Berkas setelah lulus tes CPNS

Setelah lulus tes CPNS, lalu ngapain lagi ya? Prosedur berikutnya setelah dinyatakan lulus dari seluruh rangkaian tes CPNS, mulai dari tes potensi akademik, psikotes, wawancara, dan sebagainya, adalah kegiatan registrasi atau resminya disebut ‘Pemberkasan’. Pemberkasan berarti mengumpulkan kembali berkas-berkas atau dokumen-dokumen yang dulu dilampirkan pada saat melamar tes CPNS. Dokumen-dokumen yang perlu disiapkan tersebut antara lain:

1. Fotokopi Ijazah yang telah dilegalisir dari perguruan tinggi (sarjana dan atau magister), dan fotokopi ijazah mulai dari tingkat SD hingga SMA/SMK (tidak harus dilegalisir)

2. Fotokopi transkrip nilai yang telah dilegalisir dari perguruan tinggi

3. Kartu Kuning Asli dari Dinas Tenaga Kerja dan fotokopi yang telah dilegalisir

4. SKCK Asli dari Kepolisian dan fotokopi yang telah dilegalisir

5. Surat Keterangan Dokter dan Bebas Narkoba Asli dan fotokopi

6. Surat Lamaran ditujukan kepada Kepala Instansi terkait (Menteri/Kepala Badan/Gubernur/Walikota/Bupati)

7. Surat-surat Pernyataan (setia kepada NKRI, bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia, dsb.), format telah disediakan oleh panitia

8. Pas foto

9. lain-lain (tergantung kepada instansi masing-masing)

48 Tanggapan

  1. mas mo tanya kalo dlm pemberkasan, misalkan KTP kita dari Kabupaten, boleh gak formasinya ada di Kota lain ?

  2. bisa…yang penting dah pemberkasan ya

  3. terima kasih banyak atas info2nya mas.

    saya kemarin beru saja pemberkasan untuk CPNSD DKI Jakarta, apa itu sudah berarti saya sudah pasti diterima? atau masih ada tahap seleksi selanjutnya?

    terima kasih banyak mas.

  4. 1.Pak dizzman sy mau tanya prospek pns di esdm sebagai inspektur tambang, gmna tunjangan, dll apakah menjanjikan?
    2. Biasanya berapa lama waktu tunggu setelah pemberkasan untuk masuk kerja?
    3. Berapa lama kalo di esdm untk di angkat jd pns?

    Thanks sebelumnya..

    • 1. sabar aja mas, ntar juga ketemu rezekinya. memang kalau utk awal2 termasuk kecil, apalagi bagi orang tambang, kisaran 2-4jt an per bulan, tapi lama2 juga naik koq
      2. setelah SK keluar, paling cepat 2-3 bulan lagi ya
      3. maksimal pengangkatan 2 tahun, lewat dari itu dianggap gugur. syaratnya dah ikut prajabatan, baru bisa jadi PNS, makin cepat prajab makin cepat jadi PNS

  5. ass..pak dizzman,mo nanya nih..
    hr ni kan saya lulus BPS(makasih bgt dulu pas sebelum wwncara,baca2 tips di blog ini)..jabatan jd KSK di daerah yg jauuhh sekali dr kota…wkt wwncara,udah tanda tangan pernyataan ganti rugi 25 jt…misal saya tdk ngumpulin berkas apa saya didenda???bingung nih mau diambil/tdk….krn msh nunggu ridho suami (suami PNS di Depkeu)
    thanks b4..

    • coba aja lobi kepegawaian. kalo gak bisa sekarang, nanti setelah SK PNS keluar, bisa koq pindah ikut suami, apalagi PNS, relatif lebih mudah. kalau gak mau ambil ya abaikan saja, tunggu ditelpon kalo suruh bayar denda, kalo gak ada telpon diemin aja…

  6. Ass. Mas tumben responnya telat? gk lg sakit kan? Klo lg skt moga cpt sembuh…….kalo ada bagi berkas soal ujian CPNS dunk…mksh.

    • kebetulan lagi kena musibah, laptop dan modem digondol maling, jadi terpaksa off dulu kalo di rumah. kalo soal CPNS gak jauh beda sama SNMPTN atau soal2 yg dijual koq, sering2 latihan aja

  7. mas dizzman mo tanya, aq kemarin ikut CPNS di P.T. dan dinyatakan diterima, tetapi didalam surat pernyataan diterima tidak ada test lanjutan alias di tulis terakhir, yg saya tanyakan apa saya otomatis di terima apa kira-2 masih ada test lagi (wawancara ato yg lain) ….thx ya mas

  8. aslamu’alaikum…
    mas dizzman, saya mw tanya ja? Kalo uda lu2s tes tulis tuch apa pzti uda dtrma, pemberkasan tu ngpaen aja? Apa cma menyerahkn dkumen2 prlgkapan ja?, stelah pmberkasan apa lgsg kerja.
    Thanx jwbnx, maf bnyak bgt tanyax?

  9. mas dizzman saya mau tanya nih… pertanyaanya sudah terkirim ke email mas dizmaan

  10. Mas dizz, mau tanya nih. Berkas yg dikirim ke BKN itu nantinya kira² yang asli saja ato sama yang rangkap copiannya mas (kmrn buat rangkap 3, yg 1 asli yg 2 copian). Soalnya kmrn yg copian legalisirnya scannan mas. Terima Kasih.

  11. mas.mau tanya klo pemberkasan menggunakan surat kenal lahir bukan akte kelahiran bisa tidak?

  12. mas dizzman, saya mw tanya? kalo sudah lulus tes tulis di kemenkes,apa sudah pasti dtrima, pemberkasan itu ngapain aja? Apa cma menyerahkn dkumen2 prlgkapan saja?ada wawancara nya atau gag?.
    Terima kasih sebelumnya, maaf banyak tanya🙂

  13. Siang pk dizzman,sya mw tanya,apa kita perlu ngurus surat keterangan sehat rohani dalam proses pemberkasan?karena di sebutkan d persaratan da kterangan,surat keterangan sehat jasmani dan rohani dr dokter pemerintah,p sudah cukup “surat keterangan sehat” ja?
    karena pertmbangan biaya jga,lmayan mahal,eman kalo trnyata gk perlu,hehe…
    dulu pada saat proses rektrutmen jg sudah da tes kesehatan fisik,da psykotes n wawancra jga..
    terima kash banyak pak
    *saya sudah cba tanya teman2 jga pada bngung,da yg blang pakai ada yg gk

    • Kl memang disyaratkan oleh instansinya ya penuhi saja, krn yg ini utk kepentingan bkn, kl tes yg dulu utk kepentingan instansi. Mahal dikit gpp lah yg penting kan dah tinggal pemberkasan

  14. Mas dizzman, saya mau tanya kalo misalkan pemberkasan itu khan ada ijazah dan transkrip nilai dari SD sampai PTN. Nah, saya khan tinggal legalisir transkrip nilai SD yang belum. Kebetulan saat ini SD sedang libur jadi tidak bisa untuk dapat legalisir transkrip nilai SD. Apakah boleh foto copy transkrip nilai SD tanpa legalisisr diserahkan dulu? lalu nyusul ngasih yang legalisir,. Makasih banyak mas…

    • Boleh aja gpp, kl ditanya bilang aja nyusul, biasanya sih ga ditanya

      • Kalo kurang dokumen kayak gitu mas apakah bisa sampe pembatalan untuk diterima cpns? Makasih banyak mas…

      • Ga lah, paling suruh melengkapi aja

      • Alhamdulillah, sedikit jadi lebih tenang dikit mas. O iya mas, saya kemarin khan milihnya untuk penempatan Semarang waktu daftar, nah sewaktu saya dihubungi saya tanya sama pihak instansinya, saya ditempatkan di wilayah mana. Beliau menjawab datang saja, kemarin milih wilayah mana?. Nah, apakah saya akan ditempatkan di semarang atau beda wilayah mas ya?

      • Selama ga penuh kemungkinan besar iya, tp bs saja berubah

  15. Malam mas Dizzman, saya kan udah lulus cpns di Kejaksaan kemarin dan sudah pemberkasan pada tgl 30-31 Des 2013.. Yg mau saya tanyakan apa saat pemberkasan ada kemungkinan tidak lulus ? dengan catatan tes narkoba negatif. Dan apakah yg tidak lulus saat pemberkasan nanti bakal diumumkan ?

    Maaf sebelumnya klo pertanyaan saya sudah pernah dijawab.. Thanks…

  16. Mas dizzman mao nanyaa, qu lulus cpnsd pemprov jatim taon ini, untuk pemberkasan tgl 6 besok,
    Kalo mau request penempatan bs ngga sii, soalnya qu ada anak 2 masii batita smuwa, dan qu hrs req kemana, apa saat pemberkasan??
    Makaciiiii

    • Coba aja saat pemberkasan tanya kira2 penempatan dmn? Tp kl provinsi sih biasanya di surabaya kecuali upt atau dipenda bs di daerah

  17. sudah coba beberapa kali pemberkasan online kemenkeu, kenapa tidak bisa cetak tanda bukti pemberkasannya ya? mohon bantuannya

  18. Mas dizzman mau nanya, untuk prospek di ditjen bea dan cukai gmna ya? And klo pas pemberkasan ada berkas yg kurang bs nyusul ga? Misal kyk fotokopi surat NAPZA yg dilegalisir.. Trimss

  19. Mas kemaren saya pemberkasan, 2 rangkap asli dan copy kecuali ijazah legalisir. saat itu kampus lagi libur tapi saya masih punya 1 rangkap ijazah s1 dan transkrip yang sudah dileges, jadi kurang satu, maka saya scan untuk berkas yang rangkap kopianya. kalo berkas asli ijazahnya legesanya asli, bermasalah apa nggak ya mass…

  20. sore pak dizzman, kemaren sy sdh pemberkasan di kirim lewat pos..sy cek d website pos nya juga sdh terkirim,,tp msh blm yakin berkas tsb sdh diterima atau belum tau ada yg salah,,apakah tdk apa2 melakukan cek dgn menelpon bgian kepegawaian pd instansi tsb,,apakah pernah ada cpns yg digugurkan karena dokumen pemberkasannya tdk terkirim?terimakasih

    • Memang bagusnya dipastikan sih takutnya ga nyampe, jd gagal krn ga ada berkas terkirim. Kl cuma tdk lengkap bs disusul, tp kl tdk terkirim ya apa yg mau diproses? Hehehe

  21. Mas dizzman, Alhamdulillah saya lulus cpns daerah. Mau nanya, salah satu syaratnya kan asli 2 (dua) rangkap Daftar Riwayat Hidup yang ditulis dengan tangan sendiri memakai huruf kapita sesuai dengan Keputusan Kepala BKN Nomor 11 Tahun 2002.

    Yang membuat saya ragu, tulis tangan disini apakah secara keseluruhan termasuk tabel sendiri.? Atau hasil ketik & print, kemudian diisi dengan tulis tangan.?

    Terima kasih mas.🙂

  22. Alhamdulillah saya menemukan blog mas dizzman yg sangat bermanfaat ini.
    Mas, saya baru saja pemberkasan. Pihak BKD sudah menerima berkas saya tetapi saya tidak menerima tanda bukti bahwa saya sudah melengkapi berkas. Apakah itu tidak apa2 mas? Mereka blg kalo ada yg kurang akan dihubungi kembali. Setelah saya kembali ke tempat asal saya, ternyata di form DRH, ada yang belum terisi yakni kolom pendidikan tentang tempat pendidikan dan tahun ijazah. saya sudah menelepon pihak bkd, mereka bilang nanti dihubungi kembali. Apakah kekurangan itu jadi masalah mas untuk keluarnya SK? soalnya kalau saya kembali lg ke bkd, butuh waktu dan biaya yg tak sedikit. Maklum saya pelamar CPNS luar kota.
    Terima kasih mas🙂

  23. mas, mau nanya tentang ijazah, klo ijazah dri sd sampe sma-nya sama trus ijazah perguruan tingginya beda. Itu bisa ditolak gak pemberkasannya. Tpi yg beda cuma, klo yg di sma nama saya pakek muhammad. klo yg perguruan tinggi pakek m. Itu boleh atau nggak ya mas? mohon bantuannya.

  24. Aslmkm, mas di syrat pemberkasan kan ada syarat surat pengalaman kerja bagi yg sudah bkerja. Kbtulan pas resign saya ga di kasih surat itu slnya sya resign kurang dr wkt yg di ttpkan unk dpt surat tsb. Apakah dlm cv sya blh mncantumkan pglmn krjab tsb tp minus surat prngalaman krja. Atau sbaiknya tidak ush d cantumkan untk mnghindari mslh di kmudian hari dgn konsekuensi pglmn krja saya jd nol. Trm kasih

  25. Salam kenal mas, mau nanya saya sdh melengkapi pemberkasan utk kelulusan cpns dikota saya, yg ingin saya tanyakan.ada perbedaan nama antara ktp dan ijazah saya (di ktp tertera :waty tetapi di ijazah ;wati),apakah akan ada masalah nantinya,kira2 solusinya apa ya mas utk masalah ini, terimakasih sebelumnya atas responnya

  26. Aslm mas dizzman, mw tanya donk, wkt bikin skck sm kartu kuning kan alamat nya wajib mnrt ktp,, tp wkt bikin surat lamarn sm DRH aq bikin alamt asli yg beda sm ktp,,bermasalah g itu mas? Tmn2 ada yg tw g?

  27. Assalamualaykum, mau bertanya bagaimana jika ijazah SD-SMK tidak lengkap?? terimah kasih

  28. It’s all right.

Tinggalkan Balasan

