Bacalah Dulu Sebelum Bertanya

Kepada teman-teman semua, mengingat semakin banyaknya pertanyaan di masing-masing artikel, dan sebagian besar hampir sama jenis pertanyaannya, dimohon sebelum bertanya, baca dulu baik-baik pertanyaan dan komentar atau jawaban yang ada di kolom komentar sebelumnya. Silakan bertanya kalau memang tidak ada yang bertanya sebelumnya. Tetapi bila sudah pernah ditanyakan sebelumnya, kemungkinan saya hanya jawab seperlunya atau tidak dijawab sama sekali, mengingat waktu saya juga semakin terbatas untuk membaca satu persatu pertanyaan tersebut.

Contoh pertanyaan yang hampir sama (FAQ):

1. kapan SK CPNS saya keluar? pertanyaan ini sering berulang, walaupun sudah dijelaskan dalam thread tersendiri. Dan berulangnya pertanyaan ini diulangi lebih karena sudah tidak sabar lagi untuk menerima SK CPNS. Padahal perlu dipahami bahwa yang diproses di BKN setiap tahunnya rata-rata 100.000 s.d. 350.000 orang, apalagi dengan adanya kebijakan pengurangan tenaga honorer, tentunya lebih banyak lagi SK yang diproses. Untuk itu diperlukan waktu minimal 2-3 bulan paling cepat dari pemberkasan, SK CPNS bisa keluar, kemungkinan bahkan bisa lebih lama, 8-9 bulan. Tetapi jangan khawatir, selama tidak ada kejadian luar biasa atau perubahan kebijakan secara mendadak, SK pasti keluar koq.

2. Berapa THP CPNS? ini juga sering berulang dengan berbagai model kalimat yang intinya sama. Pada prinsipnya, gaji pokok sama untuk seluruh PNS di seluruh Indonesia, dan ditetapkan oleh Peraturan Pemerintah (PP), disertai dengan tunjangan istri dan anak (bila sudah ada). Kemudian ada tunjangan struktural bagi yang sudah menjabat struktural (eselon IV ke atas, kalau staf belum), atau jabatan fungsional sesuai fungsinya (guru, dokter, peneliti). Besarannya bervariasi, ditetapkan dengan PP dan Keputusan Menteri.

Lalu sekarang ada lagi yang namanya remunerasi atau semacam tunjangan kinerja, besarannya juga bervariasi tergantung pada produktivitas kerja, mulai dari kehadiran kantor hingga produk yang dihasilkan. Tapi untuk yang satu ini belum semua instansi menerapkannya, karena tergantung kepada kondisi keuangan negara, baru beberapa instansi tertentu saja yang sudah menerapkan hal tersebut.

Kemudian ada honor-honor lain resmi, yang bersifat temporer (tergantung kegiatan dan tergantung kebijakan instansi) dan bisa berubah-ubah sewaktu-waktu. Misalnya perjalanan dinas, honor tim teknis kegiatan, honor panitia seminar, honor upah pungut, dan sebagainya.

Lalu berapa THP total yang bakal diterima? yang pasti gaji pokok kalau gol 3a sekitar 1,7 jt-an, dikurang 20% jadi 1,4 jt-an, plus honor2 dan tunjangan lain (tanpa remunerasi) diperkirakan berkisar antara 2,5 – 4 jt an per bulan, bisa lebih, jarang sekali kurang. Bila remunerasi diterapkan, batas maksimal bisa naik hingga 5-7 jt an per bulan, tergantung kinerja Anda di kantor, semakin tinggi kinerja, semakin tinggi remunerasi yang bisa diperoleh.

36 Tanggapan

  1. ane numpang nyimak aja gan kalo kpepet br nimbrung deh… :thumbup::thumbup::thumbup:

    • iya nih, biar gak menuh2in dan mengulangi jawaban lagi. nanyanya biar lebih spesifik lagi dan gak ditulis di sini, misal bagaimana prosedur sekolah lagi.

  2. iy, sering liat jawaban2 mas dizzman,,hehe..rata2 yang nanya berulang2..kshian khna mas dizzman,,jwb terus..tp tetp aj djawab..salut bwt mas dizzman..^_^

  3. Mas Dizzman emang TOP dah…🙂

  4. @song dan @yudi: trims supportnya he3x… semoga bisa cerita yang lain lagi disini…

  5. Apalagi kalo banyak job atau orderan, trus diimbangi sama kinerja yang tambah tinggi lagi, makin tambah banyak aja deh tuh sabetannya! Ya gak Ndan?

  6. mas dizz, numpang tanya nih..
    saya kan cpns baru dikota cilegon.. kebetulan ingin melanjutkan studi selanjutnya ke jenjang pasca sarjana.
    Yang saya mau tanyakan apakah cpns harus mengurus ijin belajar ke bkd setempat.? apakah saat prajabatan saya bisa menggunakan ijazah pasca sarjana tersebut untuk pemberkasan selanjutnya? terima kasih..

    • kalau mau sekolah lagi, sabar ya, nunggu jadi PNS dulu, gak lama koq, setelah prajab dan keluar SK PNS, silakan teruskan lagi, trus urus izin belajar ke BKD melalui unit kerja Anda alias harus ada persetujuan pimpinan di unit kerja sebelum ke BKD.
      selama tidak ada izin belajar atau tugas belajar, sulit rasanya digunakan ijazah anda utk penyesuaian, silakan konsultasikan saja ke BKD setempat.

  7. Mantap mas Dizzman utk penjelasannya yang jelas dan lugas.. sangat2 membantu…🙂

  8. Mas Dizz,
    mo tanya nih..Kalo cuti bersalin bagi PNS kan dapat jatah 3 (tiga) bulan. Bagaimana kalo anaknya kembar 2? Kan masih 2 anak sesuai aturan pemerintah, apa dapat jatah cuti 6 (enam) bulan langsung?
    Trimakasih…

    • enak aja… ya tetep aja tiga bulan, yang diitung kan masa hamilnya, bukan jumlahnya, mau keluar 3 atau 4 itu urusan lain (spt gak dapat tunjangan utk anak ke 3 dan 4)

  9. berarti kalo pns cuma bisa punya anak 2 yah??????

    • sy anak keenam tuh dr bapak sy yg PNS, he5. Gaji kecil tdk mengurungkan niat utk punya anak banyak spertinya ;p

  10. mas Dizzman, di smua instansi apakah dapat tabungan perumahan? trm ksh mas..

  11. yang pasti gaji pokok kalau gol 3a sekitar 1,7 jt-an, dikurang 20% jadi 1,4 jt-an, plus honor2 dan tunjangan lain (tanpa remunerasi) diperkirakan berkisar antara 2,5 – 4 jt an per bulan, bisa lebih, jarang sekali kurang

    maf mas, kalau utk gol 2a(tamatan D3) masih CPNS (80%) brapa minimal yg bsa saya terima mas….

    sbgai tmbahan

    sya di formasi Auditor

    thanks mas…

    • ya gak akan jauh dari angka itu, kecuali kalo di BPK bisa lebih, tapi kalo di Pemda sih ancer2nya segituan lah….

  12. Ass. mas dizz… yg top lah, mo tanya kalo pemeriksaan hasil testing CPNS itu sistem pemeriksaannya bagaimana yah, Misalkan kalo jawaban benar dpt nilai 1, kalo jawaban salah nilainya -1. jadi kalo jumlah soal 100, jwban yg benar 80, Nilai kita tidak 80 tapi 60…. begitu bukan…..??? makasih banyak.

    • tergantung panitia seleksi, tapi rata2 memang menggunakan model penilaian seperti itu, atau seperti SNMPTN, +4 -1… tinggal siapa di belakang panitia seleksinya aja yg menentukan

  13. mau konfirmasi.. dari semua penanya yang sdh jd CPNS, ada gak diantara kalian yg lolos karena sogok, di tunggu kejujurannya

    • ADA ….!!!! sy salah satunya yg LULUS TEST TANPA NYOGOK samasekali, dan sekarang msh cpns di salah satu departemen (kementerian). tapi sy mo ngurus pengunduran diri dari cpns krn banyak hal yg ga sesuai dgn hati sy. makanya sy cari2 situs yg membahas prosedur pengunduran diri cpns,dan ktemu blog ini.

      Sekalian tanya mas dizz…
      kira2 diterima ga kalau pengunduran diri dgn alasan sy di atas?

  14. mau konfirmasi.. dari semua penanya yang sdh jd CPNS, ada gak diantara kalian yg lolos karena sogok, di tunggu kejujurannya….mas dizzman mungkin ngeluarin uang gak pas jadi cpns ?

    • ha5x… cuma 2000 perak, buat ngirim pos kilat khusus jaman dulu, ama ongkos PP bandung-jakarta….

      • sy barusan kirim lamaran 14ribu rupiah, klo jd redenominasi brarti jdnya 14 rupiah, he5

      • ADA ….!!!! sy salah satunya yg LULUS TEST TANPA NYOGOK samasekali, dan sekarang msh cpns di salah satu departemen (kementerian). tapi sy mo ngurus pengunduran diri dari cpns krn banyak hal yg ga sesuai dgn hati sy. makanya sy cari2 situs yg membahas prosedur pengunduran diri cpns,dan ktemu blog ini.

        Sekalian tanya mas dizz…
        kira2 diterima ga kalau pengunduran diri dgn alasan sy di atas? dan kalau bisa tolong diposting contoh surat pengunduran diri cpns…terimakasih

  15. Bingung nih gimana caranya mau nanya, jadi aq lwt ini aj deh.. aq mau tanya nih, td sih udah baca2 tapi rata2 dari pertanyaan yg sama dgku itu jawabannya dikirim ke email.. aq nih mau pindah ikut suami tapi suami aq swasta bkn PNS, kira2 bisa g? soalnya dengar kabar g bisa diurus, kalaupun bisa butuh waktu yg lama dan sejumlah uang… aq juga mau nanya, kalo penyesuaian ijazah dengan kuliah bukan didaerah tempat kita bekerja alias kuliah jarak jauh selain UT apa g bisa disesuaikan, soalnya aq S1 tamat di bengkulu tp aq bekerja di bangka belitung, waktu pemberkasan kmrn masih pake ijazah SMU tahun 2008 kemaren aq baru PNS dengan ijazah SMU.. Trims atas jawabannya, tlg dijawab ke email…

  16. saya mu tanya pak saya cpns udah prajab sudah i th lebih tepatnya tg 1 s.d 21 mei 2009 sampai sekarang kok blm terima sk 100%? padahal teman seleting saya sperti dokter, kpu, depsos semua sudah terima sk 100%.sedangkan km guru kok sampai saat ini blm kenapa pak ,dan kira2 kapan turun sk saya?…trks.

  17. betul ga batas cuti akhir tahun itu di atas tgl 15 udah ga boleh ya???

  18. kenapa di KSB,di atas tanggal 15 desemder 2010 ga bisa ngambil cuti tahunan

  19. kemana saja mas dimas terlihat tidak mengkomentari lagi.
    saya lulus di pemkot bekasi mas, formasi pengendali dampak lingkungan pendidikan s2, saya sudah pemberkasan namun belum dapet sk, gak diinformasikan berapa lama harus menunggu. nah yang saya mau tanyakan, 1. bagaimana iklim pemkot bekasi, mengingat mas dimas ini mantan pns pemkot bekasi
    2. kalau lulusan s2 sesuai dengan formasi, gaji di pemkot berapa ya mas, di blog mas ini adanya tahun 2008, sekarangkan sudah 2010 mas.

    terima kasih

  20. kalau sudah lulus CPNS ada kemungkinan gugur jadi PNS ga gara2 tidak lulus kesehatan? misalnya ada tatto atau buta warna

  21. mas sya mau tnya.. misalkan NIP cpns kita udh keluar terus biasanya berapa lama prosesny dr udh slesainy NIP sampai SK CPNS keluar. trim’s..

  22. Selamat sore … saya baru mendapat kabar kalau say lulus tkd untuk.pemprov… kebetulan di jatim … info pemberkasan 6 januari 2014 … yg mau saya tanyakan kira2 dari pemberkasan kemudian saya bisa aktif diklat atau kerja itu jedanya berapa lama… karena kebetulan saya skrg sdang kerja dan jarak dari penyerahan surat berhenti kerja ke berhenti kerjanya harus 1 bulan … kl kurang dr itu saya tdk dpt surat ket kerja … mohon informasinya … terima kasih

    • Msh lama, bisa 2-3 bulan kemudian sk baru keluar, cuma memang tergantung kebijakan instansi ya apakah sudah wajib masuk sambil tunggu sk atau nunggu sk dl baru masuk, coba tanya panitianya aja. Kl saya dl nunggu sk keluar sih

  23. Mas dizzman, saya cpns yg maret nanti 1th yg artinya kemungkinan akan diangkat pns. Sudah prajab mei lalu dan sudah keluar nip. Permasalahannya ada miskom dengan bagian kepegawaian yg menolak surat sakit sehingga sy tercatat alpa. Apakah itu akan mempengaruhi pengangkatan saya? Apakah cpna yg sudah mendapat nip dan prajab bs mengundurkan diri dan apakah ada denda sesuai peraturan negara? Apabila bisa, sebaiknya kapan mundur sebelum atau sesudah diangkat? Terima kasih.

  24. Mas Dizzmann, numpang nanya bole kah?
    jadi begini saudara saya PNS pusat, karena 1-2 hal masalah keluarga yang dia alami, dia jadi sedikit depresi dan akhirnya akumulasi absen dia selama setahun mencapai 90 hari, akhirnya dia diberhentikan oleh instansinya, dan dia mengajukan banding ke BAPEK, yang saya pertanyakan, apakah ada peluang untuk saudara saya ini diterima bandingnya di BAPEK dan mendapatkan keringanan hukuman?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: