Tips Wawancara (2): Etika saat wawancara

Wawancara adalah penilaian yang paling subyektif dan sulit ditebak lulus tidaknya. Seringkali kita yakin lulus, ternyata tidak lulus. Banyak faktor yang memengaruhi lulus tidaknya kita dari sebuah wawancara. Salah satunya adalah etika atau sopan santun pada saat wawancara berlangsung. Kita sering lupa bahwa kepintaran tidaklah cukup untuk menjadi PNS yang baik, tetapi juga memerlukan integritas moral dan etika yang tercermin saat wawancara berlangsung. Berikut ini beberapa tips saat mengikuti ujian wawancara:

1. Berpakaian dan Penampilan Rapih

kesan pertama sangat menentukan pada saat wawancara akan berlangsung. Begitu Anda masuk ke ruangan pewawancara, yang pertama terlihat adalah cara berpakaian dan penampilan Anda. Memang tidak ada aturan baku baik cara berpakaian maupun berpenampilan, akan tetapi ada baiknya pada saat wawancara berlangsung, gunakan pakaian rapih, kemeja berkerah dan lengan panjang/pendek, celana katun warna gelap, serta memakai wewangian yang tidak menyengat, dan bersepatu dan kaos kaki hitam/warna gelap. Jangan lupa rapikan rambut agar terlihat sesuai dengan tubuh Anda.

2. Bersikap sopan dan ramah

Melihat kondisi anak muda sekarang, saya cukup sedih melihat sopan santun dan rasa hormat yang mulai luntur. Oleh karena itu jangan kaget kalo Anda merasa pintar, tapi tidak lulus seleksi wawancara. Bisa jadi karena sikap Anda yang kurang sopan atau tidak bersikap ramah terhadap si pewawancara.

Saat pertama masuk ke ruangan, sapalah pewawancara dan dahulukan berjabat tangan. Kemudian jawablah setiap pertanyaan dengan sopan dan ramah, serta gunakan bahasa Indonesia baku. Hindari debat kusir atau ucapan yang dapat membuat pewawancara tersinggung apabila terjadi perbedaan pendapat dengan pewawancara, lebih baik gunakanlah kalimat “….., itu menurut yang saya ketahui/pahami/kenali. Mohon maaf, mungkin saya salah atau belum mengetahui yang sebenarnya.” Merendahkan diri sedikit, tetapi meninggikan mutu. Sering-seringlah menggunakan kalimat ‘mohon maaf’ apabila ada sesuatu yang belum jelas atau ditengarai dapat menimbulkan perdebatan.

3. Perhatikan mood pewawancara

Pewawancara juga manusia, artinya bisa senang dan juga bisa marah. Oleh karena itu sebelum melangkah lebih jauh, perhatikan dulu mood pewawancara. Kalau sedang dalam keadaan senang, bolehlah kita selingi jawaban kita dengan sedikit bercanda, atau bertanya balik. Sebaliknya kalau lagi bad mood, sebaiknya jawab seperlunya dan hindari bertanya balik.

4. Cara Menjawab Pertanyaan

Jawablah pertanyaan dengan sederhana, singkat, padat, dan jelas, serta menjurus atau fokus kepada jawaban pertanyaan. Tidak perlu bercerita panjang lebar dan menjadi tidak jelas alurnya, sehingga membuat pewawancara menjadi bosan dan tidak tertarik untuk mendengarkan. Berilah penjelasan seperlunya, dengan tetap memperhatikan sopan santun dan tata bahasa yang baku. Hindari penggunaan bahasa prokem atau bahasa gaul sehari-hari, walaupun mungkin pewawancara mencoba memancing Anda dengan bahasa2 tersebut.

5. Datang tampak muka, pulang tampak punggung

berilah salam ketika datang, begitu pula ketika selesai wawancara. Sekali lagi, bersikaplah santun ketika hendak memulai dan mengakhiri wawancara. Jangan bersikap semaunya sendiri, kecuali kalau memang Anda tidak ingin lulus wawancara.

Tips di atas hanyalah sebagai panduan saja, tidak menjamin kelulusan tes wawancara, namun paling tidak dapat membantu menambah nilai yang dapat memuluskan jalan Anda menjadi CPNS. Semoga bermanfaat.

About these ads

42 Tanggapan

  1. terima kasih ya pak, tipsnya.
    Kmrn saya baru saja gagal dalam seleksi cpns salah satu departemen. Saya gagal di tahap akhir (psikotest dan wawancara). Saya sangat kecewa.
    Smoga saja di tes-tes selanjutnya saya dapat m’perbaikinya. Doakan saya ya pak agar dapat menjadi PNS. Amin.

  2. sama2. gak perlu kecewa koq, karena yang DiAtas sudah menentukan jalannya. gak perlu berburuk sangka (KKN dsb.) mungkin Tuhan tahu Anda ga akan kuat menghadapi dunia kerja di pemerintahan yang penuh KKN. mungkin kalo sudah kuat, didoakan tahun depan diterima. Amin
    Mudah2an tips2 yang ada disini bisa membantu utk tes2 berikutnya.

  3. Thanks ya pa sudah didoakan :)
    Smoga Alloh mengabulkannya. Amiiiin…

  4. Assalam..
    terima kasih ya untuk info/tipsnya..
    mudah2an bermanfaat..saya jg pernah gagal di tahapan wawancara.
    jadi saat ini sedang mencari2 tips untuk melalui tahapan tersebut..
    saya berharap,mdh2an untuk selanjutnya bisa lulus tes dan dapat memperoleh pekerjaan yang layak..
    terima kasih.

  5. amin, didoakan selalu semoga cepat lulus. yang penting: jadilah diri Anda sendiri

  6. aslmualaikum/….saya CNS Kab>Natuna sangat berkesan melalau LPj saya di lingkungan Kab.Natuna karena dengan LPJ ini saya baru mengerti akan etika seorang Pelayan Masyarakat yang baik pada kesempatan ini saya mengucapakan terima kasih kpd Yth. ibuk Pur dan ibuk Tini yang menyempatkan diri untuk membagi wawasan untuk kami LPJ gelombang ke2 di Lingkungan Pem,erintah Kab.Natuna …meskipun sebentar waktu yang diberikan kpd kami semua tapi kami sanga…sanghat meresapi ilmu yang diberikan beliau….

  7. Ass. Dalm wawancara apakah mungkin menggunakan bhs inggris?. Sy balon cpns depkeu yg akan tes tgl 30 juli nanti. Sempt ada yg bilang tes bhs inggris tidak ada jadinya diganti wawancara dg bhs inggris benar gak ya? Aku jd agak takut jg krn jarang praktekin bhs inggris ;-(

  8. Wass. sebaiknya sih siap2 aja mbak, karena segala sesuatu bisa terjadi. yang penting, materi terkait dengan wawancara sudah kita kuasai, kalo memang agak sulit menjawab dlm bhs Inggris, sampaikan saja terus terang bahwa bahasa Inggris Anda masih terbatas. mereka juga memahami koq.

  9. Maaf,pak.mau tanya ni.utk tes substantif cpns dosen,materinya apa ya?katanya sesuai bidang keilmuan.apa itu berarti seperti ujian perkuliahan?

    Utk cpns dosen,tes wawancara pake bhs inggris..

  10. betul sekali, sesuai dengan bidang ilmu yang akan diajarkan. tapi tetap ada juga tes yang bersifat umum.

  11. Halo Mas dizzman. Alhamdulillah saya sudah lolos tes tertulis Departemen ESDM. Selanjutnya tinggal tes wawancara dan bila lolos langsung diangkat bulan desember ini. Mau tanya aja apakah pd saat wawancara nanti ditanyakan tentang bidang kerja yang kita lamar nanti. Soalnya aku kan backgroundnya dari komputer(S1 Teknik Informatika) tetapi melamar sebagai Analis kepegawaian. Kira2 mas ada kisi2nya gak nie. He3x… Salam Kenal…

    Br,
    Rizal

  12. salam kenal juga.
    ya iyalah, pasti ditanya tentang bidang kerja. kalau analis kepegawaian bidang tugasnya menganalisis DUK (daftar urut kepangkatan) ditinjau dari pangkat, golongan, jabatan, pendidikan, usia, masa kerja, dsb. DUK tersebut dipakai sbg dasar utk mempromosikan atau memutasikan seseorang utk menduduki jabatan tertentu. utk menganalisis digunakan DSS Simpeg, sbg bahan pengambilan keputusan bos2. kalo yg laen2 sih pertanyaannya standar koq, kenapa milih jadi PNS (gak di swasta), motivasi jadi PNS, keinginan apa utk memperbaiki kinerja PNS, trus ditanya masalah pribadi, spt asal keluarga, sudah berkeluarga/belum? trus masalah teknis pekerjaan. kemudian juga studi kasus (kadang2), dsb2lah. yg penting jawab dengan yakin tanpa harus berdebat, dan kendalikan emosi

  13. Ass mas dizzman, salam kenal.
    bagamaina jawaban yang tepat untuk pertanyaan diatas,
    “kenapa milih jadi PNS (gak di swasta), motivasi jadi PNS, keinginan apa utk memperbaiki kinerja PNS, trus ditanya masalah pribadi, spt asal keluarga, sudah berkeluarga/belum? trus masalah teknis pekerjaan. kemudian juga studi kasus (kadang2)”
    soalnya saya juga baru pertamakali akan mengikuti interview cpns di sebuah departemen.
    mohon pencerahannya mas dizzman..
    o ya formasinya untuk pranata komputer, kira2 masalah teknisnya yang ditanya apa ya?
    terimakasih…

  14. Etika emang bagian dari kelulusan saat wawancara, tapi kalo penyelenggara cpns daerah da pada gak jujur, alias ini itu. jangan harap bergantung pada etika & sopan santun, melainkan tipis sekali heheheeeeeeeeeeee……

  15. wah..
    berguna juga nih..

    makasih pak informasinya.. :D

  16. sama2, semoga bermanfaat…

  17. Etika memang bagian yang tidak kalah pentingnya untuk kelulusan saat wawancara, tapi apa saja yang biasanya ditanyakan pada saat wawancara berlansung? Harap dijawab dengan jelas&padat and bagaimana formatnya wawncara bahasa inggris?

  18. coba lihat di posting tips wawancara ya, gak jauh dari situ koq pertanyaannya, walaupun kadang2 ada pertanyaan yg nyeleneh dan gak nyambung dgn profesi yg kita lamar…

  19. terima kasiih atas infonya pak, tapi boleh tidak saya minta tips bagaimana caranya meanambah widget atu mempercantik blog dengan wordpress.

    terimakasih sebelumnya :)

    • koq gak nyambung pertanyaannya he3x… coba buka aja rivermaya.wordpress.com disitu banyak tips2 nambah widget… kalo saya sih nyari aplikasi gratisan, dicopy ke text di widgetnya

  20. terima kasih atas infonya, saya fatonah juga calon pelamar yg lulus tes tulis cpns depsos dan besok hari selasa saya akan tes wawancara, doakan saya ya…. terima kasih banyak sebelumnya

  21. Mu nanya,selain yg udh disebutkan diatas (motivasi,dll),apalagi yg biasa ditanyakan pas tes wawancara?

    • rasanya gak jauh dari situ ya, tapi yg dinilai dari wawancara adalah wawasan pengetahuan Anda, kesabaran Anda, ketenangan, konsistensi, dan kemauan kuat… itu saja

  22. salam,

    mohon doa pak, besok saya wawancara di MK.. terimakasih tips nya ya pak..

  23. ass. thanks a lot,menarik sekali tips yg anda berikan pak “dizzman”..
    bentar lagi saya akan wawancara di instansi pemerintah..nerveous jg, karena baru sekali ni..(saat wawancara, sopankah kalo saya bawa saputangan?takut keringetan…trus kira2 brapa lama waktu wawancaranya?1 jam?mohon doanya ya pak..

  24. Terima kash pak tipsna sangat bermanfaat tuh..kmrn sya gagal d tes wawancra sm kesehatan pa, pdahal it tes yg terakhr sy sedh,tp sy tetep semangat..

  25. Trim’s ya bro. tips>cara wawancaranya.. ada nambah juga nih memori gw, mn tau ada sedikit menghilangkan pikiran mentok dikepala.. sukses buat U.. Cau dulu ya..trims.. ass.

  26. thanks infonya…,
    tp pelu banyak baca literatur tentang masuk PNS nie..
    he..he…

  27. Ada yang sudah pernah wawancara untuk depkeu?
    mohon di share yaaaa

  28. Mas sy minta almt email ny kl boleh ingin konsul lgsg… Sy mgg dpn mau tes wawancara di bnn kr2 apa saja yg akan di tanyakan.trms

  29. Mazz mau tanya,, kalo tes substantif mengenai keterampilan teknis di bidang kesehatan (tenaga lab kesehatan) ada tes prakteknya atau cuman tes tulis aja?

    Trus, kalo penguasaan teknologi informasi biasanya sputar apa ya mazz? trus bentuknya gmn?

    Trims…

  30. oya satu lagi mazz berhubung bru prtma kali mau wawancra tes cpns…
    sesuai yg ditanyain sunshine, tgl 29 Nov 2008

    bagamaina jawaban yang tepat untuk pertanyaan

    “kenapa milih jadi PNS (gak di swasta), motivasi jadi PNS, keinginan apa utk memperbaiki kinerja PNS, trus ditanya masalah pribadi, trus masalah teknis pekerjaan. kemudian juga studi kasus (kadang2)”
    baiknya kyk gmn?

  31. makasih banyak atas infonya…
    sy baru maw tes cpns,,, smoga aja saya bisa lulus di BPS,, Amien,,,,,
    mohon doanya,,,,

  32. mksh mas infonya? minggu depan saya tes interview di kehutanan? Doain ya ?? Kiat2nya apa ya?

  33. thanks 4 all

  34. mas berhubung bru prtma kali mau wawancra tes cpns…

    bagamaina jawaban yang tepat untuk pertanyaan

    “kenapa milih jadi PNS (gak di swasta), motivasi jadi PNS, keinginan apa utk memperbaiki kinerja PNS, trus ditanya masalah pribadi, trus masalah teknis pekerjaan. kemudian juga studi kasus (kadang2)”
    baiknya kyk gmn?

    mohon pencerahaannya mas..^^

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 66 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: