Gaji Naek Lagi euy

Alhamdulillah, sesuai dengan janji pemerintah akan menaikkan gaji PNS tahun 2008 ini, kemarin aku ngambil rapelan kenaikan gaji selama 3 bulan pertama tahun ini, walaupun tingkat kenaikannya (15%) masih belum bisa mengejar kenaikan harga kebutuhan pokok yang mencapai lebih dari 100% (up to).

Memang sebuah dilema bagi pemerintah untuk menaikkan gaji, apalagi menyetarakan dengan rate internasional, rasanya koq sulit sekali ya. Tetapi kalau tidak naik, daya beli semakin menurun, dan efeknya, apalagi kalau bukan korupsi semakin merajalela. Yang gajinya besar aja masih korupsi, apalagi yang gajinya pas-pasan.

Memang aneh negeri ini, harga barang dipaksakan sesuai dengan standar internasional, tapi gaji koq tidak dipaksakan ya. Alangkah tidak fair bila harga barang saja yang disesuaikan, tanpa adanya penyesuaian dari sisi pendapatan, paling tidak setara atau kurang sedikit dari standar internasional.

Tetapi bila dilihat dari kinerja, memang menurut saya, terlalu banyak jumlah PNS dan jenis pekerjaannya pun terkadang tidak efektif. Misalnya satu pekerjaan yang bisa ditangani satu PNS, dikerjakan dua atau lebih PNS. Bahkan ada beberapa pekerjaan tertentu yang diserahkan ke pihak ketiga, padahal sumberdaya yang ada sebenarnya masih cukup memadai. Alasan klasiknya sih, biar yang di swasta juga dapet gawean, tidak hanya mengandalkan order dari pihak lain yang semakin susah di kala krisis seperti ini.

Yah, mungkin memang harus dinikmati hidup jadi PNS, walaupun pas-pasan, tetapi tetap happy dan bisa menentukan sendiri penghasilannya.

16 Tanggapan

  1. Emang sih, seneng dan bersyukur pas dapet rapelan. Tapi tetap aja ada rasa hampa di sana.

  2. ha5x…. nikmati aja kehampaan itu, siapa tau ada rezeki lewat….

  3. he heee rapelan terus yg dipikir?
    kinerja dunk diperbaiki,

    ada loh
    masa masuk kerja jam 8.30, trus baca koran ampe jam 9, trus ke kantin bentar…trus ngerokok…
    wah kapan kerjanya?

  4. kalau gaji PNS merasa kecil siapa suruh masuk kesono,berarti lu tidak punya rencana

  5. Enak lho jadi PNS… saya kerja di swasta masuk jam 7.30 pulang jam 17.30. Mau keluar 1 jam aza ijinnya sulit… Dua minggu sekali tugas keluar kota ngga ketemu keluarga 10 hari. kalo penghasilan sebulan emang setara gaji 3b setahun. Dan levelku bukan manager lho tapi bawahan paling bawah lho…halal. Sekedar ngasih gambaran kalo gaji PNS jauh dari standar hidup layak…Ada yang mau?

    • EMANG GAJI pns ITU JAUH LEBIH KECIL DI BANDING DENGAN BUMN ATAU SWASTA, KENAPA KOK PEMERINTAH NAIKINNYA SANGAT SEDIKIT SEKALI PROSENTASINYA, PADAHAL KERJA PNS JUGA SANGAT BERAT TANGGUNGJAWABNYA OKE BETUL GAK ?

  6. ya… sesuailah gaji dengan profesionalisme. makin tinggi gaji, ya makin dituntut hasil kinerja kitalah. Di Depkeu juga demikian, begitu THPnya tinggi, absen juga semakin ketat. bolos dikit langsung potong tunjangan.

  7. gaji naik… semoga kinerjanya juga naik.

  8. melihat remunerasi di PNS DEPKEU gue rasa yg paling teriak adalah Pegawai BUMN. perbedaan gaji total yg didapat sungguh membuat miris.

  9. (Yah, mungkin memang harus dinikmati hidup jadi PNS, walaupun pas-pasan, tetapi tetap happy dan bisa menentukan sendiri penghasilannya._)

    tlg dijelasin maksud dr (bisa menentukan sendiri penghasilannya._)

    • artinya, bisa ikut tim-tim kecil dalam kegiatan kantor dan berhonor resmi. atau bisa nyambi di luar jam kerja seperti ngajar, nulis, dsb,…

  10. kayaknya bnyk yg lebai deh bilang gaji PNS itu tidak layak..
    gaji PNS emang kecil..tp itukan gaji pokok, blum ditambah tunjangan makan, tunjangan jabatan, tunjangan hari raya, tunjagan yang lain,,jadi ya gede juga tar..yg pasti cukuplah untuk hidup layak (ga ampe ngemis2 di jalan)…
    dan yg pasti bila jadi PNS, anda mengabdi pada negara dan kedepan anda yg jadi pemimpin2 puncak negara ini, kalau di swasta ya gitu2 aja,,

  11. Adalagi enaknya jd pns itu bisa gadaikan sk di bank… Santai..dan bisa melanjutkan sekolah setinggi2nya…jng minder pns biar gj kecil tp ilmu semakin bertambah khususnya rekan guru.

  12. saya kerja di swasta gajinya lumayan lah… tapi saya bakal pilih jadi PNS walaupun gaji saya lebih kecil…

  13. Awalnya cuman iseng diajak temen ikut test CPNS pemkot di kampung halaman, kebetulan testnya hari sabtu dan persyaratanya ga ribet(g pke skck dn semancamnya, ga ada pinalty) dan waktu itu gw lg bete-betenya dikantor, jd itung2 pulang kampung refresing…….eh ga taunya keterima……..Jd ragu klo liat standar gaji PNS apalagi pemkot, gaji gw sekarang dah lebih dari 2x lipat gaji PNS. Mohon masukan…..

    • tinggal pilih aja, mau gaji gede denga resiko dipecat tinggi, atau gaji kecil tapi bisa nyari tambahan dengan resiko dipecat kecil…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: