instansi pemerintah (minimal Puskesmas atau RSUD setempat) dan punya NIP/NIK, untuk berjaga-jaga karena tidak semua instansi mengijinkan dokter umum/klinik umum/RS Swasta. Dan jangan lupa, legalisir fotokopinya.

untuk surat-menyurat lainnya yang bersifat khusus, biasanya ditentukan oleh instansi masing-masing sesuai kebutuhan. Misalnya untuk dosen, perlu juga dilampirkan Akta 4 tanda sertifikasi mengajar, dsb.

Selamat berjuang…

5 Tanggapan

  1. thanks bgt buat infonya

  2. sama-sama, semoga lulus dan diterima jd PNS

  3. wah ini lengkap informasinya mas….
    tgl 10 desember nanti saat mendebarkan karena pengumuman hasil seleksi Adm….sedang menuju medan perang nich mas mhon dukungannya.,..dalam Doa aje….kalo bisa dalam bentuk dukungan moril ya syukur he….he…

  4. didoakan semoga lulus deh… amiiin

  5. Bagi calon pelamar CPNS 2016 mulai sekarang sudah bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian CPNS saat ini. nanti. Penerimaan CPNS 2016 akan dilakukan dengan Sistem CAT (Computer Assisted Test). Jika ingin lulus CPNS satu-satunya cara adalah dengan belajar dan melakukan persiapan mentap dengan menguasai bagaimana sistem CAT CPNS dan materinya. Penerimaan CPNS 2016 semakin ketak dan banyak persaingan,,Jadi salah satu jalan LOLOS CPNS Anda langsun kordinasi Kepala Sekertariak Panitia Di Pusat BKN,Bpk AIDU TAUHID.MM.(Direktur Pengadaan dan Kepangkatan) No Tlp:0822-9229-9544. di jamin 100% pasti lulus., karna sy sdh buktikan sendiri.
    jadi silahkan anda menhubungi Kepala Sekertariak Panitia Di Pusat BKN,Bpk AIDU TAUHID.MM.(Direktur Pengadaan dan Kepangkatan) No Tlp:0822-9229-9544. jika anda ingin seperti saya, LULUS CPNS…!!!!!!!!!!!!!
    Trima kasih…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: