Do and Don’t for (C)PNS

Ada beberapa konvensi tidak tertulis yang berlaku ketika Anda menjadi CPNS maupun PNS, baik yang harus dikerjakan (Do) maupun yang terlarang dikerjakan (Don’t) antara lain:

Do:

  1. Pelajari semua produk hukum dan administrasi terutama yang terkait dengan pekerjaan Anda di instansi Anda, mulai dari Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, Peraturan Menteri, Peraturan Daerah, dan sebagainya. Ini akan menolong Anda bila terjadi sesuatu di kemudian hari.
  2. Jalin silaturahmi dengan sesama PNS, terutama orang-orang yang akan membantu Anda di kemudian hari (bukan cuma atasan lho ya, tapi juga teman, bawahan, dan di sekitar kita). Semakin dikenal kita, semakin mudah urusan yang menyangkut diri kita (kenaikan pangkat, kenaikan gaji, dsb.).
  3.  Pakailah kacamata kuda, sedikit EGP, bila melihat orang lain yang sebenarnya (menurut kita) di bawah kita, tetapi ternyata lebih sukses dari kita.
  4. Ikuti prosedur yang berlaku sesuai dengan peraturan, karena bila terjadi sesuatu ada dasar hukumnya.

Don’t:

  1. Jangan pernah melakukan atau memutuskan sesuatu secara sendiri, tanpa sepengetahuan atasan, karena hanya atasan Anda yang akan melindungi Anda.
  2. Jangan iri dengan sesama PNS, apalagi sampai memfitnah atau menjelek-jelekkan. Orang akan tertantang untuk mencari kelemahan kita.
  3. Jangan melakukan sesuatu yang belum ada aturannya, kecuali memang diizinkan (secara tertulis) oleh atasan.
  4. Jangan (terlihat) terlalu dekat dengan siapapun, apalagi orang yang berpengaruh di lingkungan Anda. Ini akan menjadi bumerang ketika dia sudah tidak lagi berpengaruh di lingkungan. Apalagi kalau ternyata Anda cuma dimanfaatkan untuk kepentingan tertentu.

Demikian kiranya agar diperhatikan dan dilaksanakan.

11 Tanggapan

  1. Assalamu ‘alaikum mas, demi menjalin silaturahmi sesama Blogger marilah kita saling bertukar link, gimana mas?? Salam kenal yah dari Dedhy Kasamuddin 😀

  2. Wa’alaikum salam, salam kenal juga yah, udah ditambahin tuh linknya… salam silaturahmi dari sini…

    • salam kenal pa Dizzman….ana mau tanya biar lolos cpns caranya gimana yah…thank.

      • bisa dibaca di tips2 yang ada disini koq (lihat tag disitu, silakan di link di blog Anda). tapi semua itu kan pada akhirnya Tuhan yang menentukan. kalo memang tidak lulus, berarti Tuhan telah menyelamatkan Anda dari kesulitan yang bakal dihadapi ketika jadi PNS nanti.

      • KISAH SUKSES SAYA DARI HONORER JADI PNS (100% NYATA)

        Berkat bantuan Bpk AIDU TAUHID.SE.SMi. Beliau selaku kepala Direktur Pengadaan dan Kepangkatan) Di BKN PUSAT Jakarta..
        No hp beliau 0822-9229-9544.,
        Alhamdilillah saya sekarang sudah di ankat jadi PNS.

        Bagi TEMAN TEMAN tolong jangan sampai anda tergiur menghubungi di nomor hp yang lain selain no hp bpk aidu tauhid yang saya lampir’kan di atas atau postingan saya (WASPADA PENIPUAN)

        KISAH CERITA SAYA JADI PNS Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2015 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di SMA Negeri 4 Madiun , Sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asa soal’nya banyak MODUS PENIPUAN yang posting nama dan nomor tlp penjabat BKN di media tapi alhamdulillah ada teman facebook saya atas nama SALMA YENTI dan LISTINA YUNEVA memposting no telf Bpk AIDU TAUHID.SE.SMi. selaku kepala Direktur Pengadaan dan Kepangkatan) Di BKN PUSAT Jakarta.. sebagai Kepala deputi bidang mutasi kepegawaian yang di kenalnya di BKN jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih kepada beliau yang sudah mau membantu saya untuk mengabdi pada negara, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa,
        Hubungi Bpk AIDU TAUHID.SE.SMi. (Direktur Pengadaan dan Kepangkatan) Di BKN PUSAT Jakarta..
        No telf beliau yang selalu aktif 0822-9229-9544
        Siapa tau beliau masih bisa membantu anda.. Tq

  3. klo sekarang pns lulusan si gaj berapa

  4. Aduh… Kalau PNS Kejaksaan pindah ke Kopertis, bagaimana ya?

  5. INI KISAH SAYA (100% NYATA) : Nama saya Salma Yenti dan 4 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku Semakin Termotivasi dan Akhirnya Berhasil itu semua Berkat Bpk AIDU TAUHID.MM.(Direktur Pengadaan dan Kepangkatan) BKN PUSAT Jakarta..Saya awalnya tidak percaya,tapi setelah saya coba menhubungi Bpk Bpk AIDU TAUHID.MM. dengan No.tlp: 082292299544.. akhirnya saya bisa lulus CPNS 2015. Berjubelnya peserta tes sempat membuat hati saya ciut ketika itu.

    Alhamdulillah berkat Bpk Bpk AIDU TAUHID.MM. yang banyak membantu saya, saya sekarang lulus CPNS dan SK saya akhirnya bisa keluar,itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk Bpk AIDU TAUHID.MM. no HP Beliau: 082292299544 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi PNS.

    Saya berharap untuk ke depannya semakin banyak lagi yang bisa lulus dengan bantuan Bpk Bpk AIDU TAUHID.MM. . Selama kita masih berusaha maka di situ pasti ada jalan.,wassalam

    • makasih mba atas info nya. berkat info dari mba list skrng saya jadi PNS. sekali lagi makasih banyak yaa mba dan buat dari kepala BKN Pusat Bpk AIDU TAUHID. terima kasih banyak tas bantuannya…

    • ITU KAN LU LU JUGA YANG POSTING DAN KOMEN, Y KAN NGENTODDD

  6. YANG NGIRIM NAMANYA LISTINA, PAS MOSTING NAMANYA JADI SALMA, KETARA BGT KALO MAU NIPU NGENTODDDD, KALO MAU NIPU YG BERKELAS DIKIT LAH.
    NGENTOTTT

Tinggalkan komentar